Rekomendasi Aneka Kuliner Khas Semarang yang Harus Kamu Cicipi

Bandeng Presto Semarang

3 minggu lalu

Semarang merupakan ibukota Jawa Tengah yang memiliki banyak wisata kuliner. Kota yang memiliki julukan Venetie van Java ini nggak hanya terkenal oleh Lawang Sewu, Kota Lama, atau Tugu Mudanya. Soal wisata kuliner, banyak banget yang bisa kamu explore lho. Berbagai makanan dari makanan ringan hingga makanan berat bisa kamu temukan di sini dan nggak ada di tempat lain.

Ada lumpia, bandeng presto, tahu gimbal, dan masih banyak lagi kuliner khas Semarang lainnya yang lezat-lezat. Semua itu bisa kamu santap langsung di tempat atau bahkan dibeli untuk oleh-oleh. Selagi liburan di kota ini, aneka kuliner tersebut nggak boleh kamu lewatkan supaya traveling-mu makin berkesan. Kamu pun nggak perlu bingung lagi mau coba kuliner khas Semarang yang mana. Berikut ini ada beberapa rekomendasi hidangan khas Semarang yang wajib kamu coba.

1. Lumpia

Lumpia Semarang

Lumpia Semarang – Photo via merdeka.com

Lumpia merupakan kuliner khas Semarang yang terkenal banget dan wajib kamu coba. Makanan ini berbahan dasar rebung, daging ayam, udang ebi, dan telur yang dibungkus dengan kulit lumpia. Jajanan ini banyak diminati oleh para wisatawan yang berkunjung di Kota Semarang. Lumpia khas Semarang ini, rasanya unik banget dan berbeda dengan lumpia lainnya. Hal ini karena lumpia Semarang mengandung rebung dengan aromanya yang juga khas.Rebung merupakan bambu muda pilihan yang teksturnya empuk dan renyah saat dimakan.

Oh ya, kamu bisa menikmati lumpia goreng atau lumpia basah sesuai selera lho. Perbedaan kedua jenis lumpia ini terletak pada kulit lumpianya yang digoreng dan nggak digoreng. Lumpia yang ukurannya cukup besar dan mengenyangkan ini akan makin lezat dihidangkan dengan saus maupun lalapan. Kalau ingin membeli lumpia, kamu bisa menemukannya di warung-warung pinggiran jalan Kota Semarang. Mau dimakan langsung atau dijadikan oleh-oleh, bisa banget lho.

2. Babat Gongso

Babat Gongso Semarang

Babat Gongso Semarang – Photo via travelingyuk.com

Kalau ke Semarang, jangan lupa untuk menyempatkan diri mencicipi kuliner Semarang bernama babat gongso. Makanan ini sangat lezat dan khas, jarang banget lho dijumpai di luar Semarang. Babat gongso merupakan masakan berupa babat yang dimasak dengan kuah manis-pedas dan sangat menggoyang lidah. Kamu wajib mencoba menu ini ditambah dengan nasi hangat.

Di Semarang, banyak banget lho warung penjual babat gongso lezat ini. Namun, ada satu yang legendaris abis yaitu Babat Gongso Pak Karmin. Lokasinya ada di Jalan Pemuda, dekat dengan Jembatan Mberok Kota Lama, Semarang. Tempat ini memang selalu ramai pengunjung karena rasa babat gongsonya nggak tertandingi. Menyantap babat gongso sambil menikmati suasana Kota Semarang akan menjadi pengalaman wisata kuliner yang mengesankan deh!

3. Bandeng Presto

Bandeng Presto Semarang

Bandeng Presto Semarang – Photo via pegipegi.com

Ada lagi nih rekomendasi kuliner Semarang yang akan membuat lidah makin berkesan, yaitu bandeng presto. Mungkin makanan bandeng presto ini bisa kamu jumpai di kota lain. Namun, bandeng presto yang di Semarang cukup khas dan melimpah lho. Jadi, bisa kamu temukan dengan mudah ketika berada di kota ini. Bandeng presto merupakan olahan ikan bandeng segar yang dibumbui dengan bawang putih, kunyit, dan garam.

Dinamai bandeng presto, karena memang mengolahnya dipresto. Yaitu cara memasak dengan uap air bertekanan tinggi. Ikan bandeng yang sudah dibumbui, akan dimasak dengan dialasi daun pisang, lalu dipresto. Uap air bertekanan tinggi ini nantinya akan membuat bandeng beserta durinya yang banyak ini menjadi lunak dan enak dimakan. Pokoknya empuk dan nagih abis. Kamu bisa membelinya untuk dimakan langsung maupun untuk oleh-oleh. Salah satu toko yang menjual bandeng presto bisa kamu temukan di Jalan Pandanaran, Semarang bernama Bandeng Juwana – Elrina.

4. Tahu Gimbal

Tahu Gimbal Semarang

Tahu Gimbal Semarang – Photo via instagram.com/basuki_tahugimbal

Sudah pernah mencoba kuliner khas Semarang bernama tahu gimbal belum? Kalau berlibur ke kota ini, wajib banget mencicipi tahu gimbal yang nagih dan sangat menggoyang lidah. Tahu gimbal adalah menu makanan yang terdiri dari tahu goreng, irisan kubis, lontong, tauge, telur, dan gimbal yang dicampur dengan bumbu kacang. Gimbal sendiri merupakan udang yang digoreng dengan tepung. Jadi, bentuknya mirip bakwan udang.

Dengan bumbu kacang yang encer dan khas, tahu gimbal ini menjadi menu yang banyak digemari. Banyak sekali lho penjual tahu gimbal di Semarang ini. Baik pedagang kaki lima maupun warung makan. Kamu bisa menemukannya di pinggiran jalan, daerah Simpang Lima, daerah jalan Pahlawan, dan masih banyak lagi. Nyesel deh kalau nggak nyobain!

5. Nasi Ayam

Nasi Ayam Semarang

Nasi Ayam Semarang – Photo via instagram.com/e_ndro

Jangan dikira bahwa kuliner Semarang yang satu ini cuma nasi dan ayam yang rasanya biasa saja. Makanan ini mirip dengan nasi liwet khas Kota Solo. Nasi ayam khas Semarang ini berupa sajian nasi putih yang gurih dan renyah. Sebab, nasi putihnya dimasak dengan santan. Kemudian nantinya akan disantap dengan tambahan suwiran daging ayam, sambal goreng labu siam, krecek, tahu putih, dan telur pindang. Nggak lupa, hidangan ini juga disiram dengan kuah santan yang gurih abis.

Oh ya, biasanya menu nasi ayam ini disajikan dengan sate usus atau sate telur puyuh sebagai pelengkap. Ditambah minuman teh hangat, makanan ini akan menjadi hidangan yang menghangatkan lidah dan juga hati. Salah satu warung nasi ayam yang recommended di Semarang adalah Nasi Ayam Bu Wido. Lokasinya ada di Jalan Melati Selatan, Brumbungan, Semarang. Coba deh! Satu porsi nasi ayam ini harganya mulai Rp 10.000-an lho.

6. Garang Asem

Garang Asem Semarang

Garang Asem Semarang – Photo via instagram.com/yanesthi

Garang asem juga merupakan rekomendasi kuliner Semarang yang harus banget kamu cicipi saat berlibur di kota ini. Kuliner tradisional ini berupa olahan ayam dengan kuah santan berbumbu belimbing wuluh dan cabai serta dibungkus daun pisang. Ayam dan kuah santan yang dibungkus daun pisang ini dimasak dan ditutup dengan lidi. Rasanya nggak tertandingi deh!

Makanan ini biasanya dihidangkan bersama nasi hangat, tempe goreng, dan sate jeroan ayam. Ayam yang digunakan pun adalah ayam kampung. Gurih banget dan bikin ngiler pokoknya. Ada beberapa tempat yang bisa kamu tuju untuk menikmati hidangan garang asem ini. Ada Garang Asem Sari Rasa di Jl. Ki Mangunsarkoro No. 15, Karangkidul, Semarang. Di Jalan Gajah Mada Semarang, kamu juga bisa menemukannya kok.

7. Soto Bangkong

Soto Bangkong Semarang

Soto Bangkong Semarang – Photo via jateng.tribunnews.com

Indonesia memang memiliki segudang menu soto yang berbeda-beda di setiap daerah. Salah satu jenis soto yang bisa kamu coba adalah soto bangkong. Soto bangkong merupakan kuliner khas Semarang yang sangat lezat dan wajib banget kamu coba. Diberi nama bangkong karena istilah ini diambil dari nama penempatan jalan tempat warung soto ini berdiri. Di tempat tesebut banyak terdapat bangkong atau katak.

Soto bangkong ini sangat khas karena kuahnya yang bening walaupun warnanya agak coklat. Soto ini pun disajikan dengan isian berupa suwiran ayam, irisan tomat, tauge, bihun dan taburan bawah merah dan bawang putih. Pas banget dinikmati untuk anget-anget, apalagi saat musim hujan. Kamu bisa mencicipi soto yang sangat bercita rasa ini salah satunya di Jalan Brigjen Katamso No 1.

8. Wedang Tahu

Wedang Tahu Semarang

Wedang Tahu Semarang – Photo via pegipegi.com

Kuliner Semarang yang satu ini unik banget, ‘kan? Sudah namanya wedang yang berarti minuman, tapi kok dikasih tahu? Padahal tahu adalah hidangan makanan yang sangat nggak cocok dicampur minuman. Nah, daripada penasaran mending cicipi saja langsung. Wedang tahu merupakan minuman hangat yang terbuat dari campuran gula jawan, jahe, dan kembang tahu. Kembang tahu ini berasal dari sari kedelai.

Rasa dari wedang tahu ini manis. Aroma jahe dan rempahnya juga harum serta menghangatkan. Tekstur kembang tahunya kenyal dan lembut di lidah. Cocok banget deh wedang ini kamu santap untuk menghangatkan badan, apalagi saat musim hujan. Wedang tahu ini bahkan dipercaya memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan seperti melancarkan ASI, menurunkan tekanan darah tinggi, memperbaiki metabolisme, menurunkan kolesterol, dan lain sebagainya. Harganya pun murah meriah, cuma Rp 6.000-an. Kamu bisa mencobanya di Wedang Tahu Pak Pardi yang beralamat di depan Swiss House Ngaliyan, Semarang.

9. Mie Kopyok

Mie Kopyok Semarang

Mie Kopyok Semarang – Photo via instagram.com/kedaipringgading

Kalau kamu ingin mencicipi hidangan yang segar dan gurih, mie kopyok ini menjadi salah satu rekomendasi kuliner khas Semarang untuk kamu coba. Olahan berbahan dasar mie ini kadang juga disebut “mie teng-teng” karena pejualnya suka memukul piring. Mie koprok merupakan makanan khas Semarang berbahan mie yang ditambahkan tetelan daging, lauk berupa tahu, dan kerupuk gendar.

Mie kopyok ini menjadi hidangan yang unik dan gurih. Apalagi kerupuk gendarnya itu kriuk-kriuk abis. Hidangan ini pun cukup mengenyangkan untuk memanjakan perut saat berlibur di Kota Lumpia. Kamu bisa membeli mie kopyok ini di sekitaran Simpang Lima, Jalan Pahlawan, Jalan Wolter Monginsidi, Jalan Karang Anyar Semarang, dan masih banyak lagi.

10. Pisang Plenet

Pisang Plenet Semarang

Pisang Plenet Semarang – Photo via instagram.com/semarangfoodmatters

Kalau kamu mencari kuliner khas Semarang yang manis dan legit, pisang plenet ini jagonya. Camilan legendaris ini wajib banget kamu coba supaya nggak nyesel. Pisang plenet adalah olahan pisang kepok yang dibakar dan ditekan hingga pipih (diplenet), lalu disajikan dengan tambahan aneka topping lezat. Biasanya ada topping cokelat, kacang, keju, selai nanas, meses, atau tepung gula. Nggak kebayang deh rasanya selezat apa!

Oh ya, di menu kuliner ini, pisang yang digunakan memang pisang kepok kuning yang matang dari pohon. Pisang kepok ini memang nggak terlalu lembek tetapi rasanya legit dan manis. Penjual pisang plenet lumayan banyak lho di Semarang. Beberapa di antaranya ada di depan Mall Sri Ratu Pemuda, Jalan Gajah Mada, atau Pasar Semawis. Tertarik ‘kan?

11. Tahu Petis

Tahu Petis

Tahu Petis – Photo via cookpad.com

Tahu petis juga merupakan kuliner Semarang yang terbuat dari tahu putih yang digoreng dan ditambah bumbu petis. Petis adalah saus berwarna hitam kental yang biasanya terbuat dari udang. Rasanya sangat khas manis gurih dan biasanya disisipkan di tengah-tengah tahu maupun sebagai saus. Sementara untuk tahunya, hanya digoreng dengan bumbu bawang dan garam saja.

Nah, tahu petis ini bisa menjadi camilan yang menyenangkan untuk menjadi teman ngobrol. Bisa juga untuk teman minum kopi atau sekadar bersantai menikmati suasana Kota Semarang. Yang jual tahu petis di Semarang banyak sekali kok. Kamu bisa menemukannya dengan mudah, terutama di penjual gorengan di pinggir jalan.

12. Es Puter

Es Puter Cong Lik

Es Puter Cong Lik – Photo via hp4jateng.files.wordpress.com

Cuaca di Kota Semarang memang panas, jadi kalau kamu mau mencari jajanan, es puter bisa menjadi rekomendasi kuliner Semarang yang menyegarkan. Jajanan ini cukup legendaris lho. Es puter bisa menjadi santapan enak yang manis dan menyejukkan. Nah, salah satu tempat es puter yang bisa kamu datangi adalah Es Puter Cong Lik.

Cita rasanya nggak kalah dengan minuman-minuman modern di kafe kekinian lho. Proses pembuatannya pun menggunakan teknik manual, jadi cita rasanya tetap konsisten. Es Puter Cong Lik ini ada berbagai varian rasa, yaitu cokelat, alpukat, kelapa, dan durian. Masing-masing dibuat tanpa pengawet dan pemanis buatan lho. Coba deh. Kamu bisa datang ke Jalan KH A Dahlan 11, Semarang.

13. Roti Ganjel Rel

Roti Ganjel Rel

Roti Ganjel Rel – Photo via tokomesin.com

Kuliner khas Semarang bernama aneh ini pasti bikin kamu penasaran, ‘kan? Cicipin deh. Roti ganjel rel merupakan roti yang teksturnya agak alot dan padat. Bentuknya memang mirip dengan bantalan rel kereta api, pantas namanya ganjel rel, ya? Roti ini bisa menjadi hidangan khas yang bisa kamu santap. Mau dijadikan buah tangan untuk orang tersayang juga bisa lho.

Oh ya, roti ganjel rel ini juga menjadi salah satu santapan wajib yang ada saat pawai menyambut kedatangan bulan Ramadhan. Kamu bisa menemukan roti ini dengan mudah di Jalan Pandanaran. Tinggal datangi saja beberapa toko pusat oleh-oleh, pasti nemu deh!

14. Wingko Babat

Wingko Babat Semarang

Wingko Babat Semarang – Photo via mixerroti.id

Wingko babat juga merupakan kuliner Semarang yang recommended untuk kamu coba. Makanan ini manis dan legit, biasanya khas banget menjadi oleh-oleh kalau kamu habis berlibur di kota ini. Bahan pembuatnya adalah kelapa dan ketan, jadi meskipun manis, tetap ada gurih-gurihnya. Nggak heran jika makanan ini merupakan favorit para wisatawan.

Wingko babat ini juga menjadi ciri khas jajanan Semarang selain lumpia dan bandeng presto lho. Kamu bisa menemukan oleh-oleh ini di bandara, stasiun kereta api, terminal, atau di tempat pusat oleh-oleh di Jalan Pandanaran Semarang. Wingko babat ini akan menjadi santapan yang cocok untuk menemani minum teh di pagi hari. Jangan lupa beli, ya!

Itulah rekomendasi kuliner Semarang yang nggak boleh kamu lewatkan. Selain berwisata untuk melepas penat, kamu juga bisa berwisaita untuk memuaskan lidah dan perut deh. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *