9 Tips Libur ke Bali Bagi Pemula

3 bulan, by idnexplore_com

Tips liburan ke Bali bagi pemula

Penting! Ini dia tips liburan ke Bali bagi kamu para pemula yang ingin mengisi waktu liburanmu di Pulau Dewata.

Setidaknya, sampai saat ini ada tiga alasan utama mengapa banyak wisatawan pergi liburan ke Bali. Pertama, wisatawan terpukau dengan pemandangan alamnya, sangat mengesankan, menyajikan berbagai macam spot menarik. Tidak hanya soal pantai saja, dataran tinggi hingga pertanian sawah terasiring jadi keunggulan kawasan ini.

Alasan kedua yang sering terdengar adalah Pulau Dewata masih menyajikan panorama kebudayaan. Salah satu yang dapat kamu saksikan adalah upacara ngaben, pertunjukan tari kecak, hingga melihat upacara peribadatan umat Hindu. Kebudayaan ini sangat sulit ditemukan, bahkan beberapa negara lain perlahan sudah mulai meninggalkannya.

Terakhir, para pengunjung menyukai berbagai macam souvenir seperti, pernak-pernik, kain khas dengan berbagai macam ornamen, lukisan, sampai tas berbahan rotan. Bagi kamu yang belum pernah berkunjung ke Bali dan ingin datang ke sana. Cobalah simak terlebih dulu berbagi tips dari kami seperti, di bawah ini.

Tips Liburan ke Bali Bagi Pemula

1. Menentukan Waktu Paling Tepat Liburan ke Bali

Tips liburan ke Bali bagi pemula

Photo by blog,dwidayatour.co.id

Tips liburan ke Bali bagi pemula yang pertama adalah menentukan waktu keberangkatan. Lihat dulu dalam kalender kapan hari libur panjang datang. Usahakan untuk menghindarinya, faktanya waktu tersebut Pulau Dewata penuh dengan wisatawan dari berbagai negara. Hal ini membuat kamu tidak nyaman.

Untuk aktivitas foto juga kurang bagus. Latar belakang yang harusnya bisa jadi spot terbaik harus hilang begitu saja karena, banyak pengunjung mondari-mandir ke sana kemari. Selain itu, semua harga akan naik mulai dari penginapan, tiket, sampai persewaan mobil atau motor. Bahkan, kenaikan tersebut bisa mencapai 3 kali lipat.

Tidak hanya itu saja, kemacetan juga harus kamu hadapi. Hal ini membuat seluruh jadwal yang sudah dibuat harus berubah seketika. Bahkan lebih buruk lagi, harus ada yang dihapus karena, waktu tidak mencukupi. Kami sarankan, kamu datang pada saat musim kemarau saja bulan April sampai oktober.

Tetapi, puncak keindahan Pulau Dewata sebenarnya ada di bulan Desember dan Mei. Pada waktu ini matahari ada di sisi selatan. Jadi, kamu yang hobi berburu sunset atau sunrise. Bulan tersebut menjadi waktu terbaik untuk melihatnya. Tetapi, perlu perhatikan saat musim kemarau suhu di Bali bisa mencapai 37 derajat, sangat panas memang.

2. Booking Tiket dan Penginapan Terlebih Dulu

Tips liburan ke Bali

Photo by triptrus.com

Langkah kedua yang dapat kamu lakukan adalah Booking tiket dan penginapan terlebih dulu. Walaupun kamu datang pada hari biasa dan bukan musim liburan, namun Bali tetap saja ramai. Banyak pengunjung datang untuk berbagai keperluan, dimana selain untuk berwisata, ada juga yang datang ke Bali untuk keperluan bisnis.

3. Pilih Menggunakan Jalur Udara

Liburan Ke Bali

Photo by mediaindonesia.com

Menuju ke Bali bisa dilakukan dengan berbagai pilihan transportasi. Bila ingin waktunya cepat maka jalur udara menjadi pilihan yang paling tepat. Hampir seluruh kota di Indonesia menyediakan rute penerbangan menuju Denpasar. Untuk harganya bervariasi, mulai dari Rp300 ribu sampai jutaan rupiah.

Untuk mendapatkan harga murah, carilah berbagai macam promo yang disediakan oleh E-commerce. Perlu diketahui bahwa, harga pesawat sifatnya fluktuatif. Jadi, usahakan untuk terus memantaunya setidaknya, setiap 1 jam sekali. saat ini biayanya Rp900 ribu bisa jadi, satu jam ke depan turun tajam ke angka Rp650 ribu.

Jangan langsung dibeli jika, kamu belum mengetahui tarif batas bawahnya. Cara mengetahuinya sangat mudah. Pantau terus tarif maskapai tersebut dalam waktu satu pekan. Bila angka terendah adalah Rp500 ribu maka, nilai tersebut dapat kamu jadikan sebagai acuan penentuan batas bawah.

4. Pilih Menggunakan Jalur Darat dan Laut

Tips liburan ke Bali bagi pemula

Photo by poskota.co

Pilihan kedua liburan ke Bali adalah menggunakan jalur darat menggunakan Bus. Tampilan mereka saat ini berbeda. Sudah banyak menyediakan fasilitas VIP hingga eksekutif dengan tingkat kenyamanan tidak diragukan lagi. Untuk rentang harga mulai dari Rp300 ribu sampai Rp700 ribu. Pilihan selanjutnya, bisa menggunakan perpaduan antara kereta api dan Kapal Laut. Tarif dua transportasi ini jauh lebih murah. Kereta Api ekonomi Sri Tanjung dari Yogyakarta menjadi pilihan wisatawan, tarifnya Rp90 ribu saja.

Turun di Stasiun Ketapang selanjutnya, naik kapal laut menuju ke Pelabuhan Gilimanuk. Pilihan lain adalah Kereta Api Wijayakusuma, tarifnya mulai dari Rp200 ribu sampai Rp500 ribu. Keunggulan dari Wijayakusuma beradai di jadwal. tiba di Banyuwangi pukul 7 pagi. Setelah itu kamu bisa berjalan kurang lebih 5 menit saja ke pelabuhan.

5. Tentukan dan rencanakan lokasi liburan kamu selama di Bali

Tips liburan di Bali

Photo via pedestrian.tv

Langkah selanjutnya, mulai menentukan lokasi liburan ke Bali. Ada banyak tempat wisata di Bali yang menarik yang bisa dikunjungi seperti Pantai Kuta, Ubud, Tanah Lot, Kintamani dan masih banyak lagi. Tidak semua harus membayar mahal, beberapa ada yang hanya dikenakan tarif parkir saja. Misalnya, Pasih Uug, Pantai Suluban, hingga Ladang bunga Marigold. Tetapi, jangan hanya fokus pada yang gratis saja.

Boleh juga memilih berbagai kawasan wisata dengan tarif cukup mahal seperti Pura Uluwatu melihat perunjukan tari kecak, atau pergi ke Garuda Wisnu Kencana menikmati lokasinya yang memang mengesankan. Sebelum menentukannya tidak salah untuk melakukan sedikit riset. Seperti, waktu yang dibutuhkan, keindahan apa saja yang ditawarkan, sampai berbagai tips mengunjungi lokasi liburan di Bali itu.

6. Lebih Baik Sewa Kendaraan

Liburan ke Bali

Photo by otomotif.kompas.com

Pulau dewata memang belum ramah soal transportasi untuk wisatawan. Oleh karena itu, lebih baik menyewa kendaraan motor atau mobil. Kamu wajib memiliki surat izin mengemudi A atau C. Kemudian, menyerahkan bukti identitas diri baik foto KTP atau tiket pesawat atau identitas lain sebagai bukti bahwa itu adalah Kamu.

Untuk harganya mulai dari Rp300 ribuan untuk mobil dan Rp50 ribuan untuk motor. Sistem waktunya 24 jam. Jadi, saat kamu pinjam pukul 10 pagi, maka harus dikembalikan kembali pukul 10 pagi juga. Syarat dan ketentuan tidak terlalu jauh berbeda. Dan sebelum mulai menyewa, pastikan kondisi kendaraan serta kelengkapan surat-surat.

7. Pilih Menu Favorit

Liburan ke Bali

Photo by indozone.id

Liburan ke Bali terasa kurang lengkap bila tidak menikmati berbagai pilihan menu favorit. Ada banyak makanan khas wajib kamu nikmati. Ada bebek betutu, nasi jinggo, sate lilit, dan masih banyak lagi. Tidak bisa dipungkiri memang, semua menu makanan tersebut memiliki cita rasa sangat nikmat.

Tetapi, usahakan untuk menikmatinya di warung kaki lima. Cita rasanya tidak jauh berbeda tetapi, harga jauh lebih murah. Bagi kamu warga muslim harus hati-hati apalagi, saat berada di wilayah Denpasar. Perlu cermat dalam memilih kebanyakan mereka tidak halal. Tetapi, ada juga beberapa menyediakan menu halal.

Tips liburan ke Bali bagi pemula selanjutnya, sebelum pergi ke tempat wisata lebih baik untuk makan terlebih dulu atau membelinya di pasar. Membeli logistik baik makanan maupun minuman di lokasi wisata memang cukup mahal. Selisihnya bisa mencapai dua kali lipat.

8. Beli Souvenir di Pasar Tradisional

Liburan ke Bali

Photo by mytrip123.com

Liburan ke Bali akan tampak kurang jika kamu belum membeli oleh-oleh khas seperti pernak-pernik yang cukup menarik. Lebih disarankan membelinya di berbagai pasar tradisional saja. Kualitasnya tidak jauh berbeda, dari segi harga jauh lebih murah. Hampir semuanya memang menarik untuk dibeli.

Namun, beli saja secukupnya agar tidak terlalu memberatkan beban bawaan saat pulang. Bila, waktu pulang lebih lama. Maka, jangan pernah membeli makanan kecuali, menjadi bekal tambahan saat pulang. Apalagi, kalau kamu naik pesawat terlalu banyak beban membuat tarif bertambah karena, harus menambah biaya bagasi.

9. Perhatikan Adat dan Kebudayaan Setempat

Tips liburan ke Bali untuk pemula

Photo by Balipost.com

Tips Liburan ke Bali bagi pemula selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah adat istiadat serta kebudayaan setempat. Misalnya, kamu datang ke Pura lebih baik, membawa pakaian sopan. Perhatikan pula apakah ada Banten atau tidak. Banten adalah sajen berbentuk seperti bunga biasa menempati depan pinta atau patung.

Bila tidak sengaja menginjak, jangan lupa ucapkan maaf. Adat istiadat masyarakat Bali memang masih dijunjung tinggi. Hormati pula bila ada aturan untuk tidak boleh mengambil foto atau video di kawasan tertentu. Menikmati keindahan Pulau dewata memang menyenangkan. Tetapi, akan lebih buruk bila Liburan ke Bali tidak memperhatikan aturan adat seperti ini.

Nah itu dia beberapa tips liburan ke Bali bagi pemula yang harus kamu perhatikan agar liburanmu lebih maksimal. Jadi, kapan berencana untuk berkunjung ke Bali?

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *