Rekomendasi Tempat Belanja Oleh-oleh Murah di Bali

5 bulan lalu

Siapa sih yang tidak tau Bali? Salah satu pulau dari Indonesia ini terkenal dengan aneka ragam budaya dan juga orang-orangnya yang ramah. Pulau Bali juga menduduki peringkat pertama dalam kategori destinasi terbaik sedunia.

Kenapa Bali bisa menjadi the destinasi wisata favorit di Indonesia bahkan dunia? Tentu saja, karena Bali memiliki begitu banyak spot wisata yang dapat memanjakan mata seperti sawah hijau yang membentang, alam nya yang masih asri dan juga pantai-pantai nan indah berpasir putih menjadi andalan pariwisata di Bali.

Selain itu, Bali juga dikenal dengan kekayaan seni budayanya khususnya seni tari. Sehingga para wisatawan banyak berdatangan untuk melihat pagelaran tabuh dan tari. Salah satunya adalah tari Bali yang terkenal, tari Kecak dan Tabuh Bleganjur.

Nah, tentu saja kalian pergi ke Bali bukan hanya untuk melihat pemandangan dan juga pertunjukan seni saja kan? Agar kunjungan kamu ke Bali makin lengkap, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Bali untuk diberikan kepada keluarga atau teman. Tapi jangan membeli oleh-oleh di sembarang tempat, karena harganya bisa jadi lebih mahal dari harga seharusnya. Kira-kira dimana saja tempat belanja oleh-oleh yang bagus dan murah di Bali? Ini dia 10 tempat membeli oleh-oleh khas Bali rekomendasi IdnExplore.

1. Pasar Seni Sukawati

Tempat yang digunakan untuk melakukan interaksi antar pedagang dan pembeli untuk kegiatan tawar menawar ini menjadi salah satu pusat pasar seni terbesar di Bali. Pasar ini menyediakan banyak souvenir, dari baju khas bali which is called baju “barong”, aksesoris khas Bali, lukisan atau sesuatu yang memang mencirikan Bali.

Untuk harga, kalian tidak perlu khawatir karena para pedagang di pasar ini menawarkan harga yang cukup terjangkau. Eitss, tunggu dulu! Kalian juga bisa melakukan aksi tawar menawar saat membeli oleh-oleh di pasar Sukawati. Tempat nya yang strategis which is near from Ngurah Rai airport yang hanya menempuh waktu 45 menit untuk sampai, membuat banyak tamu dalam dan luar negeri berbondong-bondong untuk menginjakkan kaki mereka ke Pasar seni satu ini.

2. Pasar Ubud

Bagi kalian yang suka melihat pertunjukan seni, destinasi tempat yang harus kalian kunjungi adalah desa Ubud, karena desa Ubud dikenal dengan kentalnya nuansa seni, seperti seringnya Puri Agung Ubud mengadakan “balih-balihan” untuk memanjakan para tourist. Tapi, belum lengkap rasanya jika kalian ke Ubud tapi tidak mampir ke pasar Ubud.

Pasar Ubud juga dikenal sebagai pasar seni. Walau tak sebesar pasar Sukawati, pasar Ubud juga menyediakan barang-barang yang memperlihatkan ciri khas Pulau Bali, seperti tas ayaman, lukisan, patung, hingga pakaian khas Bali.

Untuk berbelanja di pasar ini, kalian harus berbekal air mineral atau camilan tapi yang paling penting adalah tenaga, karena pasar Ubud lumayan luas untuk di kelilingi. Trick untuk belanja di Pasar Ubud juga harus kalian ketahui, sebaiknya kalian rela berjalan kaki menuju area pasar bagian dalam untuk bisa menawar harga, karena biasanya pedagang pada barisan depan sedikit sulit untuk di tawar. Untuk datang ke tempat ini pun mudah, kalian hanya perlu mencari Puri Agung Saren Ubud, karena pasar Ubud tepat berada di depan Puri.

3. Pasar Kumbasari

Pasar yang berada di bawah naungan kabupaten Gianyar ini termasuk tempat yang recommended dan bagus untuk berburu oleh-oleh. Baju traditional khas Bali, aksesoris, hingga pernak-pernik khas Bali bisa kalian temukan di Pasar Kumbasari. Namanya juga pasar, ya pasti kalian bisa melakukan tawar menawar, jadi kalian tidak usah khawatir dengan harga barang yang dijual.

Untuk teknik belanja juga sebaiknya kalian membelinya dalam jumlah banyak, karena para pedagang akan memberikan harga yang jauh lebih murah daripada kalian membelinya dengan rasio satuan.

4. Pasar Legian Kuta

Mendengar kata Kuta, apa yang akan kalian pikirkan pertama kali? sudah pasti pantai pasir putih nya kan? benar sekali. Pantai Kuta memang sangat terkenal bagi para wisatawan domestik maupun international. Namun, tak hanya pantai, di Kuta juga terdapat satu spot yang enak untuk dijadikan ajang berburu souvernir atau handicraft.

Pasar ini cocok untuk kamu yang memiliki style agak unik, karena pasar Legian menyediakan barang-barang dengan konsep unik pula seperti bermacam-macam kaos dengan gambar nyentrik. Alih-alih berbelanja untuk oleh-oleh, biasanya para tamu membeli pakaian di pasar ini untuk dipakainya langsung selama berlibur di Bali.

5. Pasar Badung

Pasar yang baru-baru ini di resmikan oleh Presiden RI. Joko Widodo ini menjadi salah satu pasar termegah di Bali dan terlengkap di Bali. Itu karena, semua barang yang ingin kalian cari ada di pasar ini. Mulai dari bahan masakan, aksesoris, peralatan upacara hingga peralatan seni. Memang tak banyak turis asing yang mengunjungi pasar ini, tetapi kepopulerannya tidak bisa di pandang sebelah mata.

Harga-harga yang di tawarkan pedagang di pasar Badung relatif terjangkau, dan bisa dipastikan sekali masuk pasar semua keperluan pasti tersedia, dan kalian tak perlu menuju pasar selanjutnya untuk mencari barangm karena sudah terpenuhi jika kalian berbelanja di pasar Badung. Disarankan untuk membeli barang dengan jumlah lusinan, jika kalian ingin mendapatkan harga lebih murah.

6. Krisna Oleh-oleh

Jika kalian bosan dengan Pasar, maka tempat oleh-oleh satu ini terlihat seperti Mall, yaitu Krisna Oleh-oleh. Hanya menempuh waktu 5 menit dari Airport, kalian bisa sampai pada spot ini, spesifiknya terdapat pada Jalan Raya Tuban, Kuta.

Tempat ini menjadi salah satu pusat oleh-oleh terbesar dan terlengkap di Bali. Dimulai dengan makanan, minuman alat kecantikan, souvenir hingga pakaian khas bali dijual disini. Yang paling unik, kalian bisa menjumpai varian kopi khas Bali, seperti Kopi Mangsi, Kopi Kintamani, dan Kopi Bali Spirit. Tak bisa dibayangkan kan, jika belanja disini? Selain berada di dekat Bandara, kini Krisna Oleh-oleh telah membuka cabang diantaranya adalah Kota Denpasar dan Singaraja.

7. Joger

Tempat belanja selanjutnya adalah Joger. Hemm! dari namanya saja sudah unik bukan? Jika begitu, tentu saja semua barang yang di suguhkan juga mempunyai keunikkan nya masing-masing. Salah satu tempat belanja yang berada di Luwus, Kabupaten Tabanan ini menjual barang-barang yang unik, dimulai dari jenis warna sandal yang berbeda untuk kaki kiri dan kanan, berbentuk kaki, dan T-shirt yang mempunyai tulisan “memoriable”.

Jadi tak salah jika anak- anak remaja yang berlibur ke Bali selalu mendatangi Joger untuk destinasi belanja mereka. Tenang saja, cukup dengan berbekal uang Rp.100.000 kalian sudah bisa membawa pulang beberapa baeang loh!

8. Galuh Art Shop

Nah, jika kalian berlibur ke Bali jangan lupa untuk singgah ke Jalan Raya Batubulan, Gianyar, karena terdapat pusat Batik terbesar di Bali, yaitu Galuh Art Shop. Berbagai macam jenis batik dapat kalian temui disini. Untuk masalah harga, Galuh Art menawarkan harga yang lumayan terjangkau dengan kualitas yang tinggi. No word “Regret” jika kalian membeli Batik di galuh Art Shop ini.

9. Celuk

Ingin mendapatkan sesuatu yang berkilau saat berada di Bali? mungkin kalian bisa mendatangi tempat ini. Celuk adalah salah satu tempat yang memperdagangkan kerajianan perak, batu akik, dan batu mulia. Karena semua itu bisa kalian dapatkan di Celuk. Namun, jika kalian merasa harga barang di Celuk ini mahal, kalian harus bisa bernegosiasi secara pandai dengan pedagang yang di bantu menggunakan trick-trick jitu menawar yang bisa kalian akses di smartphone kalian.

10. Bali Pulina

Untuk destinasi satu ini, Bali Pulina memang letaknya jauh dari Ngurah Rai Airport yang menempuh perjalanan 3 jam untuk sampai. Tempat ini terletak di Bali Utara tepatnya Kabupaten Buleleng. Tapi kalian tidak akan menyesal, khususnya pecinta kopi, karena Bali Pulina menyediakan kopi khas Bali dan Luwak yang di bondrol dengan harga sangat terjangkau.

Kalian juga bisa ikut alih dalam proses pembuatan kopi, sehingga liburan kalian ada manfaatnya kan. Liburan dapat, ilmu apa lagi. Jadi, sangat menyenangkan bukan?

Itulah 10 tempat belanja oleh-oleh di Bali yang wajib kalian kunjungi, ke Bali tanpa membawa handicraft itu sama saja dengan kebun tanpa bunga, hampa. Jadi buruan datangi tempat yang menurut kalian cocok sebelum menyesal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *