17 Tempat Wisata Terpopuler di Solo Yang Harus Kamu Kunjungi

Tempat wisata terpopuler di Solo

8 bulan lalu

Solo adalah sebuah kota yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Daerah ini memang kurang terdengar sebagai salah satu tujuan wisata, tapi sebenarnya jika dieksplor lebih lanjut kamu akan mendapatkan banyak tempat wisata menarik di Solo. Dari wisata alam, budaya, sejarah hingga belanja semuanya bisa kamu temukan disini.

Kali ini kita akan membahas mengenai 17 tempat wisata di Solo Yang benar – benar harus anda kunjungi. Mana saja ke 17 tempat ini? Mari kita lihat satu persatu.

1.   Keraton Surakarta

keraton-surakarta

Solo adalah salah satu daerah yang kaya akan peninggalan sejarah yang patut untuk kamu kunjungi. Salah satu tempat wisata sejarah yang sangat terkenal dan sangat populer di Solo adalah Keraton Surakarta. Disini kamu bisa mengetahui dan mempelajari sejarah Solo. Bangunan Keraton Solo merupakan saksi sejarah dan peninggalan yang mungkin akan menceritakan perjalanan hidup kota Solo dari tahun 1700-an.

Area Keraton Surakarta sendiri dibagi menjadi beberapa bagian seperti Alun Alun Lor (Utara), Alun Alun Kidul (Selatan), Manganti Lor (Utara), Manganti Kidul (Selatan), Kedaton dan Kamagangan.

Kamu juga bisa melihat berbagai benda peninggalan sejarah seperti kereta kencana, benda pusaka, gamelan hingga benda-benda hadiah pemberian raja-raja Eropa.

Satu hal yang harus kamu perhatikan ketika mengunjungi Keraton Surakarta adalah mengikuti peraturan keraton seperti tidak boleh memakai celana pendek, kacamata hitam, topi, sandal jepit ataupun jaket. Selain itu juga kamu tidak diperkenankan merokok ataupun membawa makanan dan minuman ke dalam lingkungan keraton.

2.   Taman Sriwedari

Taman Sriwedari

Selain Keraton, ada juga beberapa peninggalan bersejarah yang umurnya hampir sama dengan Keraton Surakarta yaitu Taman Sriwedari. Taman yang sudah ada sejak era pemerintahan Sultan Pakubuwana X ini menjadi tempat atau pusat hiburan seni dan budaya di Kota Solo.

Kamu bisa menyaksikan pertunjukan wayang orang di Gedung Wayang Orang Sriwedari (GWO)

Jika anda datang ke solo anda bisa berkunjung ke tempat yang sejuk ini. Harga tiket masuknya pun sangatlah murah hanya dengan Rp 3000 per orang saja.

3.   Tawangmangu

Tawangmangu

Terletak di Perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah Tawangmangu masih masuk di wilayah Kabupaten Karanganyar. Tempat ini berlokasi di kaki gunung Lawu dengan pesona air terjun tertinggi di wilayah Jawa Tengah.

Oh iya, anda harus berjalan dengan cukup lama untuk sampai di tawangmangu dari tempat parkir. Kira – kira berjalan melewati 1000 anak tangga. Tempat satu ini menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer di Solo dan setiap liburan pasti ramai dikunjungi wisatawan dalam dan luar kota.

Area Tawangmangu juga masih memiliki fauna seperti kera dan beberapa hewan seperti bunglon serta burung – burung langka lainnya. Jika anda beruntung anda akan mendapatkan gambar foto berupa hewan langka tersebut.

4.   Sangiran

Sangiran

Terletak di ujung timur wilayah Karesidenan Surakarta, tempat ini memiliki pesona sejarah manusia Purba. Di daerah Sangiran terdapat sebuah museum manusia purba yang mungkin harus anda kunjungi. Sudah masuk ke area Sragen tempat ini juga ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO.

Biasanya tempat yang satu ini ramai dikunjungi oleh siswa yang melakukan perjalanan study tour karena memang kita bisa belajar sejarah sambil berlibur di sini. Sangiran juga dijadikan sebagai tempat riset serta penelitian para ahli arkeolog baik dari dalam maupun luar negeri.

5.   Taman Balekambang

Taman Balekambang

Selan Taman Sriwedari ada Taman Balekambang yang bisa dijadikan tempat berlibur keluarga. Di tempat asri dan juga bersih satu ini, anda bisa menikmati kesejukan karena banyak sekali pohon ribun di sini. Tempat wisata ini dihususkan untuk wisata edukasi, seni dan budaya, dengan beberapa pengembangan tanaman botani yang langka.

6.   Tugu Lilin

Tugu Lilin

Tempat ini juga terkenal sebagai salah satu spot ramai terutama di pagi hari dan sore hari. Terletak di Jalan Kebangkitan Nasional, tugu ini dibangun untuk memperingati 25 tahun kelahiran Budi Utomo. Tugu ini berbentuk lilin yang melambangkan semangat perjuangan Bangsa Indonesia untuk merebut Kemerdekaan.

Tempat wisata di Solo ini menjadi salah satu spot foto favorit bagi orang – orang yang berkunjung ke kota solo. Jadi anda bisa menikmati senja di sini. Namun tidak disarankan untuk berkunjung di siang hari karena cuaca yang cukup terik.

7.   Kampung Batik, Kauman

Kampung Batik Kauman

Solo juga menjadi salah satu sentra kerajinan batik tulis. Walaupun tidak setenar Pekalongan, namun Solo juga memiliki corak khas sendiri. Nah, jika anda berkunjung ke Solo paling tidak anda harus pergi ke Kampung Batik Kauman. Letaknya tidak jauh dari kota dan sudah terdapat berbagai petunjuk yang memudahkan kita untuk mengunjunginya.

8.   Pasar Klewer

Pasar Klewer

Jika anda mencari oleh – oleh murah terutama baju khas dari Solo ada baiknya untuk mengunjungi Pasar Klewer. Tempat wisata di Solo seputar belanja oleh – oleh ini sudah dari dulu menjadi salah satu tujuan utama para wisatawan dan juga pelancong.

Terlebih untuk orang dari luar kota dan provinsi anda akan dikejutkan dengan harga pakaian yang terbilang cukup murah.

9.   Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran Solo

Sebuah tempat wisata sejarah lagi di Solo yang bisa harus dikunjungi adalah Pura Mangkunegaran. Bangunan megah dengan tema klasik ini dulunya adalah sebuah istana yang dihuni oleh pemimpin kadipaten Praja Mangkunegaran.

Tempat ini terletak di jalan Ronggowarsito dan anda bisa mengunjunginya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Di dalamnya terkenal dengan pemandangan yang bisa menghasilkan foto yang sangat keren.

Jika anda berkunjung di tempat ini pada hari tertentu (hari rabu) atau hari – hari acara tradisional lainnya, anda akan bisa menikmati pagelaran gamelan yang mungkin akan menghibur.

10. Galabo

galabo-solo

Nah, di malam hari Solo juga menawarkan berbagai tempat yang sangat menghibur. Tempat wisata di solo yang satu ini wajib anda coba selagi anda berada di kota ini. Galabo adalah sebuah pasar kuliner yang rutin diadakan di Solo.

Tempat ini terletak di depan Pusat Grosir Solo. Di sepanjang jalan ini anda bisa menikmati kuliner Solo yang sangat enak dan juga sangat menggugah selera. Anda bisa menikmati jajanan khas Solo, Jogja, Sragen, Semarang, dan daerah Jawa Tengah lainnya.

Pernah mencoba makanan Timlo khas Solo? Nah, anda bisa mencobanya di pagelaran Galebo Solo ini.

11. Ngarsopuro Night Market

Ngarsopuro Nightmarket

Siapa yang tahu ternyata Solo memiliki Night Market yang bisa dibilang sebagai salah satu daya tarik yang harus anda kunjungi. Jika anda berada di solo pada malam minggu anda bisa kunjungi Ngarsopuro Night Market.

Pasar Malam yang satu ini menjual berbagai jenis pakaian, aksesoris, kerajinan, kuliner atau jajanan daerah, dan dijadikan sebagai sarana atau tempat nongkrong murah khas mahasiswa.

12. Pasar Triwindu Solo

Pasar Triwindu

Tidak jauh dari Ngarsopuro Night Market anda bisa menjumpai Pasar Triwindu Solo. Anda ingin mencari barang – barang antik di kota Solo? Pasar inilah yang bisa anda kunjungi. Pasar ini sempat ditinggalkan dan ditutup namun ketika Walikota Solo saat itu Jokowi masih memerintah, pasar ini direnovasi dan dijadikan sebagai salah satu daya tarik tempat wisata di Solo.

Pasar Triwindu ini memiliki koleksi barang – barang antik seperti radio lawas, Hp Jadul, perabot rumah tangga, wayang, kaset – kaset jadul dan lain – lain.

13. Museum Batik Danar Hardi

Museum Danar Hadi Solo

Sebenarnya museum batik ini didirikan oleh sebuah brand Batik asal Solo bernama Danar Hardi. Namun tempat wisata yang terletak di jalan Slamet Riyadi No 261 ini bisa dikunjungi oleh pengunjung umum. Belum banyak orang yang mengetahui tempat wisata yang satu ini.

Museum atau House of Danar Hadi ini memiliki koleksi bersejarah batik lebih dari 10.000 kain dengan motif, kultur, lingkungan, dan periode pembuatan yang berbeda masing – masingnya. Jika anda adalah orang yang sangat menyukai Batik silakan berkunjung ke tempat ini.

14. Pandawa Water World Solo Baru

Pandawa Water World

Ya sesuai dengan namanya tempat wisata waterboom ini terletak di sekitaran daerah bernama Solo Baru. Pandawa Water World adalah sebuah tempat wisata yang menawarkan wahana wisata air yang sangat lengkap dan tergolong masih baru. Tempat wisata di solo ini wajib anda kunjungi terutama untuk anda yang ingin berlibur dengan keluarga.

Sesuai dengan namanya Pandawa, di sini terdapat patung dan ukir ukiran Pandawa Lima yang menghiasi tempat wisata air ini. Untuk harga tiket masuk sendiri anda bisa mendapatkan harga sekitar Rp 80.000 sampai dengan Rp 100.000 per orang.

15. Sepur Kluthuk Jaladra

Sepur Kluthuk

Bagi anda yang beruntung, anda bisa menaiki sebuah sarana transportasi kereta api kuno di Solo. Kereta uap yang tidak setiap hari beroperasi ini bisa anda tunggangi sepanjang jalan Slamet Riyadi Solo. Untuk masalah tiketnya sendiri berkisar Rp 190.000 sampai Rp 250.000 per orang dengan sistem sewa carter.

Jadi anda harus paling tidak mengumpulkan 80 orang untuk bisa menjalankan satu kereta api Sepur Kluthuk Jaladra ini.

Sayangnya Sepur Kluthuk Jaladra ini tidak menentu jam operasionalnya dikarenakan kereta uap yang satu ini menggunakan bahan bakar kayu jati dimana di Indonesia Pohon jati menjadi salah satu pohon yang dilindungi pemerintah saat ini.

16. Umbul Ponggok

Umbul Ponggok

Walaupun terletak sedikit jauh dari kota Solo anda harus tetap mengunjungi Umbul Ponggok. Sebenarnya tempat wisata ini adalah sebuah mata air yang oleh warga setempat di sulap menjadi wahana tempat wisata yang sangat keren.

Tempat ini bisa anda kunjungi dengan daya tarik utama adalah foto di dalam airnya. Di dalam Umbul Ponggok ini terdapat berbagai hiasan yang bisa anda gunakan untuk foto – foto dan berselfie ria.

17. Cemoro Kandang Dan Cemoro Sewu

Cemoro Sewu

Tepat di pintu masuk pendakian Gunung Lawu terdapat sebuah tempat dan spot wisata untuk anda yang ingin berteduh di tempat yang sejuk. Cemoro kandang dan cemoro sewu ini menawarkan sebuah tempat untuk menikmati keindahan kota solo dari ketinggian, bisa diibaratkan sebagai Puncak Bogor di daerah Jawa Barat.

Anda juga bisa menikmati berbagai jajanan khas ketinggian di sini. Bagi anda yang suka dengan objek wisata ketinggian tempat wisata di solo ini harus anda kunjungi juga.

Akhir Kata

Demikian 17 tempat wisata di Solo yang benar – benar harus anda kunjungi paling tidak sekali seumur hidup apalagi jika anda memiliki kesempatan berkunjung ke Solo. Dari ke 17 tempat wisata tersebut mungkin sebenarnya masih ada beberapa tempat yang belum disebutkan, tapi paling tidak daftar destinasi paling top di Solo sudah coba kami daftarkan di artikel ini.

Nah, jangan lupa untuk share artikel ini agar orang disekitar anda juga mendapatkan informasi yang menarik ini. Terus ikuti informasi seputar wisata lainnya bersama dengan kami dan sampai jumpa di kesempatan lainnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *