Info Yang Perlu Kamu Ketahui Seputar Gili Trawangan

Gili Trawangan, Lombok

3 bulan lalu

Siapa yang tidak mengenal salah satu tempat wisata terindah di Lombok ini, bahkan tempat ini sudah dikenal dikalangan para wisatawan lokal maupun mancanegara tempat wisata ini bernama Gili Trawangan. Gili Trawangan adalah yang terbesar dari ketiga pulau kecil yang terdapat di sebelah barat laut Lombok, pulau ini memiliki panjang 3 km dan lebar 2 km dengan jumlah populasi sekitar 800 jiwa. Pulau ini memiliki keunikan sendiri yaitu di pulau ini kita tidak akan mendengar suara kendarangan bermotor karena memang sudah menjadi aturan dari masyarakatnya. Karena tidak ada kendaraan bermotor disini tentunya membuat pulau ini memiliki udara yang masih segar dan pemandangan alamnya yang tentu saja menakjubkan.

Sejarah Gili Trawangan

Gili Trawangan

Photo via aworldwithinreach.com

Dahulu pulau ini pernah dijadikan tempat pembuangan atau pengasingan narapidana karena pada waktu itu semua penjara sedang penuh. Raja yang waktu itu berkuasa membuang 350 orang pemberontak Sasak ke pulau ini dan baru tahun 1970-an pulau ini dijadikan tempat persinggahan orang-orang Bugis dari Sulawesi yang kemudian menetap turun-temurun disini bersama warga Sasak dan Bali. Di Gili Trawangan ini ada aturan tersendiri yaitu hukuman berat bagi pencuri dengan sanksi yang tidak akan terlupakan seumur hidup. Jika seseorang baik penduduk lokal maupun para wisatawan tertangkap mencuri. Mereka akan diarak keliling pulau oleh security island dan membawa kalung tertulis “Saya Pencuri” setelah diarak mereka tidak diijinkan lagi tinggal di Gili Trawangan.

Lokasi Gili Trawangan

Lokasi dari Gili Trawangan ini berada di Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Gili Trawangan ini juga menjadi destinasi utama yang berada di Pulau Lombok selain Gili Air dan Gili Meno. Gili Trawangan ini memiliki panjang 3 km dan lebar 2 km sehingga kamu bisa mengelilinginya dengan mudah baik itu menggunakan sepeda maupun berjalan kaki, namun untuk kamu yang memilih untuk berjalan kaki kamu bisa menghabiskan waktu kurang lebih selama  jam untuk mengitari pulau ini.

Cara Menuju Ke Gili Trawangan

Info Terlengkap Gili Trawangan - Cara Menuju Gili Trawangan

Photo via bali-indonesia.com

Ada banyak cara yang bisa kamu pilih untuk ke Gili Trawangan ini :

  • Dari Lombok Ke Gili Trawangan

    Setelah landing di Bandara Internasional Lombok berangkatlah ke pelabuhan bangsal atau teluk nara dan menyeberang ke Gili Trawangan. Di Pelabuhan Bangsal ini kamu bisa memilih transportasi apa yang akan kamu gunakan
    1. Kapal kayu memiliki tarif sekitar Rp. 15.000/orang dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit dan biasanya harus menunggu kapal penuh terlebih dahulu.
    2. Fast boat memiliki tarif sekitar Rp. 85.000/orang dengan wakt tempuh kurang dari 10 menit saja.

  • Dari Bali Ke Gili Trawangan

    Wisatawan yang tinggal di Bali dan ingin menikmati pesona Gili Trawangan bisa memesan keberangkatan fast boat dari Pelabuhan Serangan Bali dan Pelabuhan Padang Bai. Keberangkatan dari Pulau Serangan menuju Gili Trawangan akan memerlukan waktu sekitar 2,5 jam dan memerlukan waktu 1,5 jam dari Pelabuhan Padang Bai. Untuk harganya sendiri bisa dikatakan cukup mahal sekitar Rp. 500 – Rp. 800 ribu/ orang sekali jalan.

Transportasi Di Gili Trawangan

Info Terlengkap Gili Trawangan - Transportasi Di Gili Trawangan

Photo via : http://www.gili-hotels.com

Gii Trawangan ini terbilang tempat wisata unik karena disini terdapat larangan menggunakan motor atau segala jenis kendaraan bermesin. Sehingga transportasi yang disediakan di pulau ini hanyalah Cidomo atau Andong, dimana Cidomo ini adalah kereta yang ditarik dengan kuda. Cidomo ini dikelola oleh koperasi cidomo dan hanya 35 cidomo saja yang beroperasi di Gili Trawangan ini. Harga dari cidomo ini akan jauh lebih malah ketika musim ramai atau high season. Selain cidomo, di Gili Trawangan kamu juga bisa menyewa sepeda sebaga alat transportasi selama ada di Gili Trawangan.

Aktivitas Di Gili Trawangan

Ada banyak sekali aktivitas menyenangkan yang bisa kamu lakukan di Gili Trawangan ini, berikut ini beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di Gili Trawangan :

1. Berenang

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Gili Trawangan tidak menikmati jernihnya air di pantainya. Disini kamu bisa berenang sambil menikmati keindahan pantai Gili Trawangan. Namun hal yang harus kamu ingat, jangan sampai kamu berenang jauh ke tengah apalagi sampai melewati rambu-rambut yang ada karena tentu saja hal itu sangat berbahaya.

2. Menyelam

Tidak lengkap rasanya jika kamu ke Gili Trawangan belum menikmati keindahan bawah lautnya. Jika kamu memiliki sertifikat menyelam, kamu bisa mencoba aktivitas diving di pantai dan rasakan berenang diantara ikan-ikan kecil dan terumbu karang yang cantik. Tapi jika kamu tidak memiliki setifikat menyelam, kamu masih bisa menyelam asalkan menjalani kursus singkat di discovery scuba diving.

3. Watersport

Watersport di Gili Trawangan

Photo via Vizitrip.com

Aktifitas satu ini memang tidak bisa kamu lewatkan saja jika berkunjung ke Gili Trawangan. Disini kamu bisa mencoba menaiki banana boat, jet sky dan lainnya, pastinya akan menyenangkan jika melakukan watersport bersama orang tersayang.

4. Berkuda

Disini kamu juga bisa mengendarai kuda, di Gili Trawangan juga ada tempat pacuan kuda dimana yang terkenal adalah sunset stables dan stud tables. Kamu bisa menikmati alam di Gili Trawangan sambil mengendarai kuda dan untuk kamu yang berminat berkuda kamu harus menyediakan uang sebesar Rp. 250.000/jamnya.

5. Bersepeda

Bersepeda di Gili Trawangan

Photo via jarijariratih.wordpress.com

Hal yang tak boleh kamu lupakan juga jika ke Gili Trawangan yaitu bersepeda, kamu bisa menyewa sebuah sepeda dan menyusuri tepi pantai sambil memandang deburan ombak. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa bersepeda sambil menunggu sunise atau sunset yang pastinya akan sangat menyenangkan.

6. Naik Cidomo

Cidomo di Gili Trawangan

Photo via Syakirurohman.Net

Tak lengkap rasanya jika ke Gili Trawangan belum mencoba Cidomo, kamu bisa mengelilingi Gili Trawangan di sore hari dengan cidomo dan menikmati pemandangan sore hari diatas kereta kuda bersama keluarga atau teman-teman.

7. Berjalan Kaki

Tak ada salahnya juga kamu menikmati keindahan alam Gili Trawangan dengan berjalan kaki, selain kamu bisa berolahraga kamu juga bisa menghirup udara segar tanpa polusi. Kamu bisa berjalan kaki menuju pantai dan menyusuri tepi pantai ditemani dengan deburan ombak.

8. Wisata Kuliner

Di Gili Trawangan kamu tak hanya bisa menikmati pemandangan alamnya saja, kamu juga bisa mencoba makanan enak yang ada disini. Kamu bisa mencoba berjalan-jalan ke cafe untuk berburu makanan enak dan disini kebanyakan makanan yang dijual adalah makanan asing. Tapi jika kamu tidak menyukainya kamu bisa berjalan-jalan di tempat yang banyak terdapat pedagang kaki lima.

9. Berfoto

Buat kamu yang suka mengabadikan momen tentu saja berfoto menjadi salah satu aktifitas yang wajib kamu lakukan. Dengan berfoto kamu bisa mengabadikan perjalanmu ke Gili Trawangan yang nantinya akan menjadi kenangan ketika kamu meninggalkan tempat ini.

Tempat Wisata Menarik Di Gili Trawangan

Sebagai salah satu tempat wisata yang paling banyak diincar para wisatawan, tentunya Gili Trawangan memiliki berbagai macam spot menarik yang wajib dikunjungi ketika berlibur kesini. Berikut ini spot menarik di Gili Trawangan

1. Pantai

Pantai Gili Trawangan

Photo via baliekajaya.com

Destinasi yang tak boleh dilewatkan ketika ke Gili Trawangan tentunya kawasan pantainya. Pantai di Gili Trawangan ini memiliki warna pasir yang putih bersih dan airnya yang sangat jernih. Selain itu, kita juga bisa melihat biota lautnya yang sangat cantik-cantik. Jika tidak ingin berbasah-basahan di pantainya, kamu bisa bersantai di pesisir pantainya sambil menikmati panorama indahnya Gunung Rinjani dan Gunung Agung dari kejauhan.

2. Konservasi Penyu

Di sini juga terdapat konservasi penyu yang tidak jauh dari pelabuhan. Disini kamu bisa melihat pemeliharaan penyu dan proses pelepasan penyu ke laut lepas. Umumnya ketika penyu di lepaskan akan diselenggarakan semacam upacara adat yang pastinya menarik untuk diikuti.

3. Dunia Bawah Laut

Snorkeling di Gili Trawangan

Photo via funlifetraveling.blogspot.com

Selain berenang di pantai, buat kamu yang suka kegiatan snorkeling dan diving tentu saja melihat dunia bawah laut Gili Trawangan tidak boleh di lewatkan. Disini terdapat layanan diving berlisensi internasional sehingga akan sangat mudaj mencari pemandu dan peralatan menyelam yang kamu perlukan. Disini pun terdapat sejumlah spot menyelam yang cukup terkenal seperti jack point, halik reef, shark point, coral fan garden, bounty reef, simon reef, trawangan slope dan juga turbo. Namun buat kamu yang tidak ingin melakukan diving kamu bisa menikmati biota laut di Gili Trawangan dengan cara snorkeling.

4. Sunset View

Tak lengkap rasanya jika ke Gili Trawangan belum menyaksikan pesona sunset yang banyak disukai para wisatawan. Di Gili Trawangan memiliki satu tempat yang sangat indah untuk menikmati sunset ini dan tempat ini bernama sunset view. Tempat ini berada di sebelah bara pulau dan kamu bisa berjalan kaki, atau bersepeda ke tempat ini. Tempat ini memang salah satu tempat untuk bersantai sambil menikmati sunset.

5. Open Air Cinema

Open Air Cinema - Gili Trawangan

Photo via traveloka.com

Menonton film di dalam ruangan tentu saja sudah menjadi hal yang biasa, namun bagaimana jika menonton film di pinggir pantai? Di Gili Trawangan terdapat salah satu pantainya yang menawarkan menontoon film di pinggir pantai. Film yang disediakan ada yang dalamm bentuk layar lebar dan ada juga yang dalam bentuk TV dengan jenis film yang cukup komplit dan bisa dipilih oleh pengunjung. Menariknya lagi, menonon film di pinggir pantai Gili Trawangan ini tidak akan dikenakan biaya apapun, baik biaya masuk dan tiket nonton. Kebanyakan tempat akan menggratiskan dan pengunjung hanya perlu membeli minuman hanya untuk dapat masuk kesana.

6. Presean atau Stick Fighting

Presean atau Stick Fighting adalah sebuah seni beladiri tradisionald ari masyarakat suku Sasak asli di Nusa Tenggara Barat. Kesenian ini bisa kamu saksikan di sekitar pasar seni karena tidak akan bisa dilihat di tempat lain. Disini kamu bisa menyaksikan pertunjukkan bela diri, akan ada dua orang petarung yang disebut dengan Pepadu dalam bahasa Sasak dan Pakembar istilah untuk sang wasit. Papadu ini akan membawa sebuah tongkat rotan dan Ende atau tameng yang terbuat dari kulit. Bisa dibilang kesenian bela ini berada di tingkat extrim dan selama pertunjukan berlangusng akan ada musik tradisional Lombok untuk mengiringinnya. Untuk petarungnya sendiri tentunya bukan petarung biasa karena mereka orang terbaik yang dipilih oleh suku Sasak sendiri. Tak hanya itu saja mereka yang bertarung juga cukup sering terluka serius. Sesungguhnya, kesenian ini adalah salah satu upacara tradisional yang juga cara untuk meminta hujan. Konon, semakin lebatnya hujan yang turun itu karena semakin banyaknya darah yang tertumpah.

Fasilitas dan Akomodasi Di Gili Trawangan

Info Terlengkap Gili Trawangan - Fasilitas dan Akomodasi Di Gili Trawangan

Photo via : https://www.booking.com

Bisa dikatakan fasilitas di Gili Trawangan ini cukup lengkap, disini sudah ada tempat makan, penyewaan sarana, mini market, ATM dan penginapan. Untuk ATM sendiri ada beberapa ATM yang disediakan oleh bank-bank yang ada di Indonesia sehingga kamu tidak perlu khawatir jika tidak membawa uang. Di Gili Trawang ini trdapat ATM BCA, BNI, BRI, Mandiri, CIMB Niaga, Bank Commonwealth dan Bank Danamon. Dan penginapannya sendiri disini terdapat banyak pilihan mulai dari hotel yang murah hingga hotel berbintang pun ada di Gili Trawangan, sehingga kamu bisa menyesuaikan tempat menginap dengan budget yang kamu miliki.

Bagaimana tertarik menghabiskan liburan ke Gili Trawangan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *