10 Tempat Wisata Kuliner Magelang Hits Wajib Dicoba

Tempat Wisata Kuliner Magelang - Angkringan Mas Didot

6 bulan lalu

Berbicara mengenai sebuah tempat wisata seperti Jogja memang sudah biasa dan cukup populer. Jika kamu berjalan sedikit saja ke salah satu objek peninggalan bersejarah Borobudur kamu akan menemukan sebuah kota kecil bernama Magelang yang memiliki beragam destinasi wisata dan tempat wisata kuliner yang bisa kamu kunjungi. Sebenarnya di Magelang terdapat beberapa tujuan wisata yang cukup menarik namun memang belum banyak diketahui. Tapi kali ini kita tidak akan membahas destinasi wisata Magelang terlebih dahulu. Namun kita akan membahas tempat wisata kuliner Magelang yang benar – benar harus dicoba. Cita rasa makanan dan minuman yang ditawarkan sangat beragam dan lezat – lezat lho.

Mau tahu tempat wisata kuliner terbaik dan terkenal yang ada di Magelang? Langsung saja kita bahas satu persatu.

1. Tahu Pojok Magelang

Tempat Wisata Kuliner Magelang - Tahu Pojok Magelang

Tahu Pojok Magelang

Jika kamu pernah acara dari Almarhum Bondan Winarno, mungkin salah satu makanan khas Magelang yang bernama “Kupat Tahu” pernah muncul di sana. Dalam bahasa jawa “Kupat” berarti Ketupat dicampurkan dengan tahu yang ditambah bumbu sejenis kecap manis di dalamnya.

Salah satu warung Kupat Tahu paling terkenal dan menjadi pelopor di Magelang adalah Tahu Pojok. Tempat ini sudah sangat lama buka yaitu sejak tahun 1942. Mantan Presiden RI SBY bersama keluarga juga menjadi salah satu pelanggan setia wisata kuliner magelang ini.

Ciri khas dari hidangannya adalah bumbu legendaris yang bahkan sampai sekarang citarasanya masih tetap sama. Jika kamu datang di hari libur, siap – siap untuk mengantri panjang dan juga berdesak – desakan, karena tempat warung Tahu Pojok ini terbilang cukup sempit.

Alamat dan tempat tahu pojok ini cukup mudah ditemukan. Jika kamu datang dari arah selatan atau dari arah Jogja, kamu hanya perlu melihat kiri jalan sebelum lampu lalin di alun – alun kota Magelang. Warung tersebut berwarna Hijau.

Alamat Tahu Pojok Magelang: Jalan Tentara Pelajar, Cacaban, Kecamatan Magelang Tengah Kota Magelang.

Nama Menu Makanan Khas: Kupat Tahu.

2. Sop Senerek Bu Atmo

Tempat Wisata Kuliner Magelang - Sop Senerek Bu Atmo

Sop Senerek Bu Atmo

Ada satu tempat wisata kuliner yang bisa dibilang tidak terlihat dari jalan utama atau bisa dibilang salah satu tempat yang sulit ditemukan. Sop Senerek Bu Atmo adalah sebuah tempat makan yang menyajikan menu andalan senerek.

Mungkin dari kamu masih ada yang belum tahu apa itu sop senerek? Senerek adalah kata serapan Belanda yang diambil dari kata “Snert” yang berarti kacang polong. Awalnya hidangan ini menggunakan kacang polong yang kemudian berubah menjadi kacang merah.

Sop Senerek Bu Atmo sendiri sudah berdiri sejak tahun 1967. Jika kamu berada di Magelang tanya saja Sop Senerek Bu Atmo dan pasi kebanyakan orang akan bisa tahu dan menunjukkan jalan untuk kamu.

Alamat Sop Senerek Bu Atmo: Jalan Mangkubumi No 3, Cacaban, Kota Magelang.

Menu Khas Andalan: Sop Senerek.

3. Nasi Goreng Pak Yatno

Tempat Wisata Kuliner Magelang - Nasi Goreng Pak Yatno

Nasi Goreng Pak Yatno

Nah, mumpung kamu sedang berada di Magelang, kamu harus mencoba satu hidangan nasi goreng khas Magelang. Tapi kenapa nasi goreng? Bukannya nasi goreng dimana saja sama? Oke, di Kota yang terkenal dengan Kota Seribu Bunga ini sedikit berbeda penyajian nasi gorengnya.

Perbedaan pertama terletak pada penambahan mie, jadi nasi yang dicampur dengan mie dicampur menjadi satu hidangan. Kemudian perbedaan selanjutnya adalah di penggunaan garam, dimana di sini menggunakan garam cair.

Tidak heran jika kamu makan nasi goreng di Kota Magelang citarasanya seperti lebih “berair”. Berair di sini bukan karena berminyak namun karena garam yang digunakan dicampur dengan air. Salah satu nasi goreng paling terkenal di Magelang adalah Pak Yatno. Jadi pastikan mampir ke sini ya? Namun perlu diingat pak Yatno sendiri buka mulai sore hari tapi mungkin di jam 9 atau 10 malam sudah habis terlebih jika hari libur.

Alamat Pak Yatno Cabang 1: Jalan Mayjen Bambang Soegeng, Saragan, Banyurojo, Kecamatan Mertoyudan Magelang (depan Armada Town Square).

Alamat Pak Yatno Cabang 2: Jalan Jogja – Magelang, Japunan, Danurejo, Mertoyudan, Magelang

Menu Khas: Bakmi Jawa dan Nasi Goreng

4. Nasi Lesah

Tempat Wisata Kuliner Magelang - Nasi Lesah

Nasi Lesah

Menikmati keindahan malam di sebuah daerah memang tidak ada salahnya, di sini kamu bisa menikmati tempat wisata kuliner Magelang di malam hari yang bernama Nasi Lesah. Salah satu makanan khas Magelang ini harus kamu coba jika berkunjung ke kota ini.

Nasi Lesah adalah sebuah hidangan seperti soto namun menggunakan kuah santan yang gurih. Biasanya makanan satu ini hanya tersedia di malam hari. Salah satu tempat paling terkenal yang menjual hidangan Nasi Lesah adalah Pak Badut.

Di sini kamu bisa bisa menikmati hidangan nasi leash ditemani dengan mendoan, tahu bacem, ataupun tempe bacem yang sangat menggugah selera.

Alamat Nasi Lesah Pak Badut: Jalan Singosari No 16, Rejowinangun Selatan, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang.

Makanan khas: Nasi Lesah

5. Gethuk Tiga Warna

Tempat Wisata Kuliner Magelang - Gethuk Tiga Warna

Gethuk Tiga Warna

Salah satu kuliner magelang atau tempat wisata kuliner yang sangat terkenal di sini adalah Gethuk. Jajanan khas ini sangatlah enak dan juga cukup bisa mengganjal perut. Nah, gethuk dari daerah magelang ini memiliki cirri khas yang unik.

Ciri khasnya adalah warna belang dengan tiga warna yang berbeda. Awalnya gethuk tiga warna ini dijajakan di pasar tradisional namun kemudian dipopulerkan oleh salah satu brand yang sangat terkenal bernama Gethuk Trio. Kemudian mulai muncul sentra pusat penghasil gethuk tri warna lainnya.

Untuk masalah alamat sendiri sebenarnya pusat dari Gethuk Trio terletak di jalan Mataram No 47 Magelang. Namun kamu bisa menemukan oleh – oleh khas Magelang ini di sepanjang kota Magelang.

6. Keripik Tahu

Tempat Wisata Kuliner Magelang - Keripik Tahu

Keripik Tahu

Selain gethuk, keripik tahu juga menjadi salah satu jajanan yang bisa dijadikan oleh – oleh saat berada di Magelang. Di salah satu daerah bernama Trunan, merupakan penghasil tahu yang ada di Magelang. Masyarakat daerah sana mulai mempopulerkan jajanan ini dan hingga sekarang menjadi salah satu oleh – oleh khas Magelang yang harus kamu bawa pulang.

Ada salah satu tempat yang menjual kerpik tahu yang bisa kamu kunjungi di jalan Jendral Sudirman No 276, Tidar Selatan, Kecamatan Magelang Selatan.

7. Angkringan Mas Didot

Tempat Wisata Kuliner Magelang - angkringan mas didot

Angkringan Mas Didot

Magelang juga menawarkan sebuah wisata kuliner hits yang bisa kamu jadikan tempat nongkrong berlama – lama. Salah satu tempat cozy yang bisa kamu kunjungi adalah Angkringan Mas Didot. Mungkin kamu sudah pernah melihat angkringan bukan?

Namun Angkringan Mas Didot sendiri memberikan nuansa masakan tradisional angkringan yang dibalut dengan nuansa modern. Di sini kamu bisa mendapatkan menu seperti nasi kucing, sate bakar, tahu, tempe, dan berbagai menu khas angkringan lainnya.

Selain itu tempat ini menjadi salah satu tempat nongkrong kaum muda di magelang karena tempat yang strategis dekat dengan kota.

Alamat Angkringan Mas Didot: Jalan Brigjen Katamso, Kemirirejo, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang.

Menu Khas: Sajian menu angkringan yang beragam.

8. Nasi Brongkos

Tempat Wisata Kuliner Magelang - Nasi brongkos Pak Wakidi

Nasi brongkos Pak Wakidi

Mungkin Nasi Brongkos memanglah bukan makanan asli khas Magelang melainkan berasal dari Jogja. Namun di Magelang ada salah satu tempat wisata kuliner yang menawarkan menu Nasi Brongkos daging sapi yang sangat terkenal.

Nasi brongkos Pak Wakidi yang terletak jauh dari Kota Magelang sekitar 20 menit dari pusat kota, warung makan ini terletak di persawahan daerah yang bernama Ngluwar, Kabupaten Magelang. Tapi jangan salah, tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh para pencinta kuliner dari dalam dan luar kota.

Alamat nasi brongkos Pak Wakidi: Dusun Krajan, Desa Bligo, Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang.

Menu Khas: Nasi brongkos sapi.

9. Mangut Beong Borobudur

Tempat Wisata Kuliner Magelang - Mangut Beong Borobudur

Mangut Beong Borobudur

Jika kamu berkunjung ke Candi Borobudur ada juga sebuah tempat wisata kuliner yang sangat layak kamu jajal. Mangut Beong menjadi salah satu menu andalan khas Borobudur yang sangat lezat di lidah. Beong adalah sebuah nama lokal ikan air tawar yang mirip seperti Lele.

Sebenarnya ada banyak sekali tempat yang bisa kamu kunjungi di sekitaran Borobudur. Namun jika kamu ingin sambil menikmati wisata alam, mungkin kamu bisa mencobanya selagi melakukan rafting di tempat seperti kali Progo atau kali Elo.

10. Es Pleret Semanggi

Tempat Wisata Kuliner Magelang - es pleret semanggi

Es Pleret Semanggi

Setelah membicarakan makanan akhirnya ada satu minuman khas yang harus dan wajib hukumnya untuk dicoba selagi berada di Magelang. Es Pleret Semanggi adalah salah satu tujuan wisata kuliner paling wajib.

Es Pleret Semanggi ini menawarkan sebuah es campur beraneka rasa seperti coklat, stroberi dan lain – lain. Di dalamnya dicampur dengan menu “Pleret” rahasia, dan juga irisan kepala muda. Dijamin kamu akan merasa ketagihan.

Alamat Es Pleret Semanggi: Basement Parkir Gedung Matahari Mall depan alun – alun Magelang.

Menu Khas: Es Pleret beraneka rasa

Akhir Kata

Berkunjung ke Magelang memang tidak setiap saat kita bisa melakukannya. Selagi berkunjung ke kota ini kamu bisa langsung coba tempat wisata kuliner Magelang di atas dan dijamin kamu pasti akan ketagihan karena memang rekomendasi terbaik dari IdnExplore.com.

Jadi sampai di sini destinasi kuliner Magelang paling top, semoga kamu bisa menikmatinya. Jangan lupa untuk terus ikuti info wisata, kuliner dan juga tips jalan dari kami. Sampai jumpa di lain kesempatan dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *