Info Terlengkap Seputar Nusa Penida

4 bulan lalu

Siapa yang tidak mengenal pulau satu ini yaitu Nusa Penida, Nusa Penida berada di Kabupaten Klungkung Bali dimana pulau ini terletak di sebelah tenggara Bali yang dipisahkan oleh Selat Badung. Disekitar Nusa Penida ini terdapat juga pulau-pulau kecil yaitu Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Nusa Penida ini memiliki kondisi tanah perbukitan dan kapur karang, selain itu pulau ini juga memiliki gunung bukit tertinggi bernama Gunung Mundi yang terletak di Kecamatan Nusa Penida. Untuk sumber air disini mengandalkan mata air dan air hujan yang ditampung dalam cubang oleh penduduk setempat. Selain itu, daerah ini juga tidak terdapat sungai, karena sungai hanya ada di wilayah daratan Kabupaten Klungkung. Infrastruktur wisata dan pengembangan akses ke lokasi di Nusa Pendia ini juga sudah mulai tumbuh dan sudah mulai ada banyak perubahan sejak 10 tahun belakangan ini. Secara administratid, kecamatan di Kabupaten Klungkung ini terdiri dari 4 kecamatan besar yaitu Kecamatan Klungkung, Kecamatan Banjarangkan, Kecamatan Dawan dan Kecamatan Nusa Penida. Kecamatan Nusa Penida ini terdiri dari tiga kepulauan yaitu Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan yang terdiri dari 16 Desa Dinas.

Sejarah Nusa Penida

Info Terlengkap Nusa Penida - Nusa Penida

Photo via journeyera.com

Sejarah Nusa Penida sangat unik karena pulai ini adalah lokasi ditempatkannya tahanan dinasti Gelgel yang dipenjarakan pada awal abad ke-18 saat masa penguasaan Kerajaan Majapahit. Dinasti Gelgel ini sebenarnya adalah salah satu Kerajaan di Pulau Bali yang diketahui pernah menguasai Lombok. Seiring dengan runtuhnya peradaban Majapahit, Nusa Penida tidak lagi menjadi lokasi pemasyarakatan. Penduduk disini mulai bercocok tanam dan tanaman yang banyak dibudidayakan adalah padi gage atau padi yang tumbuh di ladang. Padi gage ini adalah komoditas yang paling banyak dijumpai di Nusa Penida karena Nusa Penida adalaj daerah yang kering dan intensitas hujannya tidak seperti di daerah Bali lainnya. Tak hanya sebagai petani, masyarakat disini juga berprofesi sebagai nelayan dengan hasil utama mereka ikan dan budidaya rumput laut. Pada tahun 1990-an, Nusa Penida banyak dirilik oleh para investor dengan dibangunnya dermaga untuk bersandarnya beberapa kapal yang mengangkut para wisatawan untuk menikmati keindahan pulau ini. Seiring dengan berjalannya waktu, banyak fasilitas yang dibangun disini seperti hotel dan villa. Selain itu kapal pesiar mewah juga sering bersandar disini yang membawa para wisatawan untuk menikmati keindahan pulau Nusa Penida ini. Saat ini akses ke Nusa Penida sudah memadai dan juga banyak objek wisata yang bermunculan dan yang paling banyak peminatnya adalah pantai karena dulunya terisolir dan sekarang ini sudah mudah di akses.

 

Lokasi Nusa Penida

Nusa Penida ini termasuk dalam wilayah administratif kecamatan Nusa Penida yang juga meliputi Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Luas Kecamatan ini hampir sepertiga dari luas Kabupaten Klungkung sedakan luas Nusa Penida adalah 202.84 km².

 

Cara Menuju Nusa Penida

Info Terlengkap Nusa Penida - Cara Menuju Nusa Penida

Photo via water-sport-bali.com

Buat kamu yang ingin berkunjung ke Nusa Penida sebaiknya berangkat dari pulau Bali dan cara terbaik menuju ke Nusa Penida adalah melewati jalur laut. Di Bali sendiri ada 4 pelabuhan atau dermaga yang bisa kamu jadikan pilihan untuk menuju ke Nusa Penida. Berikut ini beberapa rute keberangkatan yang bisa kamu gunakan

  1. Pelabuhan Padang Bai

    Jika kamu memilih berangkat dari pelabuhan Padang Bai, kamu bisa menggunakan kapal ferry besar yang dapat mengangkut kendaraan kamu. Dan dibutuhkan waktu perjalanan selama 1 jam dan kapal akan berlabuh di pelabuhan utama Nusa Penida.

  2. Pelabuhan Pantai Kusamba Klungkung

    Kamu yang memilih berangkat dari pelabuhan pantai Kusamba, kamu bisa menggunakan perahu tradisional berjenis sampan dengan durasi perjalanan selama 1 jam dan akan berlabuh di pelabuhan Toya Pakeh.

  3. Pelabuhan Pantai Sanur

    Kebanyakan wisatawan biasanya memilih Pantai Sanur untuk berangkat ke Nusa Penida. Disini ada berbagai macam transportasi yang bisa kamu gunakan antara sampan atau fast boat. Ada banyak sekali fast boat yang bisa kamu pilih disini.

  4. Pelabuhan Benoa

    Untuk kamu yang memiliki keuangan yang cukup banyak kamu bisa memilih pelabuhan Benoa untuk menuju ke Nusa Penida. Di pelabuhan benoa ini kamu bisa menggunakan kapal Quicksilver.

 

Transportasi di Nusa Penida

Info Terlengkap Nusa Penida - Transportasi Di Nusa Penida

Photo via bali-indonesia.com

Kamu tidak perlu khawatir tentang transportasi sesampainya di Nusa Penida, karena di Nusa Penida sendiri sudah menyediakan transportasi darat untuk mobilitas ekonomi penduduk dan wisatawannya. Disini kamu bisa menyewa motor atau sewa mobil yang sudah include dengan sopirnya plus BBM, biasanya penyewaan transportasi ini berada di setiap dermaga pelabuhan yang ada di Nusa Penida. Akses jalan di Nusa Penida belum teraspal dengan baik karena pembangunan akses jalan masih dalam tahap pembenahan dan proses. Selain itu disini tidak ada Bus karena jalan di Nusa Penida belum begitu besar. Untuk kenyamana dan keselamatan lebih direkomendasikan untuk menyewa sebuah mobil dan supir.

 

Berbagai Aktivitas Yang Bisa Dilakukan di Nusa Penida

Info Terlengkap Nusa Penida - Aktivitas Di Nusa Penida

Photo via beautifulnusapenida.com

Ada banyak sekali aktivitas yang bisa kamu lakukan saat berada di Nusa Penida, berikut ini aktivitas yang bisa kamu lakukan di pulau yang indah ini

  1. Scuba Diving

    Buat kamu yang ingin melihat keindahan alam bawah laut Nusa Penida, kamu bisa melakukan scuba diving. Sebelum melakukan scuba diving kamu juga harus bisa berenang terlebih dahulu dan di Nusa Penida ada banyak sekali agen wisata yang menyediakan paket diving.

  2. Snorkeling

    Aktifitas snorkeling di Nusa Penida

    Photo via thenusapenida.com

    Keindahan alam bawah laut Nusa Penida memang dikatakan terbaik dan cocok untuk melakukan diving. Tapi buat kamu yang tidak bisa berenang kamu bisa memilih untuk melakukan snorkeling saja. Ada banyak sekali spot yang bisa digunakan untuk snorkeling disana.

  3. Berenang

    Nusa Penida dikenal memiliki pantai-pantai yang indah, air laut yang berwarna biru terang dengan air yang bening ditambah dengan pemandangan sekitar yang indah tentu saja membuat siapa saja tersihir. Rasanya tidak lengkap jika kamu berkunjung ke Nusa Penida tanpa berenang di pantainya. Maka dari itu bawalah baju ganti ketika kamu berkunjung ke Nusa Penida.

  4. Berburu Sunset

    Berburu sunset di Nusa Penida

    Photo by Basic Home Productions via videoblocks.com

    Pantai di Nusa Penida tidak hanya indah pada saat matahari terbit saja, namun saat matahari terbenam pun pantai tersebut tetap cantik. Biasanya ketika berlibur ke pantai tak lengkap rasanya jika belum melihat sunset. Di Nusa Penida ada banyak sekali spot menarik untuk melihat sunset. Kamu bisa duduk di tepi pantai, naik ke atas bukit teletubies atau pergi ke tempat lainnya.

  5. Berselancar (Surfing)

    Surfing di Nusa Penida

    Photo via 7travel.com.au

    Rasanya kurang lengkap ke Nusa Penida tanpa mencoba olahraga airnya seperti surfing. Buat para oencinta surfing kamu harus mencoba olahraga air ini di Nusa Penida karena disini terkenal memiliki spot terbaik untuk surfing. Disini terdapat PlayGrounds, laceration sport sebagai spot surfing yang menantang adrenalin.

  6. Outbound

    Tak ada salahnya kamu sekali-kali bersama teman-teman melakukan outbond dan kamu bisa melakukan hal tersebut di Nusa Penida. Kamu bisa melakukan outbound di pantai Crystal Bay yang memiliki pasir pantai yang putih.

  7. Bermain Watersport

    Aktifitas watersport di Nusa Penida

    Photo via baliseaview.com

    Sama seperti di Tanjung Benoa, Nusa Penida juga memiliki beberapa watersport namun tentunya jumlahnya tidak sebanyak yang ada di Tanjung Benoa. Disini kamu bisa mencoba menaiki banana boat, parasailing, jet sky, flying fish dan lainnya.

  8. Melihat Budidaya Rumput Laut

    Mata pencaharian penduduk Nusa Penida adalah nelayan dan busisaya rumput laut. Disini kamu bisa melihat budidaya rumput laut dan bisa langsung melihat bagaimana cara petani mengolah rumput laut dan membuatnya menjadi suatu hal yang lebih bermanfaat.

  9. Tur Kapal Di Nusa Penida

    Di Nusa Penida kita bisa naik kapal yang berkeliling disekitar Nusa Penida, Nuda Lembongan dan Nusa Ceningan. Di dalam kapal tersebut bisa menampung 20 orang wisatawan saja dan untuk biayanya sendiri tergolong mahal namun hal ini menjadi kegiatan yang seru.

  10. Berendam

    Di Nusa Penida kamu juga bisa berendam, tempatnya di air terjun Guyangan yang bisa ditempuh dengan perjalanan sekitar 1 jam dari Pelabuhan Kapal Roro. Tempat ini berada di tempat yang curam sehingga buat kamu yang ingin berendam harus memiliki nyali yang besar untuk melangkahkan kaki. Di kolamnya ini kamu bisa berendam sambil melihat pemandangan hamparan laut yang indah.

  11. Berkunjung Ke Goa Giri Putri

    Goa Giri Putri, Nusa Penida

    Photo via instagram.com/eatmad1974

    Goa Giri Putri merupakan salah satu goa yang sudah ada sejak zaman Neolitikum. Goa ini menjadi yang terbesar di kawasan Nusa Penida dimana dapat menampung sekitar 5 ribu orang. Goa Giri Putri ini sangat unik karena memiliki pintu masuk yang sempit namun orang dewasa tetap bisa melewatinya. Karena Goa Giri Putri ini sangat disakralkan sehingga kamu harus mengikuti aturan disini.

 

Tempat Wisata Menarik Di Nusa Penida

Jika berbicara tentang tempat wisata di Bali tentunya ada banyak sekali, hal ini pun juga berlaku untuk Nusa Penida. Di Nusa Penida ada banyak sekali tempat wisata yang menarik dan wajib kamu kunjungi ketika berkunjung kesini. Mungkin ada beberapa diantaranya pernah kamu lihat di media sosial. Nah, berikut ini tempat wisata menarik di Nusa Penida

  1. Banah Cliffs

    Banah Cliff, Nusa Penida

    Photo via instagram.com/incyvincyspider

    Banah Cliff adalah salah satu tempat wisata di Nusa Penida dimana tempat ini sebuah batu karang bolong yang bentuknya seperti donat dan memiliki ketinggian mencapai 200 meter. Banah Cliff ini berada di tengah laut yang memiliki air yang jernih dan ombah yang tenang, selain itu diatas Banah Cliffs ini ditumbuhi dengan tumbuhan hijau. Disini juga kamu bisa melihat kawanan ikan pari yang berenang karena kawasan ini memang menjadi habitat para ikan pari.

  2. Tembeling Natural Pool

    Tembeling Natural Pool, Nusa Penida

    Photo via instagram.com/shabbashugz

    Temeling Natural Pool enjadi salah satu tempat wisata yang harus kamu kunjungi ketika kamu ke Nusa Penida. Tempat ini berada di tengah hutan yang masih terjaga keasriannya. Untuk mencapai tempat ini memang tidak mudah, medan jalan curam, licin dan terjal. Satu yang tidak boleh dilanggar disini yaitu kolam besar hanya boleh digunakan oleh laki-laki saja dan kolam yang kecil boleh digunakan oleh perempuan.

  3. Pasih Uug (Broken Beach)

    Broken Beach, Nusa Penida

    Photo via instagram.com/the_honeymoonlusters

    Pasih Uug atau yang dikenal Broken Beach adalah sebuah laguna alami yang terbentuk dari proses alam dimana daratan disekitar perbukitan dibibir pantai amblas. Daerah yang amlas tersebut lalu diisi oleh air laut yang berasal dari celah dibawah tebing. Tempat ini menjadi salah satu tempat yang paling banyak pengunjungnya.

  4. Angel Billabong

    Angel Billabong adalah sebuah kolam yang tercipta secara alami dan disini kita bisa berendam ayau berenang sambil menyaksikan keindahan pantai yang berwarna biru dan air yang jernih. Tempat wisata ini juga menjadi tempat yang banyak dikunjungi para wisatawan lokal maupun mancanegara.

  5. Pantai Kelingking (Kelingking Beach)

    Kelingking Beach, Nusa Penida

    Photo via gotravelaindonesia.com

    Keindahan pantai ini mampu membuat para wisatawan rela mengantre hingga 1 jam hanya untuk berfoto. Jika dilihat pantai ini sekilas mirip dengan leher Tyannosaurus Rex atau T-Rex ada juga yang mengatakan pantai ini mirip dengan salah satu pantai di Yunani yaitu pantai Navagio. Sayangnya pantai ini tidak memiliki akses untuk turun kebawah sehingga para wisatawan hanya bisa menikmati keindahan pantai ini dari atas bukit Karang Dawa saja.

  6. Crystal Bay

    Buat kalian yang suka berenang, snorkeling dan diving kamu bisa datang ke Crystal Bay. Disini kamu bisa mencoba menyelam dan melihat-lihat biota laut dan karang yang indah-indah. Namun kalian harus hati-hati karena arus disana cukup kencang dan disini kalian harus dipandu oleh guide masing-masing.

  7. Pantai Atuh (Atuh Beach)

    Pantai ini bisa dikatakan mrip dengan Raja Ampat di Papua karena disini kalian bisa melihat pulau-pulau kecil yang ada disekitar pantai. Untuk menuju pantainya kalian harus menuruni anak tangga yang cukup curam, namun nantinya hal ini akan terbayar dengan pemandangan yang indah. Meskipun pantai ini bisa dikatakan cukup terpencil namun pengunjungnya cukup banyak.

  8. Pantai Diamond

    Pantai Diamond, Nusa Penida

    Photo via instagram.com/maemelalikenusapenida, instagram.com/fera1267

    Pantai diamond ini menjadi salah satu pantai terindah yang ada di Nusa Penida. Pantai ini tidak hanya dapat dinikmati dari atas saja, namun kita juga bisa kebawah menuju pesisirnya menikmati airnya dan pasirnya yang berwarna putih. Untuk menikmati itu semua tentuya kita harus menuruni anak tangga yang berada di sisi tebing yang cukup curam.

  9. Pantai Suwehan (Suwehan Beach)

    Pantai Suwehan (Suwehan Beach), Nusa Penida

    Photo via instagram.com/esmeclaa

    Untuk kamu yang menginginkan ketenangan kamu bisa datang ke pantai Suwehan karena pantai ini sangat jarang dikunjungi oleh wisatawan. Disini kamu bisa menikmati pantai seperti pantai pribadi, namun karena tempat ini tersembunyi akses jalan kesini belum memadai. Untuk mencapai lokasi ini kamu harus melewati jalan berbatu dan harus melalui tebing. Meskipun susah semuanya itu akan terbayar dengan pemandangan pantainya yang indah.

  10. Bukit Teletubbies

    Bukit Teletubies, Nusa penida

    Photo via instagram.com/pesonanp_travel, instagram.com/wanderwoman.id

    Bukit Teletubbies ternyata tidak hanya ada di luar pulau Bali saja, buktinya bukit teletubbies ini ada di Bali tepatnya di Nusa Penida. Sebelum dinamakan bukit Teletubbies, bukit ini bernama bukit pohon gamal karena banyaknya tumbuhan gamal yang ada disini. Bukit ini semakin terkenal semenjak banyak wisatawan yang berkunjung kesini dan mengupload fotonya ke akun media sosial.

  11. Pantai Andus (Smoky Beach)

    Pantai andus atau smoky beach adalah salah satu tempat wisata di Nusa Penida dimana tempat ini mirip dengan waterblow yang ada di Nusa Dua. Pantai ini dinamakan smoky bukan karena berasap namun karena pantai ini memiliki ombak yang sangat besar sehingga ketika menabrak batu karang air laut tersebut naik kedaratan yang menyerupai asap. Ombak besar ini bisa mencapai ketinggian 15 meter ketika menabrak karang.

  12. Manta Bay

    Manta Bay, Nusa Penida

    Photo via thenusapenida.com

    Manta Bay adalah salah satu spot snorkeling atau diving yang banyak digemari wisatawan dan disini kita juga kemungkinan dapat bertemu dengan ikan manta. Teluk ini sangat dangkal sehingga terkadang kita bisa melihat mata dari permukaan. Spot ini juga memiliki nilai plus karena kita bisa melihat Nusa Lembongan, Nusa Ceningan dan Nusa Penida.

  13. Mata Air Guyangan

    Mata Air Guyangan, Nusa Penida

    Photo via sportourism.id

    Ingin berendam ditemani dengan pemandangan yang indah di Nusa Penida? Datang saja ke mata air Guyangan, tempat ini berada di bibir tebing yang menghadap langsung ke laut. Karena lokasinya berada di bibir tebing sehingga untuk mencapainya kalian harus menuruni ratusan anak tangga yang dibangun menempel pada dinding tebing. Selain itu perjalan ini juga harus memiliki nyali yang besar dan kehati-hatian karena dibawah tebing curam ini deburan ombak Samudra Hindia yang luas menanti. Mengejutkannya lagi, anak tangga yang berjarak sekitar 450 meter ini memiliki sudut kemiringan hampir 80 derajat.

  14. Rumah Pohon Batu Molenteng Atuh Area

    Rumah Pohon Batu Melonteng, Nusa Penida

    Photo via instagram.com/ericandoko

    Tempat ini menjadi salah satu yang banyak dicari-cari para wisatawan, rumah pohon ini terbilang sederhana berdiri di atas sebuah pohon dan untuk mencapai atas rumah terdapat tangga yang terbuat dari kayu. Yang menarik dari rumah pohon ini adalah pemandangannya, kita dapat melihat pemandangan laut dan pantai atuh yang sangat indah. Pemandangan akan semakin indah ketika menjelang sunset karena dari atas rumah pohon kita bisa melihat sunset yang indah.

Fasilitas dan Akomodasi Di Nusa Penida

Info Terlengkap Nusa Penida - Fasilitas dan Akomodasi Di Nusa Penida

Photo via thenorthernboy.com

Fasilitas dan akomodasi di Nusa Penida bisa dikatakan cukup lengkap, disini terdapat penginapan, ATM, tempat makan dan mini market. Untuk penginapan disini kamu bisa memilih mulai dari harga yang murah hingga yang mahal pun ada. Sedangkan untuk ATM, disini hanya ada dua ATM yaitu ATM BRI dan ATM Mandiri.

Dengan berbagai keindahan tempat wisatanya, banyaknya aktifitas yang bisa dilakukan serta fasilitas yang cukup lengkap dan memadai di Nusa Penida, rasanya sayang banget jika kamu belum pernah mengunjungi salah satu destinasi wisata terbaik di Bali ini. Dijamin kamu akan mendapatkan pengalaman indah yang tak terlupakan. So tunggu apa lagi, segera persiapkan liburanmu ke pulau yang indah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *