Tempat Wisata di Indonesia Timur Dengan Pemandangan Yang Menakjubkan

Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah

2 minggu lalu

Negara kita ini memang negara kepulauan yang kaya akan keindahan alam. Dari Sabang sampai Merauke, banyak sekali keindahan yang ditawarkan, baik di laut maupun di darat. Nggak heran deh kalau mengeksplorasi berbagai tempat wisata di Indonesia nggak akan pernah habis. Termasuk mengeksplorasi berbagai tempat wisata terbaik di Indonesia timur.

Bingung mau liburan ke mana? Coba deh kunjungi berbagai tempat wisata terbaik di Indonesia timur yang terkenal akan keindahan alamnya yang memesona. Bahkan belum banyak terjamah pengunjung, lho. Dijamin kamu nggak akan nyesel liburan melepas penat bersama orang tersayang di sana. Nah, sebelum ke sana, simak dulu nih beberapa destinasi yang recommended untuk kamu kunjungi.

1. Pulau Taliabu, Maluku

Pulau Taliabu

Photo via instagram.com/f23studio

Mendengar nama pulau ini, pasti masih asing di telingamu, ya? Pulau Taliabu adalah salah satu tempat wisata Instagrammable di Indonesia timur yang bisa kamu kunjungi. Pulau Taliabu menjadi salah satu kabupaten di Provinsi Maluku Utara, Indonesia yang sebelumnya terbentuk karena pemekaran dari Kabupaten Kepulauan Sula. Pulau ini masih belum banyak terjamah wisatawan, jadi bakalan oke banget jadi tempat melepas penat sejenak dari kesibukan sehari-hari. Pulau ini memiliki potensi keindahan alam yang menakjubkan.

Di sini, kamu bisa snorkeling melihat labirin-labirin yang membentuk biota unik di Pulau Samada Besar, mengunjungi Air Terjun Kalimat yang konon bunyinya seperti mengucapkan syahadat dan menikmati alam di Cagar Alam Pulau Seho. Nggak hanya itu, kamu juga bisa menikmati pengalaman unik mengijak pasir putih yang terdengar seperti lengkingan anjing di Pantai Pasir Anjing, menikmati keindahan bawah laut di Laut Pulau Empat, dan masih banyak lagi. Semuanya nggak akan habis untuk kamu eksplor dalam sehari. Coba deh kunjungi pulau ini untuk liburan serumu!

2. Pulo Cinta, Gorontalo

Pulo Cinta, Gorontalo

Photo via sukawisata.com

Pulo Cinta, Gorontalo

Photo via olivialazuardy.com

Pulo Cinta recommended nih jadi pilihan tempat wisata terbaik di Indonesia Timur yang wajib kamu kunjungi. Berlibur ke sini, apalagi dengan orang tersayang akan terasa seperti berada di Maldives. Berlokasi di Kabupaten Boalemo, Gorontalo, tempat ini bisa menjadi pilihan untuk kamu yang mencari tempat berlibur dengan suasana menenangkan dan jauh dari hiruk pikuk keramaian. Pemandangannya nggak usah diragukan deh, sangat memesona dan romantis abis. Kamu nggak hanya akan disuguhkan dengan pemandangan lautnya yang berwarna biru kehijauan nan eksotis, tapi juga pemandangan biota laut yang masih sangat terjaga.

Di Pulo Cinta, kamu bisa menginap di floating cottage yang berbentuk hati. Pas banget untuk berbulan madu bersama pasangan atau sekadar quality time dengan keluarga di kamar yang didesain secara tradisional bermaterial kayu dan beratap jerami. Kamu bisa juga bersantai di atas hammock sambil menikmati angin pantai dan lautnya yang berwarna turqoise. Kalau hobi menyelam, pemandangan bawah laut bisa kamu saksikan dengan takjub. Bahkan pada malam hari, kamu bisa menyaksikan indahnya langit malam dengan taburan bintang-bintang yang menyinari langit. Wah, pasti nggak terlupakan banget deh liburan ke sini!

3. Banda Neira, Maluku Tengah

Banda Neira, Maluku Tengah

Photo via superadventure.co.id

Lav Flow, Banda Neira

Photo via bataritours.com

Mau ke tempat wisata terbaik di Indonesia timur? Banda Neira yang terletak di Kepulauan Banda Kabupaten Maluku Tengah ini recommended untuk kamu kunjungi. Tempat ini nggak hanya indah, tapi juga menyimpan sejuta sejarah. Di sini, kamu nggak hanya ditawarkan dengan pesona keindahan alam yang memukau. Namun juga tempat-tempat bersejarah di beberapa lokasi sisa-sisa reruntuhan zaman penjajahan Belanda.

Kalau kamu hobi mendaki, di Banda Neira kamu bisa menaiki Gunung Banda setinggi 670 m. Kamu juga wajib banget mengunjungi Benteng Belgica yang digunakan untuk menghalau perlawanan masyarakat Banda yang menentang monopoli perdagangan pala oleh VOC. Mau menyelam di Lava Flow untuk melihat ribuan terumbu karang yang cantik, mengunjungi Gereja Tua, atau mampir ke Rumah Budaya Banda Neira, bisa banget. Siapkan kameramu, ayo explore Banda Neira. Tunggu apa lagi?

4. Luwuk Banggai, Sulawesi Tengah

Pulau Dua Balantak dan Bukit Teletubbies, Luwuk Banggai - Sulawesi Tengah

Photo via Instagram.com/margojoyotour, Instagram.com/andrikilua

Di daerah Sulawesi Tengah, Luwuk Banggai adalah salah satu tempat wisata instagrammable di Indonesia timur yang bisa menjadi yang bisa menjadi tujuan destinasi liburanmu. Berlokasi di sebelah timur Provinsi Sulawesi Tengah, tepatnya Kabupaten Banggai, tempat wisata ini masih tergolong baru lho. Pesona alam di sini nggak tertandingi deh, kamu pasti nggak akan berhenti takjub.

Pertama, kamu bisa mengunjungi Bukit Kasih Sayang yang punya konsep romantis dengan view yang eksotis, apalagi di malam hari. Lalu, kamu bisa berkunjung ke Pantai Kilo 5 yang membentang di sepanjang garis depan Kota Luwuk. Instagrammable banget pemandangannya! Masih ada lagi nih. Kamu bisa ke Air Terjun Piala yang airnya berwarna hijau dan cantik banget; Pulau Dua Balantak yang keindahannya bikin kamu betah; dan Bukit Teletubbies dengan rerumputan hijaunya sukses membuatmu merasakan kebahagiaan masa kecil. Keren-keren banget, ‘kan? Agendakan ke sini deh!

5. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Photo via wise.travel

Siapa sih yang nggak kenal tempat wisata terbaik di Indonesia timur yang satu ini? Labuan Bajo menawarkan banyak tempat yang memiliki keindahan alam dengan ciri khas masing-masing. Labuan Bajo merupakan salah satu desa di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Nggak hanya terkenal akan kekayaan alam berupa Komodo, tapi juga landscape pantai, perbukitan, dan masih banyak lagi. Pastinya semuanya menawan dan membahagiakan liburanmu.

Kamu bisa mengunjungi Pulau Padar dengan perbukitannya yang eksotis mengelilingi pantai, atau ke desa unik Wae Rebo dengan rumah adat khas dan budayanya yang ikonik banget. Tentunya nggak cuma itu, kamu juga bisa memandangi sawah hijau yang didesain mirip sarang laba-laba yaitu Sawah Lingko; melihat indahnya pulau yang diapit perairan di Pulau Kelor; berswafoto imut di Pantai Pink yang cantik; menikmati sunset yang romantis di Gili Laba; dan masih banyak lagi destinasi di sana. Wah, Indonesia memang kaya, ya!

6. Raja Ampat, Papua

Raja Ampat Papua

Photo via originaldiving.com

Raja Ampat Papua

Photo via comelah.com

Masih ada nih tempat wisata instagrammable di Indonesia timur yang nggak boleh kamu lewatkan, yaitu Raja Ampat. Membayangkan keindahan alam yang cantik di Papua berupa lautan biru indah jernih, dipadukan dengan pulau-pulau karang yang berbaris rapi, ikan-ikan kecil yang lincah, semilir angin yang menyejukkan, bunyi ombak yang menenangkan, dan pasir putih nan lembut memang bikin ngiler. Yaps, kamu bisa menemukan surga dunia tersebut dengan nyata di ujung Papua, tepatnya di Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat.

Raja Ampat memiliki 4 pulau utama, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Batanta, Pulau Salawati, dan Pulau Misool. Namanya juga kepualauan, di sana kamu akan disuguhkan pemandangan alam yang nggak hanya berupa beragam pantai eksotis, tapi juga kekayaan flora dan fauna. Kamu bisa nih mengintip bawah air yang ramai dengan keindahan biota lautnya yang kaya dan warna-warni. Beberapa destinasi yang bisa kamu kunjungi antara lain Pulau Misool, Star Lagoon di Pianemo yang memukau, Batu Pensil yang gagah, Wayag yang aduhai banget dengan pemandangan laut beserta barisan batu karang, Desa Asborek, dan masih banyak yang lainnya. Agendakan untuk ke sini selama beberapa hari deh supaya semua terjamah.

7. Kepulauan Alor, NTT

Pantai Ling Al, Alor - NTT

Photo via finroll.com

Air Terjun Mataru, Alor - NTT

Photo via instagram.com/pampaleonard, instagram.com/explorealor

Sebagai negara kepulauan, stok tempat wisata terbaik di Indonesia timur nggak habis-habis memang Guys. Yang nggak kalah cantik ada Kepulauan Alor di Nusa Tenggara Timur. Kalau kamu ingin berwisata di tempat yang menyuguhkan ketenangan, ke sini saja. Pulau ini masih jarang terjamah wisatawan. Yaps, penuhi hasrat jiwa petualangmu di sini. Pasti puas deh.

Ada keindahan Pantai Ling Al yang airnya bening banget dengan ombaknya yang tenang; kemegahan batu berlubang di Pantai Pigewa yang akan membahagiakanmu; dan Air Terjun Mataru yang bikin kamu rileks. Mau mandi di air yang sejuk dengan pemandangan cantik juga bisa kamu lakukan di Kolam Bidadari. Atau memandangi Mata Air Panas Tuti Adagae yang airnya keluar dari bebatuan berbentuk menyerupai sarang semut? Nggak hanya itu, rasanya belum afdol ke sana kalau nggak snorkeling di Taman Laut Pantar. Dan ada lagi nih, jangan lupa saling sapa sambung rasa dengan Suku Abui di Kampung Adat Takpala. Menarik banget, ‘kan?

8. Pulau Labengki, Sulawesi Tenggara

Pulau Labengki, Sulawesi Tenggara

Photo via pegipegi.com

Mau cari tempat wisata instagrammable di Indonesia timur? Pulau Labengki ini bisa menjadi andalanmu. Berlokasi di Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara pulau ini memiliki kekayaan alam yang instagenik banget. Kepulauan Labengki terdiri dari 5 pulau besar, yaitu Labengki Besar, Labengki Kecil, Alnamira, Tukoh Kulay dan Mauang. Wow, negeri kepulauan kita ini memang nggak tertandingi kalau soal menawarkan keindahan pantai, laut yang jernih, laguna hijau toska yang cantik, gua yang epic, teluk dan perbukitan hijau yang menentramkan. Bahkan di sini, kamu akan mendapatkan sambutan yang ramah dari Suku Bajo yang menempati Labengki Kecil.

Kurang apa lagi coba? Jangan lupa, kamu wajib mengunjungi Laguna Mahumalalang yang dikelilingi barisan karang tajam berwarna hitam keabuan; Pantai Pasir Panjang dengan pepohonan kelapa di tepiannya; dan Gua Kolam Renang untuk menikmati pengalaman seru berenang di dalam gua. Kamu juga bisa mengunjungi Teluk Cinta dari Kimaboe Hills yang view-nya nggak kalah dari Raja Ampat. Atau bisa juga nih berswafoto supaya hits di Laguna Poros Kampali dengan suguhan pemandangan Danau Kembar yang cantik.

9. Pantai Ora, Maluku

Pantai Ora, Maluku

Photo via instagram.com/indonesiantripvaganza

Pantai Ora, Maluku

Photo via instagram.com/rosarioepa, instagram.com/stefi_lee92

Dalam list tempat wisata terbaik di Indonesia timur, jangan lupa masukkan Pantai Ora yang terletak di Kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah, Provinsi Maluku ini. Di sini kamu akan menemukan surga tersembunyi berupa pantai pasir putih yang cantik, kekayaan biota laut yang warna-warni dengan ikan-ikan kecil yang berenang bebas dan lincah. Indah pokoknya!

Di sana, kamu bisa berlibur selama beberapa hari dengan menginap di Ora Beach Resort berupa floating cottage di pinggiran pantai. Bakalan puas deh menikmati pemandangan pantai dari pagi sampai malam. Kamu bahkan nggak akan puas kalau belum snorkeling menikmati keindahan bawah laut. Yak, siapkan kameramu ya, soalnya banyak banget spot instagrammable yang nggak boleh kamu lewatkan. Termasuk perbukitan hijau yang menenangkan di sana.

10. Pantai Fitu, Ternate

Pantai Fitu, Ternate

Photo via jendelakecildunia.com

Kamu belum pernah ke pantai yang ada di gambar uang seribu rupiah? Buruan ke sini! Pantai Fitu ini adalah surga terpendam yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan tempat wisata instagrammable di Indonesia timur. Terletak di Pulau Ternate, Maluku Utara, di sini kamu akan menemukan berbagai keindahan alam dan peninggalan sejarah yang masih jarang orang tahu. Iya, soalnya tempat ini merupakan saksi sejarah pada zaman penjajahan dulu.

Di sini, kamu akan menemukan Pantai Fitu di mana dari sana kamu dapat melihat betapa indahnya Gunung Maitara dan Gunung Tidore dari seberang lautan. View ini seperti yang ada di dalam uang 1000 rupiah. Nah, Pulau Maitara dan Tidore di sekitarnya adalah destinasi liburan yang seru, bisa untuk camping, atau berwisata bahari. Spot favorit yang instagenik banget di sini adalah Anjungan Kayu. Dari anjungan ini kamu bisa menyaksikan pemandangan pantai berlatar Pulau Maitara, Tidore, dan Danau Ngade. Nggak hanya itu, menikmati sunset dan sunrise di Pantai Fitu adalah ide bagus untuk mendapatkan foto yang eksotis banget.

11. Pantai Mandorak, Sumba

Pantai Mandorak, Sumba

Photo via instagram.com/zindan_habsyi, instagram.com/yanti_nurrokhmawati

Pantai Mandorak adalah salah satu destinasi tempat wisata instagrammable di Indonesia timur yang nggak boleh untuk nggak dikunjungi. Pantai yang berada di Desa Kalena Rongo, Kecamatan Kodi Utara, Sumba Barat Daya ini menawarkan hamparan keindahan yang nggak habis-habis di setiap sudutnya. Pas banget untuk berlibur bersama keluarga, teman, atau pasangan kala kesibukan membuatmu penat.

Pantai Mandorak ini nggak sekadar pantai yang indah, tapi juga istimewa karena diapit dua tebing karang yang nggak terlalu tinggi tapi begitu megah. Air lautnya yang jernih berwarna turqoise bahkan terkadang membentuk gradasi yang begitu nyata di tepian pantainya. Menaiki tebing-tebing tersebut nggak boleh kamu lewatkan, karena kamu bisa lebih jelas menyaksikan panorama alam dari ketinggian. Kamu juga akan menemukan Water Blow lho, yaitu gelombang ombak yang menggulung masuk ke celah bebatuan dan menyembur keluar ke atas. Keren abis deh!

12. Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah

Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah

Photo via instagram.com/indventure, instagram.com/frisca_melissa

Kepulauan Togean di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah ini harus masuk dalam daftar tempat wisata terbaik di Indonesia timur yang wajib kamu jelajahi. Kepulauan Togean ini menjadi surga bagi taman laut indah yang dilengkapi dengan beragam terumbu karang dan biota laut yang dilindungi seperti paus raksasa, penyu hijau hingga pari manta. Pas banget kalau kamu memburu spot indah untuk snorkeling. Keramahan penduduk lokal dan keunikan Suku Bajo di sini akan semakin melengkapi liburanmu menjadi lebih berkesan.

Nah, kira-kira bisa ngapain saja ya kamu di sana? Kamu bisa melakukan aktivitas olahraga air seperti canoing, snorkeling, atau bahkan diving bahkan mendapati 262 spesies karang, 596 spesies ikan, dan puluhan jenis binatang laut lainnya. Selain itu, kamu juga bisa menjelajahi pulau-pulau kecil di sekitar menaiki perahu sewaan. Pastinya, seru abis dan nggak bakal nyesel deh!

13. Pantai Tanjung Meriam, Bima – NTB

Pantai Tanjung Meriam, Bima - NTB

Photo via mone13blog.wordpress.com

Terletak di Kecamatan Lambu Kabupaten Bima yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat, pantai ini dipenuhi dengan batuan heksagonal yang mirip dengan planet kripton di film Superman. Nggak heran deh kalau Pantai Tanjung Meriam jadi tempat wisata instagrammable yang harus kamu explore.

Di sini kamu bisa bersantai menikmati deburan suara obak yang menyentuh pasir putih nan lembut, merasakan angin semilir khas pantai, bermain air di laut birunya yang jernih, atau bahkan beswafoto dengan berbagai pose. Suasananya masih tergolong sepi, jadi pas banget deh untuk me-time menikmati ketenangan di tengah keindahan alam. Jadi kapan nih mau ke sini?

14. Kepulauan Kei, Maluku Tenggara

Gua Hawang, Kepulauan Kei - Maluku Tenggara

Photo via instagram.com/alanpeter__

Pasir Timbul Ngurtavur, Kepulauan Kei - Maluku Tenggara

Photo via instagram.com/delladithia

Satu lagi nih destinasi tempat wisata terbaik di Indonesia timur yang recommended untuk kamu. Kepulauan Kei yang terletak di Provinsi Maluku ini menarik banget untuk dikunjungi, bahkan perlu kita pamerkan sampai ke mancanegara bahwa Indonesia itu kaya. Ada yang unik nih, kamu bisa menyelam ke Gua Hawang di sana dan menemukan mata air Evu yang cantik banget.

Nggak hanya itu, kamu akan serasa berada di negeri dongeng dengan menyaksikan berbagai burung pelikan yang beterbangan di Pasir Timbul Ngurtavur. Mau mantai di Pantai Ngurbloat yang bersih abis juga bisa kamu lakukan. Atau bahkan menikmati sunset yang romantis di tepi Pantai Ngur Sarnadan. Oh ya, jangan lewatkan juga snorkeling di laguna Pulau Bair yang jernih dan eksotis banget. Duh, bakalan puas dan nggak pengen pulang pokoknya!

Itu dia destinasi-destinasi tempat wisata terbaik di Indonesia timur yang recommended dan nggak boleh kamu lewatkan untuk semakin mengagumi kekayaan alam Indonesia yang indah.
Daripada ke luar negeri, mending menjelajahi rumah sendiri, ya nggak? Dan yang terpenting, jangan lupa selalu menjaga kekayaan alam kita dengan baik ketika mengunjunginya, ya. Selamat berlibur!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *