Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner di Semarang yang Wajib Kamu Kunjungi

2 bulan lalu

Semarang yang merupakan ibukota Jawa Tengah ini memang cocok sekali menjadi destinasi liburan. Banyak tempat wisata unik yang ditawarkan dan bisa kamu kunjungi kapan saja. Apalagi, ibukota Jawa Tengah ini terkenal dengan berbagai bangunan peninggalan kolonial Belanda yang penuh dengan nilai historikal. Nah, selain destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, kota Lumpia ini juga menawarkan aneka wisata kuliner Semarang yang unik-unik dan khas.

Berwisata kuliner memang menjadi salah satu tren kekinian untuk mencicipi berbagai makanan tradisional maupun makanan kekinian yang pastinya masing-masing punya kelezatan berbeda. Di Semarang, berbagai makanan bisa kamu cicipi, mulai dari camilan hingga makanan berat. Namun, kalau kamu bingung, berikut ini adalah wisata kuliner terbaik di Semarang yang bisa kamu kunjungi supaya liburanmu makin berkesan.

1. Lumpia Gang Lombok

Tempat Wisata Kuliner di Semarang - Lumpia Gang Lombok

Lumpia Gang Lombok – Photo via akhsadew.blogspot.com, wisatakuliner78.com

Yang khas kalau kamu pergi ke Semarang adalah makanan bernama lumpia yang lezat ini. Salah satu wisata kuliner Semarang yang recommended untuk kamu kunjungi terutama untuk mencicipi lumpia adalah di Lumpia Gang Lombok. Lumpia Gang Lombok nomor 11 ini sudah berusia ratusan tahun, lho. Sangat legendaris, bukan?

Kedai kecil ini menawarkan lumpia yang diolah secara tradisional untuk menjaga keasliannya. Jadi, sejak zaman dahulu, kelezatannya selalu konsisten. Di sini ditawarkan lumpia ayam dan lumpia udang. Rempah lumpia yang khas dengan aroma rebungnya membuat kuliner ini begitu unik dan berkesan. Namun, meskipun ada tambahan rebung, lumpia di sini nggak amis. Kamu pun bisa menyantap hidangan ini di tempat ini atau bahkan membawanya pulang untuk oleh-oleh. Jangan lupa mampir ke sini ya kalau ke Semarang!

Nama : Lumpia Gang Lombok nomor 11
Alamat : Jalan Gang Lombok No. 11, Purwodinatan, Semarang Tengah, Purwodinatan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50137
Harga : Rp 15.000-an untuk satu lumpia

2. Mie Sang Kie

Tempat Wisata Kuliner di Semarang - Mie Sang Kie

Mie Sang Kie – Photo via kuliner-kotasemarang.blogspot.com, wisatanegeri.com

Masih di area Gang Lombok, wisata kuliner di Semarang yang satu ini juga nggak boleh kamu lewatkan. Bagi kamu yang suka makan mie, harus banget mampir di Mie Sang Kie. Nggak kalah dengan kedai lumpia, kedai ini juga legendaris abis lho karena sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Namun, sampai sekarang masih eksis dan memiliki banyak penggemar setia.

Mie Sang Kie ini merupakan kedai makan dengan menu andalan berupa mie pangsit. Mie pangsit di sini dilengkapi daging babi ya, jadi hanya dianjurkan bagi kamu yang bisa mengonsumsi daging babi. Satu porsi mie pangsit ini terdiri dari mie kental, daging ayam suwir, kuah kaldu, sawi rebus, dan kerupuk pangsit daging babi. Rasanyaaa … menggoyang lidah deh!

Nama : Mie Sang Kie
Alamat : Gg. Lombok No.10, Kauman, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50188
Harga : Rp 35.000-an per porsi

3. Soto Bangkong

Tempat wisata kuliner di Semarang - Soto Bangkong

Soto Bangkong – Photo via travelingyu.com, seputarsemarang.com

Ada lagi nih wisata kuliner Semarang yang akan membuat liburanmu makin berkesan, yaitu Soto Bangkong. Pas banget deh kalau kamu memang penggemar soto. Soto Bangkong ini legendaris banget di Semarang. Sajian satu mangkuk soto yang lezat dengan kecap manis racikan sendiri ini membuatnya memiliki banyak penggemar.

Soto di sini memiliki racikan kuah berwarna bening kecokelatan. Dalam seporsi soto, terdiri dari ayam suwir, bihun, potongan tomat, taoge, dan bawang goreng. Di sini, kamu nggak hanya bisa menikmati soto lho. Namun juga ada garang asem, ayam goreng rempah, dan sate-satean enak seperti sate tempe, sate ati, sate kerang, serta sate perkedel. Nyesel deh kalau berlibur ke Semarang tapi nggak mampir ke sini.

Nama : Soto Bangkong
Alamat : Jl. Brigjen Katamso No.1, Karangtempel, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50242
Harga : Rp 20.000-an untuk satu orang

4. Tahu Gimbal Petis Pak H. Edy

Tempat wisata kuliner di Semarang - Tahu Gimbal Petis Pak Haji Edy

Tahu Gimbal Petis Pak Haji Edy – Photo via dhiebash-rentcar.com, gotravelly.com

Tahu Gimbal Pak H. Edy ini menjadi salah satu wisata kuliner terbaik di Semarang yang bisa kamu kunjungi. Nggak lengkap deh kalau ke Semarang tetapi belum mencoba hidangan tahu gimbal yang sangat khas ini. Tahu gimbal berbumbu petis ini merupakan hidangan berisi bakwan udang (gimbal), lontong yang dipotong-potong, cincangan sayur kol, dan tauge. Yang makin membuatnya lezat adalah siraman bumbu kacang berpadu petis.

Hidangan lezat ini bakalan memanjakan perutmu banget, karena makanan ini mengenyangkan. Kedai milik H. Edy ini banyak digemari pengunjung nggak hanya dari Semarang, tapi juga luar Semarang. Jadi, jangan lupa mampir ke sini ya supaya nggak nyesel!

Nama : Tahu Gimbal Petis Pak H. Edy
Alamat : Jl. Menteri Supeno I / 2 Semarang No.1, Mugassari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50249
Harga : Rp 16.000-an per porsi

5. Pasar Semawis

Tempat wisata kuliner di Semarang - Pasar Semawis

Pasar Semawis Semarang – Photo via klikhotel.com, si-ipan.blogspot.com

Pasar Semawis ini menjadi salah satu wisata kuliner terbaik di Semarang wajib disambangi. Tempat ini berupa jalanan lorong yang penuh dengan puluhan penjaja makanan. Penjaja makanan tersebut membuka kios semi permanen di depan bangunan-bangunan toko tua yang megah khas zaman kolonial. Dijamin kamu bakalan betah deh di sini. Sudah tempatnya oke, perutmu pun bisa termanjakan.

Di sini, kamu bisa menjumpai aneka street food kekinian seperti telur gulung, cumi bakar, gula kapas warna-warni, bubble tea, thai tea, dan masih banyak lagi. Namun, kamu juga bisa lho menemukan makanan tradisional, seperti sate, nasi campur, nasi hainan, soto, bahkan wdang tahu dan kuliner-kuliner lain yang enak-enak. Oh ya, yang bikin makin seru, Pasar Semawis dengan segala kulinernya ini buka di malam hari pada akhir pekan, yaitu Jumat sampai Minggu.

Nama : Pasar Malam Semawis
Alamat : Kranggan, Jl. Gg. Warung No.50, Kauman, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50139
Harga : beragam, mulai Rp 10.000-an

6. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Tempat wisata kuliner di Semarang - Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar – Photo via seputarsemarang.com

Bagi kamu penggemar gulai, di kota yang terkenal dengan wisata Lawang Sewu ini kamu juga bakalan menemukan makanan satu ini lho. Datangi saja gulai kambing Bustaman Pak Sabar yang menjadi salah satu rekomendasi wisata kuliner Semarang. Meskipun gulai bukan makanan khas Semarang, tetapi nggak bakal nyesel deh mencobanya.

Tempat makan ini memang hanya berupa warung kecil, tetapi rasa gulainya sungguh otentik dan enak banget. Warung yang sudah berdiri sejak 1971 ini memiliki menu gulai yang beda dari yang lain. Racikan bumbu gulai di sini beda banget deh. Lalu, apabila biasanya gulai menggunakan kuah santan yang kental, di sini kuahnya tanpa santan lho. Ada tambahan srundengnya yang lezat lagi. Kamu bakalan puas deh kulineran di sini karena di tiap porsi gulai, daging dan jeroannya banyak. Pokoknya, ajak orang tersayang ke sini, ya!

Nama : Gulai Kambing Bustaman
Alamat : Tanjung Mas, Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50174
Harga : Rp 28.000-an per porsi

7. Ayam dan Bebek Goreng “Sari Rasa” Pak Thori

Ayam dan Bebek Goreng "Sari Rasa" Pak Thori

Ayam dan Bebek Goreng “Sari Rasa” Pak Thori – Photo via gotravelly.com, instagram.com/wahidunited

Salah satu wisata kuliner terbaik yang juga terkenal di Semarang adalah Ayam dan Bebek Goreng Pak Thori. Selain bebek goreng, di warung ini juga tersedia bebek bakar, ayam bakar/goreng, burung dara, lele, gongso babat hingga nasi goreng. Cocok banget tuh memanjakan perutmu ketika berlibur di ibukota Jawa Tengah ini.

Kalau kamu pecinta bebek, cobain deh menu bebek goreng di sini. Tekstur dagingnya lembut dan empuk banget, tetapi bagian kulitnya crispy nan gurih. Wah, ngiler nggak tuh? Belum lagi ada dua jenis sambal yang bisa kamu nikmati sebagai pelengkap. Ada sambal merah dan sambal hijau. Disantap dengan nasi hangat dan lalapan, bakalan nikmat banget deh!

Nama : Ayam dan Bebek Goreng “Sari Rasa” Pak Thori
Alamat : Jl. Raya Manyaran-Gunungpati, Sadeng, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50222
Harga : Rp 24.000-an per porsi

8. Nasi Gandul Pak Memet

Tempat wisata kuliner di Semarang - Nasi Gandul Pak Memet

Nasi Gandul Pak Memet – Photo via instagram.com/sadhiwid/

Nasi Gandul Pak Memet nggak boleh kamu lewatkan untuk menikmati wisata kuliner Semarang. Nasi gandul yang merupakan kuliner khas Pati ini banyak diserbu pecinta kuliner, lho. Disebut nasi gandul, karena pada zaman dahulu, pedagang nasi ini di Pati menawarkan dagangan menggunakan dunak, bakul besar dari anyaman bambu yang dipikul.

Warung tenda Pak Memet ini menawarkan kelezatan nasi gandul yang nggak tertandingi. Kuah nasi gandul ini begitu khas berwarna kecokelatan seperti kuah gulai. Dengan rempah yang gurih dan rasanya kuat, nasi gandul juga disajikan dengan alas daun pisang. Jadi, otentik banget rasanya. Nah, sebagai pelengkap kamu bisa memilih lauk seperti daging sapi, kikil, paru, limpa, lidah, usus, ati, babat, hingga otak sapi. Coba deh ke sini!

Nama : Nasi Gandul Pak Memet
Alamat : Jalan Dokter Cipto No.12, Bugangan, Kec. Semarang Timur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50123
Harga : Rp 20.000-an untuk per orang membeli nasi beserta beberapa lauk

9. Warung Makan Asem-Asem Koh Liem

Tempat wisata kuliner di Semarang - Warung Makan Asem-Asem Koh Liem

Warung Makan Asem-Asem Koh Liem – Photo via instagram.com/foodiary_semarang, instagram.com/jeng_irene

Wisata kuliner terbaik di Semarang selanjutnya ada asem-asem Koh Liem nih. Restoran Koh Liem yang legendaris ini menawarkan beragam makanan khas Cina. Namun, yang paling banyak digemari adalah menu asem-asem ini. Asem-asem ini sekilas mirip soto sapi, tetapi ternyata berbeda lho. Kuahnya lebih asam dan tentunya rasa menu ini sangat khas.

Hidangan asem-asem ini terdiri dari potongan daging sapi disiram kuah asam manis yang akan memanjakan lidah dan perutmu. Unik banget deh rasanya. Selain asem-asem, di sini kamu juga bisa mencoba hidangan lontong cap go meh, kikil lombok ijo, dan bandeng sarden. Gimana? Tertarik, ‘kan?

Nama : Asem-Asem Koh Liem
Alamat : Jl. Karang Anyar No.28- C4, Gabahan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50135
Harga : Rp 35.000-an per porsi

10. Kampung Laut

Wisata kuliner Semarang yang keren abis ini wajib banget untuk kamu kunjungi. Di sini kamu nggak hanya bisa menikmati aneka kuliner, tetapi juga menikmati suasana restoran yang berkonsep di atas danau. Sambil mencicipi makanan di sini, kamu akan disuguhkan pemandangan alam yang menenangkan dari resto ini. Apalagi arsitektur di sini sebagian besar terbuat dari kayu, jadi suasananya akan makin syahdu deh.

Di Kampung Laut, kamu bisa mencoba beberapa menu andalan yang ditawarkan, misalnya aneka olahan masakan yang terbuat dari gurame, bandeng, kerapu, sayuran, dan berbagai macam sajian minuman yang menyegarkan. Pokoknya tempat ini favorit wisatawan banget deh. Ajak orang tersayang kulineran di sini, yuk!

Nama : Kampung Laut
Alamat : Puri Maerokoco Tawang Mas, Jl. Puri Anjasmoro Raya, Tawangsari, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah 50144
Harga : mulai Rp 50.000 – Rp 100.000-an per orang

11. Bakmi Jowo Pak Doel Noemani

Tempat wisata kuliner di Semarang - Bakmi Jowo Pak Doel Noemani

Bakmi Jowo Pak Doel Noemani – Photo via traveloka.com

Salah satu wisata kuliner terbaik di Semarang satu ini nggak boleh kamu lewatkan. Tempat ini selalu ramai, karena nggak hanya lezat, pelayanannya juga ramah. Tempat ini menawarkan cukup banyak menu, tetapi menu andalannya adalah bakmi jowo ini. Pilihan bakmi jowo ini ada bakmi goreng dan bakmi godog yang berkuah. Wah, perutmu bakalan termanjakan deh di tempat ini.

Selain bakmi, ada juga menu nasi goreng, nasi godok, atau nasi ruwet yang nggak kalah lezat. Cara memasak di warung Pak Doel ini masih memakai cara tradisional lho, yaitu memakai tungku berbahan bakar arang. Pantas ya rasanya khas abis, apalagi rempahnya kuah dan bikin nagih. Oh ya, makan di sini juga bakalan puas, karena porsinya lumayan besar.

Nama : Bakmi Jowo Pak Doel Noemani
Alamat : Jl. Pemuda No.117, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50132
Harga : Rp 15.000-an per orang

12. Lekker Paimo

Lekker Paimo – Photo via instagram.com/lindachristiani, instagram.com/rudy0718

Lekker Paimo yang merupakan jajanan legendaris ini juga menjadi salah satu wisata kuliner Semarang yang bisa kamu kunjungi. Kue lekker memang ada di mana-mana, tetapi kue lekker Paimo ini beda banget lho. Di sini, lekker nggak hanya disediakan dengan topping meses atau keju. Namun, ada juga lekker asin dengan isian sosis, telur, dan keju. Wah, mantap abis deh!

Nah, ada juga lekker dengan topping keju mozarella yang banyak digemari pecinta kuliner lho. Lekker di sini juga punya tekstur lebih tebal, tetapi rasanya sangat lezat dan bikin nagih. Kalau berlibur ke Semarang, jangan lewatkan untuk menikmati jajanan lezat dan murah ini, ya.

Nama : Lekker Paimo
Alamat : Jl. Karang Anyar No.37, Brumbungan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50135
Harga : mulai Rp 4.000-an per porsi tergantung topping

13. Nasi Goreng Babat Pak Karmin

Nasi Goreng Babat Pak Karmin – Photo via phinemo.com, pegipegi.com

Kalau berlibur ke kota Lumpia, jangan lupa mampir ke tempat wisata kuliner terbaik di Semarang satu ini. Apalagi kalau perutmu sedang lapar, jangan lupa untuk menikmati sajian empuk jeroan sapi dengan bumbu rahasianya di tempat ini. Nasi Goreng Babat Pak Karmin ini sangat legendaris, karena sudah buka sejak tahun 1971 dan masih eksis hingga saat ini. Rasa menu-menunya pun tetap enak dan nggak berubah.

Di sini ada dua menu andalan yang bisa kamu coba, yaitu nasi goreng babat dan babat gongso. Rasa jeroan yang khas dengan bumbu manis gurihnya ini begitu menggoyang lidah. Porsinya pun lumayan besar, jadi bakalan puas deh makan di sini. Tempat ini bisa kamu kunjungi dari pagi sampai malam, maka kamu bisa memilih datang ke sini untuk sarapan, makan siang, atau makan malam tanpa dibatasi jam buka.

Nama : Nasi Goreng Babat Pak Karmin
Alamat : Kembangarum, Semarang Barat, Kembangarum, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah 50183
Harga : mulai Rp 15.000-an per porsi

14. Pisang Plenet Pak Subandi

Tempat wisata kuliner di Semarang - Pisang Plenet Pak Subandi

Pisang Plenet Pak Subandi – Photo via goodindonesianfood.com

Masih ada nih wisata kuliner Semarang yang bisa kamu serbu untuk memanjakan lidahmu, yaitu Pisang Plenet Pak Subandi. Kuliner legendaris Pak Subandi ini berupa jajanan berbahan dasar pisang kepok yang sudah ada sejak tahun 1950-an. Pisang ini diolah dengan dibakar dan diplenet hingga tipis. Lalu, ditambah isian selai nanas, gula, dan mentega. Pantas deh rasanya enak banget!

Satu porsi pisang plenet ini terdiri dari 4 tangkap pisang yang lengkap dengan isian dan dibungkus daun pisang. Daun pisang dan pisang kepok ini yang membuat rasa pisang plenet makin nikmat dan bikin ketagihan. Harganya pun murah lho. Nyesel deh kalau kamu nggak mampir ke sini saat berlibur di Semarang!

Nama : Pisang Plenet Pak Subandi
Alamat : Jl. Pemuda, Pandansari, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50139
Harga : Rp 12.000-an per porsi

Itu dia deretan wisata kuliner Semarang yang wajib kamu kunjungi untuk memanjakan lidah dan mengenyangkan perut saat liburan. Meski kuliner-kuliner tersebut nggak semuanya khas Semarang, tapi tetap bisa kamu nikmati dengan cita rasa khas. Kamu tertarik mencoba yang mana dulu, nih?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *