Tips Liburan Hemat dan Murah di Bali Dibawah 800 Ribuan

Tips liburan hemat dan murah di bali - Sewa Motor

1 bulan lalu

Bali merupakan destinasi wisata dambaan banyak orang. Jelas saja, pulau yang kerap mendapat julukan Pulau Dewata ini punya keindahan alam dan budaya yang terkenal di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Bahkan, Bali pernah dinobatkan sebagai The World’s Best Destination with Travelers Choice 2017 oleh TripAdvisor. Keren, ya?

Kalau wisatawan mancanegara saja pengin ke Bali, masa kamu enggak? Soal liburan ke Bali, kadang biaya menjadi kendala. Wajar saja, karena dalam berlibur, memang banyak hal yang harus diperhitungkan. Namun, bukan berarti kamu nggak bisa liburan ke Bali dengan hemat, Guys. Simak deh tips liburan hemat ke Bali selama 3 hari 2 malam berikut ini. Nggak sampai sejuta, kok!

1. Cari tiket perjalanan paling murah dari jauh-jauh hari

Jangan serba dadakan, Guys! Liburan ke Bali dengan hemat harus kamu persiapkan dengan matang. Misalnya saja memesan tiket pesawat. Kalau ingin hemat, tiket pesawat ke Singapura harus kamu cari jauh-jauh hari. Bahkan kalau ada promo, sikat saja! Kamu nggak harus pintar-pintar membandingkan harga tiket pesawat yang satu dengan yang lain. Nah, baru deh pilih dan booking yang termurah. Misalnya saja dari Jakarta berikut ini.

Bahkan, kalau kamu masih tinggal di Pulau Jawa atau daerah lain yang dekat dengan Bali, nggak harus naik pesawat deh! Kamu bisa memilih perjalanan naik bus atau kereta. Nah, cari-cari dulu ya tiket yang termurah. Oh ya, ada tips lain nih. Sebaiknya kamu mencari tiket pada hari kerja atau weekdays. Harga tiket transportasi di hari weekdays cenderung lebih murah daripada weekend.

2. Cari penginapan murah

Kamu nggak mungkin kan liburan ke Bali cuma sehari langsung pulang? Pastinya kamu butuh tempat menginap. Seperti halnya mencari tiket pesawat, penginapan pun harus kamu cari yang murah dan promo. Berikut ini IdnExplore akan memberikan tips untuk mendapatkan penginapan murah. Idealnya, booking penginapan itu sebulan sebelum keberangkatan, Girls. Kamu bisa kok cari-cari di internet atau tanya-tanya teman yang pernah berlibur ke Bali. Bahkan, kalau kamu punya kenalan atau kerabat di Bali, bisa deh kamu minta tolong untuk menginap di sana. Liburanmu jadi makin hemat deh!

Namun, daripada kamu bingung, simak deh rekomendasi penginapan murah di Bali yang nggak sampai 100.000 ini.

  • Airy Denpasar Barat Dam Tukad Badung 6 Bali

    Hotel murah di Bali

    Photo via pegipegi.com

    Hotel dengan harga 82.500-an per malam ini terletak di Jl.Dam T Badung no 6, pemecutan kelod, Denpasar Barat, Badung. Lokasinya strategis dan mudah diakses, sehingga memudahkan kamu ke mana-mana deh. Yang pasti, fasilitasnya lumayan lengkap, bersih, dan pelayanannya nyaman. Nah, misalnya saja kamu akan ke Bali selama 3 hari 2 malam, maka kamu harus check in selama 2 hari. Jadi, jika harga hotel dibulatkan menjadi 90.000 rupiah dikali 2, maka untuk penginapan kamu hanya akan menghabiskan biaya 180.000 rupiah.

  • RedDoorz Plus near Seminyak Square

    Hotel murah di Bali

    Photo via pegipegi.com

    Hotel ini lokasinya di Jl. Beraban Gang Jepun, No. 2 Banjar taman, Kerobokan Kelod, Seminyak dan sangat recommended untuk kamu huni ketika berlibur ke Bali dengan hemat. RedDoorz Plus near Seminyak Square dilengkapi oleh beragam fasilitas penunjang kenyamanan seperti desk, kolam renang, kamar non smoking, front desk 24 jam dan area parkir mobil. Jangan khawatir, tempat ini lokasinya juga strategis kok, dikelilingi oleh beragam pusat wisata, perbelanjaan dan hiburan utama. Nah, apabila kamu memutuskan untuk menginap di sini 2 hari, maka biayanya sekitar 180.000 lebih sedikit.

3. Gunakan transportasi murah

Yak, setelah memikirkan penginapan, kamu juga harus memikirkan cara untuk pergi dari satu tempat ke tempat lain  ataupun pergi ke berbagai tempat wisata di Bali dengan hemat, Guys. Ada beberapa rekomendasi transportasi yang bisa kamu gunakan.

  • Bus Trans Sabagita

    Opsi pertama untuk jalan-jalan hemat di Bali adalah naik Bus Trans Sabagita. Bus ini memiliki beberapa koridor pemberhentian lho. Biayanya murah, hanya 3.500 rupiah untuk umum, dan 2.500 rupiah untuk pelajar. Bahkan, untuk memudahkan akses, pengelola bus ini juga menyediakan aplikasi khusus bernama APLAUS (Aplikasi Layanan Angkutan Umum Sarbagita). Nah, seumpama dalam sehari kamu naik bus ini 5 kali, dalam 2 hari, kamu cuma keluar uang 70.000 untuk transportasi. Anggap saja 100.000 ya kamu sediakan untuk budget hemat transportasi.

  • Ojek Online

    Tips liburan hemat dan murah di bali - Menggunakan ojek online
    Naik ojek online memang mudah, tapi susah diperkirakan tarifnya, Guys. Kalau memang jaraknya dekat, ya akan hemat. Tapi kalau jauh dan berkali-kali, sama
    saja keluar banyak uang. Namun, baiknya kamu punya aplikasi ojek online dulu, supaya lebih siap sedia ketika keadaan darurat. Bahkan, kalau kamu sudah sedia saldo e-money sebelumnya, kamu nggak akan keluar uang lagi deh.

  • Menyewa Motor (recommended)

    tips liburan hemat dan murah di bali - Sewa Motor

    Photo via prestitionline.it

    Ini yang paling recommended, Guys. Menyewa motor akan membuatmu lebih leluasa ke mana pun tanpa khawatir nggak ada kendaraan. Perjalanan kamu juga bakalan lebih cepat dan bebas macet. Tempat persewaan motor di Bali biasanya buka mulai pukul 07.00-22.00 WITA. Harganya pun murah banget dan cocok untuk kamu yang ingin hemat liburan di Bali. Sehari cuma 50.000-an kok ditambah biaya bahan bakar perhari sebesar 50.000-an. Kalau untuk 2 hari, berarti total biaya transport hanya sebesar 200.000 rupiah.

4. Cari tempat wisata bagus dengan harga terjangkau

Kamu nggak perlu khawatir ke mana harus menghabiskan waktu di Bali, Guys. Banyak kok tempat bagus dan murah bahkan malah gratis yang bisa kamu kunjungi untuk trip hematmu. Simak, yuk!

  • Ladang Bunga Marigold Desa Temukus

    Tempat wisata di Bali - Ladang Bunga Marigold Desa Temukus

    Photo via indoasia-tourtravel.com

    Desa Temukus adalah desa yang tenang di Bali Timur, berdekatan dengan pura paling suci di Bali. Banyak warga desa tersebut yang menanam bunga, jadi kamu akan dengan mudah menemukan kebun bunga di sini. Tapi jangan lupa meminta izin dari warga lokal sebelum masuk ke kebun mereka, ya. Soalnya, bunga-bunga tersebut biasanya digunakan untuk pemujaan. Yang pasti, tempat ini instagrammable banget deh. Ladang bunga yang terletak di Desa Belok, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Provinsi Bali ini tiket masuknya gratis. Jadi, nggak keluar uang deh!

  • Water Blow Nusa Dua

    Tempat wisata favorit di Bali - Water Blow Nusa Dua

    Photo via kintamani.id

    Pantai yang keren banget ini lokasinya di kawasan Bali Tourism Development Corporation (BTDC), tepatnya di belakang Hotel Grand Hyatt Bali. Di sini, kamu akan menyaksikan hempasan ombak dan air yang muncrat, muncul dari ceruk karang. Pastinya keren dan seru banget, Guys.Wisatamu boleh hemat, tapi fenomena keren di sini jangan kamu lewatkan, ya. Berbeda dari kebanyakan pantai di Bali, Water Blow Nusa Dua memiliki semburan ombak yang sangat kuat karena berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Untuk sekadar bermain air
    dan foto-foto sambil menikmati keindahan pantai dan karang, kamu nggak perlu keluar biaya kok. Kecuali kalau kamu melakukan kegiatan komersil seperti foto prewedding, maupun aktivitas jual beli lain.

  • Campuhan Ridge Walk Ubud

    Tempat wisata favorit di Bali - Campuhan Ridge Walk
    Kalau kamu bosan dengan laut dan ingin rileks menikmati pemandangan alam persawahan, kamu bisa ke sini. Lokasinya di Jalan Raya Campuhan, Sayan, Ubud, Bali. Tempat ini suasananya sangat syahdu dan menenangkan. Cocok kalau kamu ingin rileks dan jauh dari hiruk pikuk bersama pasangan. Tempat ini menawarkan pesona hamparan pemandangan bukit dengan lembahnya yang berhias padang ilalang yang sangat indah. Nggak usah khawatir, masuk ke tempat ini gratis kok. Kamu cuma perlu keluar biaya 15.000 untuk menyewa sepeda dan trekking melihat pemandangan bersama pasangan.

  • Tirta Gangga, Karangasem

    Tempat wisata favorit di Bali - Tirta Gangga
    Tirta Gangga yang merupakan bekas istana kerajaan dan terletak di bagian timur Pulau Bali, Indonesia, sekitar 5 kilometer dari Karangasem, dekat Gunung Agung ini recommended untuk kamu. Taman ini terkenal karena istana airnya, yang dimiliki oleh Kerajaan Karangasem. Saat memasuki taman Tirta Gangga, hal pertama yang akan kamu lihat adalah hamparan kolam air dan terdapat satu buah candi yang menjulang tinggi di bagian kanan. Di kolam air tersebut, kamu akan disuguhkan pemandangan ikan hias yang indah. Air di taman ini sangat jernih dan sejuk, karena air kolam berasal dari mata air bukan dari air olahan. Mata air di taman Tirta Gangga oleh masyarakat lokal dianggap sebagai air suci. Untuk ke sini, hemat banget Guys. Hanya 15.000 rupiah per orang kok.

5. Isi perut di tempat makan yang terjangkau

Liburan ke Bali boleh hemat dan murah, tapi urusan perut tetap nggak bisa kita lewatkan dong Guys. Namun tenang saja, kamu tetap bisa mengganjal perut kamu dengan hemat di tempat-tempat berikut ini.

  • Nasi Pedas Bu Andika

    Tempat makan murah di Bali - Nasi pedas Bu Andika

    Photo via tripadvisor.co.id

    Mau murah, enak, dan mengenyangkan, warung Bu Andika di Jalan Raya Kuta, Gang Kubu 120C, Kuta-Bali recommended banget. Warung nasi ini menawarkan beragam lauk pauk dan sayuran khas Indonesia, mulai dari ayam goreng, ikan goreng, sayur labu, lawar dan masih banyak lagi lainnya. Harganya murah, mulai 15.000-an per porsi. Anggap saja sekali makan kamu habis 25.000 sudah plus minuman.

  • Warung Makan Nikmat

    Tempat makan murah di Bali - Warung Makan Nikmat

    Photo via theanandic.com

    Masih warung kaki lima nih, Guys. Tempat ini juga recommended untuk kamu mengisi perut. Lokasinya di Jl. Bakung Sari, Gg. Biduri No.6A, Badung, Kuta, Bali. Menu dengan lauk pauk seperti telur, sayur dan sambal goreng bahkan bisa kamu nikmati dengan hanya mengeluarkan uang yang minimalis banget. Harganya mulai dari 10.000 rupiah tergantung lauk. Pilih lauknya yang murah saja Guys, tapi tetap enak dan sesuai selera kamu. Nah, anggap saja sekali makan di sini kamu habis 20.000 rupiah. Hemat banget kan?

  • Nasi Jinggo Simpangan

    Tempat makan murah di Bali - Nasi Jinggo Simpangan

    Photo via foodnusantara.com

    Menu makan di sini hampir seperti nasi kucing di Jawa. Sebut saja nasi kucing khas Bali deh. Porsinya yang seadanya dengan dibungkus daun pisang dan lauk ala kadarnya, plus sambal membuat kamu bisa menentukan sendiri berapa bungkus yang bisa membuat kenyang. Ada juga tambahan lauk-lauk lain yang bisa kamu pilih kok. Rasanya, nggak usah ditanya deh! Harganya mulai dari 5.000 rupiah tergantung lauk yang kamu beli. Oh ya, tempat ini berada di Banjar Simpangan Jalan Uluwatu No. 109, Denpasar Pulau Bali.

Tips makan hemat di sini yang terpenting adalah cari tempat makan di kaki lima, Guys. Rasanya nggak kalah dengan restoran-restoran kok. Hanya berbeda di tempat dan fasilitas saja. Anggap saja sekali makan kamu menghabiskan uang 25.000. Maka, untuk makan selama 3 hari (makan 3 kali sehari), maka kamu akan menghabiskan uang kira-kira 225.000 rupiah.

6. Beli oleh-oleh hemat di tempat yang tepat

Yang nggak bisa dilewatkan ketika liburan ke suatu tempat adalah membeli oleh-oleh untuk orang-orang terdekat. Supaya perjalanan hematmu lengkap, membeli oleh-oleh juga harus di tempat yang tepat.

  • Membeli pernak-pernik di Ceking

    Di daerah dekat dari Ubud, kira-kira 30 menit ke arah Desa Wisata Tegalalang, terdapat sebuah area perkumpulan para pengrajin kayu. Di sana dibuka banyak galeri dan toko-toko yang menyediakan kerajinan dan pernak-pernik. Kamu bisa membelinya sebagai kenang-kenangan untuk orang terdekat. Harganya mulai 3.000 rupiah sampai 150.000-an. Yang penting, pandai-pandai memilih deh.

  • Pasar Sukawati

    Tempat belanja oleh oleh murah di Bali - Pasar Sukawati

    Photo via kompasiana.com

    Pasar Sukawati yang terkenal ini lokasinya di Gianyar, Bali. Nggak jauh kok dari Denpasar. Di Pasar Sukawati, kamu bisa membeli berbagai macam kerajinan, tas, dan baju. Bahkan, bisa menawar harga selayaknya pasar tradisional secara umum lho. Harganya tentu saja masih terjangkau asal kamu pandai menawar. Tapi ingat, kalau menawar harga jangan keterlaluan, ya.

Nah, itu dia tips liburan hemat ke Bali ala IdnExplore. Kalau dikalkulasi, biayanya hemat banget. Mulai dari penginapan sekiar 180.000, kemudian transportasi 3 hari sekitar 300.000, pergi ke tempat wisata gratis hanya keluar biaya maksimal 50.000, dan makan 3 hari 225.000. Totalnya cuma sekitar 755.000 lho. Kalau kamu punya budget 1 juta, sisanya bisa kamu alokasikan untuk yang lain dan berjaga-jaga. Oh ya, biaya tersebut belum termasuk tiket pesawat dan oleh-oleh ya.

Jangan lupa ajak teman, keluarga, atau pasangan, ya. Yang terpenting, agendakan jauh-jauh hari. Selamat liburan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *