15 Tempat Wisata di Sumba Terbaru Yang Lagi Hits

2 minggu, by idnexplore_com

Tempat wisata Sumba terbaru

Sumba merupakan sebuah pulau di Nusa Tenggara Timur yang memenuhi segala aspek sebagai tempat wisata kelas dunia. Ada begitu banyak tempat wisata terbaik, terbaru dan lagi hits di Sumba yang bisa dipilih para wisatawan saat berkunjung ke sini. Dari menikmati keindahan alam berupa pantai, air terjun, atau danau hingga menikmati kebudayaan, adat istiadat dan keramahan penduduknya. Serta masih banyak keseruan lainnya.

Satu hal yang menarik di kawasan ini adalah fakta bahwa salah satu hotel di Sumba pernah mendapatkan predikat sebagai hotel terbaik nomer 1 di dunia pada tahun 2016 dan 2017. Hotel tersebut adalah Nihi Sumba, merupakan kebanggan tersendiri. Fakta lainnya adalah pesepakbola papan atas David Beckham beserta keluarga juga terpukau menyaksikan keindahannya.

Menuju ke Sumba perlu perjalanan panjang. Wisatawan harus transit terlebih dulu di Denpasar sebelum melanjutkan perjalanan ke Bandara di Umbu Mehang Kunda di Waingapu atau Bandara Tambolaka di Waikabukak. Selama di sini, setiap pengunjung dapat menyewa kendaraan seperti motor atau mobil. Harga sewa mulai dari Rp 75 ribu sampai Rp 800 ribu.

Rekomendasi Tempat Wisata di Sumba Terbaru

1. Desa Ratenggaro

Objek wisata Sumab Barat Daya

Photo Via Instagram.com @agnesnila

Rekomendasi tempat wisata di Sumba terbaru yang pertama dan bisa kamu pilih adalah Desa adat Ratenggaro terletak di Kecamatan Kodi Bangedo. Jaraknya kurang lebih 40 Km dari Tambolaka. Nama wisata ini diambil dari dua kata yaitu, “Rate” artinya kuburan, “Garo” adalah penduduk Garo. Tidak heran bila datang ke sini, wisatawan akan disuguhkan dengan banyaknya kuburan batu seperti jaman megalitikum.

Ciri khas lainnya adalah rumah adatnya masyarakat setempat menyebutnya dengan Uma Kelada. mempunyai menara, dengan ketinggian 15 meter. Atapnya terbuat dari jerami tinggi dan pendeknya disesuaikan dengan status sosial mereka. Bentuknya seperti rumah panggung memiliki 4 tingkat dengan fungsi yang berbeda-beda.

2. Waikelo Sawah

Objek Wisata di Sumba Barat Daya

photo Via Instagram.com/@thetravelinggrace

Waikelo Sawah terletak di Desa Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur, Kab. Sumba Barat Daya. Awalnya adalah sebuah bendungan yang dibangun pada tahun 1976, digunakan sebagai sarana irigasi dan pembangkit listrik. Tetapi, saat ini fungsi bertambah sebagai objek wisata. Uniknya, saat datang kamu tidak merasakan sebagai sebuah bendungan melaikan gua.

Airnya sangat jernih, sayangnya wisatawan dilarang untuk berenang atau mandi disini. Arusnya sangat deras, terutama saat musim penghujan. Walaupun, sedang terjadi musim kemarau panjang, air di sini tidak pernah kering. Jaraknya sekitar 12 kilometer dari Tambolaka. Cobalah datang pada bulan Februari, Maret atau November wisatawan akan disuguhkan dengan upacara tradisional yang disebut Pasola.

3. Pantai Nihiwatu

Objek wisata di Pulau Sumba

photo Via Instagram.com @like_ntt

Pantai Nihiwatu pernah ditetapkan sebagai Pantai Terbaik urutan ke 17 di dunia dari 100 pantai terbaik. Kejernihan air laut, putihnya pasir sepanjang 2,5 km, serta pemandangan alam sekitar menjadi bukti bahwa tempat wisata di Sumba ini memang layak mendapatkan gelar tersebut. predikat membanggakan juga didapatkan sebagai sepuluh pantai terbaik di Asia.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan. Tetapi, aktivitas paling ditunggu wisatawan adalah selancar. Ombaknya cukup tinggi sayangnya, hanya dibatasi oleh 10 orang saja. Tetapi, setiap pengunjung bisa menikmati kegiatan lain seperti memancing, snorkeling, berkeliling seluruh area dengan perahu mengamati burung sampai bersepeda.

4. Air Terjun Koalat

Objek wisata di Sumba Timur

Photo Via Instagram.com @rekamata

Keindahan Sumba tidak hanya pantai saja, tetapi panorama Air Terjun Koalat juga patut dimasukan dalam daftar liburan kamu. Jarak dari Waingapu kurang lebih 70 km menempuh waktu sekita 2 jam perjalanan. Uniknya, kawasan tempat wisata di Sumba terbaru ini hampir mirip dengan Air Terjun Niagara. Tidak terlalu tinggi memang. Tetapi, alirannya tidak pernah berhenti.

Di sini, kamu bisa berenang atau hanya sekedar bermain air saja, sudah tersedia kolam alami sayang bila tidak dimanfaatkan. Tersedia area untuk berjemur dengan kerikil kecil bersih dan pepohonan hijau. Saat siang hari duduk di sini sembari menikmati indahnya Air Terjun Koalat. Seluruh area sangat bersih, oleh karena itu jangan kotori dengan sampah, tetap jaga kebersihan dengan baik.

5. Pulau Kambera

Objek wisata di Pulau Sumba

Photo Via Instagram.com @mysumbabible

Pulau Kambera menjadi alternatif kunjungan selanjutnya. Jaraknya dari Kota Waingapu sekitar 24 km. Setiap pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan khas alam liar. Daya tarik utama dari tempat ini adalah padang savana . Saat musim kemarau tampak tandus hanya saja, banyak gerombolan kuda bisa disaksikan.

Kuda liar ini merupakan hewan dengan tingkat kepekaan tinggi. Untuk mengambil gambarnya dari dekat. Wisatawan harus ekstra hati-hati dan pelan-pelan. Terdengar suara sedikit saja mereka langsung lari menjauh. Jarak dari kota Waingapu 25 km menempuh perjalanan 1 jam. Menariknya, saat kamu mengunjunginya pada musim kemarau, pemandangan utama adalah kuning. Tetapi, saat musim penghujan menjadi hijau. Mau pilih datang pada musim apa?

6. Air Terjun Waimarang

Tempat wisata bagus di sumba

photo Via Instagram.com @kanarii_trek

Lokasi objek wisata ini terletak di Desa Waimarang. Dari kota Waingapu menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam. Menuju ke titik lokasi, wisatawan harus mempersiapkan diri karena, masih jalan lagi sepanjang 1 km. Lelah memang, hanya saja semua akan terbayar lunas karena, keindahannya luar biasa.

Tidak terlalu tinggi hanya saja, memiliki kolam renang alami sebagai daya tarik utama. Banyak pengunjung menghabiskan waktu untuk berenang dan mandi. Airnya sangat jernih, dingin, tetapi cukup segar. Ingin memacu adrenalin? kamu bisa naik ke atas tening dan melakukan clif jumping. Masuk ke tempat ini setiap pengunjung akan dikenakan harga tiket Rp10 ribu.

7. Taman Nasional Laiwangi Wanggameti

Objek wisata di Sumba timur

Photo by kembangwisata.com

Tempat wisata terbari di Sumba berikutnya merupana sebuah taman nasional yang cukup menarik untuk dikunjungi yaitu Taman Nasional Laiwangi Wanggameti. Ada banyak flora dan fauna yang bisa kamu nikmati disini, bahkan beberapa jenis burung juga dapat disaksikan. termasuk 43 jenis kupu-kupu, di mana tiga diantaranya merupakan satwa endemik Saat melakukan penjelajahan setiap wisatawan juga disuguhkan dengan berbagai peninggalan Kuno.

Setiap bentuk kuburan berbeda, menunjukkan status sosial mereka. Dari Kota Waingapu menempuh perjalanan 2 jam. Terletak di tiga desa sekaligus yaitu, Wanggameti, Tana Rara, dan Tabundung. Waktu terbaik berkunjung adalah Oktober sampai Desember di mana setiap pengunjung bisa melihat burung imigran yang sedang melintas atau istirahat disini.

8. Pantai Bawana

Tempat wisata di Sumba Barat Daya

photo Via Instagram.com @ariemohr

Wisata di Sumba selanjutnya, bisa kamu dapatkan melalui Pantai Bawana. Terletak di Kecamatan Kodi Bangedo, hanya berjarak 2 kilometer dari Sumba Barat Daya. Kawasan ini paling tepat digunakan sebagai spot foto. Banyak tebing menjulang, seluruh areanya sendiri sangat bersih. Kondisinya cukup sepi, terutama pada hari biasa. Fasilitas objek wisata ini cukup lengkap. sudah tersedia warung makan dan toilet yang terawat dengan baik. Jangan lupa menikmati kesegaran dari es kelapa muda yang dipetik sendiri dari pohon.

9. Pulau Salura

Rekomendasi wisata di Sumba

Photo by tripsumba.com

Pulau ini sangat menarik untuk dikunjungi, letaknya berada pada garis perbatasan teritorial antara Indonesia dan Australia. Menuju ke sana, memang sedikit sulit. Tetapi, keindahan alamnya sangat luar biasa. Dihuni oleh 600 penduduk dan mereka semua sangat ramah. Fasilitas penginapan memang belum tersedia. Tetapi, kamu bisa beristirahat di rumah warga.

Satu hal yang harus dipersiapkan di sini adalah tidak ada sinyal handphone serta listrik. Kondisi pulau ini sangat bersih memiliki pasir pantai putih. Kondisi air lautnya hijau sangat jernih. Ada dua buah masjid disini, keunikan lain yang bisa didapat adalah setiap pengunjung bisa treking ke atas bukit dan melihat keindahan matahari tenggelam.

10. Air Terjun Kanabu Wai

Tempat wisata di Sumba Timur

photo Via Instagram.com @warawiriindonesia

Wisata di Sumba ini terletak di Desa Waikanabu, jaraknya kurang lebih 130 km dari Waingapu. Sebelum berkunjung ke tempat ini, siapkan terlebih dulu tenaga. Karena, perjalanan hanya sampai Desa Mahaniwa. selanjutnya, dilanjutkan berjalan kaki membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam sampai 5 jam lamanya.

Lebih disarankan menggunakan guide, karena sepanjang perjalanan kamu dapat menemui hewan buas. Perjalanan panjang tersebut akan terbayar lunas setelah pengunjung sudah sampai di lokasi. Aliran airnya terjun melintasi tebing dan bukit hijau nan menawan. Tersedia pula kolam alami untuk berenang hingga bermain air.

11. Danau Weekuri

Tempat wisata di Sumba

photo via Instagram.com @umbupraing93

Danau Weekuri menjadi pesona utama dari Kecamatan Kodi Utara. Gradasi warnanya cukup menarik mulai dari biru hingga biru kehijauan. Menariknya, seluruh wisatawan bisa memanfaatkanya untuk berenang. Tempat ini tidak terlalu dalam, jadi aman untuk orang dewasa masuk ke dalam menikmati kesegarannya.

Jaraknya 60 km dari Tambolaka. Para pengunjung juga dapat menyewa ban untuk berenang harganya Rp10 ribu dan bisa digunakan sampai puas. Jangan hanya berenang saja, tetapi lakukan aksi clif jumping dengan memanfaatkan berbagai batang pohon. Jangan lupa bawa kamera karena, setiap sudut dari tempat wisata di Sumba yang lagi hits ini sangat cocok digunakan untuk spot foto.

12. Kampung Adat Praigoli

Tempat wisata di Sumba Barat

Photo by tripsumba.com

Adat istiadat di Sumba memang masih dijunjung tinggi. Salah satunya adalah penduduk Kampung Adat Praigoli. belum terpengaruh modernisasi. Jadi, kehidupan disini masih sangat tradisional dan mengandalkan alam sebagai sumber kehidupan. Terletak di kecamatan Wanokaka.

Sampai saat ini penduduknya masih menjunjung tinggi adat istiadat yang sudah dilakukan sejak turun-temurun. Salah satu peninggalan yang masih dirawat dengan baik adalah sebuah kuburan tua usianya mecapai ratusan tahun. Saat kamu berkunjung ke tempat ini, penduduknya akan menyambut dengan Tari Negu. Cara bersalaman mereka cukup unik yaitu menggunakan hidung dengan hidung.

13. Kampung Adat Praijing

Tempat wisata di Sumba Barat

Photo by travel.okezone.com

Kampung adat Praijing terletak di Kecamatan Waikabukan. Di sini kamu dapat menyaksikan rumah adat yang terbagi menjadi tiga ruangan. Lei bangun atau kolong rumah dimanfaatkan untuk ternak. Uma, tingkatan ke dua yang difungsikan sebagai tempat tinggal. Bagian terakhir adalah Uma Daluku atau menara sebagai tempat penyimpanan bahan makanan dan barang pusaka.

Pintu rumah untuk lelaki dan perempuan juga dibedakan. Cara melihatnya dengan melihat tiang dari kayu ditandai dengan ukiran. Akses lelaki untuk Kepala rumah tangga keluar masuk rumah dari pintu utama. Sementara, pintu perempuan, bagi ibu keluar masuk melalui Dapur. Jika, ingin melihat aktivitas mereka, datanglah pada pagi hari.

14. Pantai Walakiri

Objek wisata di Sumba Timur

photo Via Instagram.com @jm_adventour

Pantai Walakiri menjadi tempat wisata di Sumba terbaik selanjutnya dalam menikmati senja dan pantai. Destinasi wisata terbaru yang lagi hits ini memiliki hutan mangrove yang bisa dimanfaatkan sebagai salah satu spot terbaik mengabadikan gambar. Secara administratif terletak di Desa Watukamba menempuh perjalanan 30 menit dari kota Waingapu.

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan oleh para pengunjung. Seperti duduk di atas pasir pantai, melihat panorama sunset. Banyak wisatawan sepakat, bahwa tempat ini mejadi tempat terbaik melihat matahari tenggelam. Terakhir, kamu akan disuguhkan keunikan dari pohon menari. Tidak salah bila banyak wisatawan berkunjung ke tempat ini.

15. Bukit Warinding

Objek wisata di Sumba Timur

photo via Instagram.com @yustinfoto

Rekomendasi terakhir wisata di Sumba yang bisa diberikan adalah Bukit warinding. Terletak di Desa Pambata Jara, mempunyai keindahan perbukitan yang menawan. Saat musim kemarau, wisatawan akan disuguhkan dengan kawasan kuning gersang dan tandus. Tetapi, bila musim penghujan, panorama hijau dapat disaksikan.

Tempat ini tampak bergelombang, beberapa kesempatan tampak anak-anak sumba sedang menggembala kuda mereka. Waktu terbaik berkunjung ke tempat ini adalah Bulan Juni hingga Oktober. Paling tepat lagi datang pada sore hari. Terik matahari tidak terlalu menyengat, bila beruntung kamu dapat melihat panorama matahari tenggelam di sini.

Akhir Kata

Pulau Sumba memang terlihat menawan dengan berbagai macam objek wisata terbaru nya. Berkunjung ke tempat ini adalah kewajiban terutama saat libur panjang datang. Semua perjuangan menempuh berbagai perjalanan di tempat ini akan terbayar lunas. Lalu, kapan kamu kamu akan datang dan menikmati keindahan Sumba?

Ada juga lho tempat wisata di Indonesia timur lainnya yang tidak kalah indah dan memukau dan bisa kamu kunjungi. So, tunggu apa lagi, persiapkan rencana liburan kamu dari sekarang.

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *