Aktivitas Seru dan Menarik Yang Bisa Kamu Lakukan di Danau Toba

Pulau Samosir

3 bulan lalu

Danau Toba adalah salah satu keindahan alam kekayaan Indonesia yang menjadi destinasi wisata favorit. Danau terbesar di Asia Tenggara ini menyimpan keindahan panorama alam yang menakjubkan. Danau ini berlokasi di tujuh kabupaten berbeda yang mengelilinginya, yaitu Kabupaten Tobasa (Toba Samosir), Kabupaten Samosir, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Dairi, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Karo dan Kabupaten Humbang Hasundutan. Pantas ya banyak wisatawan yang tertarik berkunjung ke sini? Mereka nggak hanya berlibur untuk mengisi aktivitas di Danau Toba, tapi juga berswafoto, mempelajari legendanya, atau bercengkrama dengan penduduk setempat.

Danau Toba terbentuk oleh letusan gunung berapi vulkanik yang dahsyat sekitar 77.000 tahun silam. Pesonanya pemandangan danau yang luas ini begitu eksotis. Ketika ke sana, kamu akan disuguhkan dengan danau berwarna turqoise yang terdapat Pulau Samosir di tengahnya. Lereng perbukitan di sekitarnya juga begitu hijau dan menyejukkan. Cocok sekali untuk sejenak melepas penat dari aktivitas yang menjenuhkan. Kira-kira, apa aja ya aktivitas menarik di Danau Toba yang membuat liburanmu makin berkesan? Simak nih!

1. Mengunjungi perkampungan Batak kuno, Huta Siallagan

perkampungan Batak kuno, Huta Siallagan

perkampungan Batak kuno, Huta Siallagan – Photo via travel.tempo.co

Salah satu aktivitas menarik di Danau Toba yang wajib kamu lakukan adalah mengunjungi reruntuhan desa Batak kuno. Perkampungan ini terdiri dari batu-batu besar yang disusun bertingkat. Namanya Huta Siallagan. Kampung ini berlokasi di Desa Ambarita, Kecamatan Simanindo, Pulau Samosir. Luas wilayahnya sekitar 2.400 meter persegi dan dikelilingi tembok batu setinggi 1,5 – 2 meter yang disusun bertingkat secara rapi.

Kampung ini dulu dibangun oleh Raja Laga Siallagan, yang merupakan garis keturunan suku Batak asli. Memasuki kawasan kampung ini, kamu akan disambut dengan sejumlah rumah tradisional Batak yang khas, yang disebut Bolon dan Sopo. Di sini juga terdapat batu-batu yang menyerupai kursi dan meja. Batu-batu ini disebut Batu Persidangan. Di sini, kamu nggak hanya akan belajar mengenai kebudayaan di perkampungan Batak ini, tapi juga menyaksikan keindahan Danau Toba dari sini.

2. Mengunjungi Museum Batak Tomok

Museum Batak Tomok

Museum Batak Tomok – Photo via situsbudaya.id

Mengunjungi rumah adat Batak Toba yang khas bisa menjadi salah satu aktivitas di Danau Toba yang perlu kamu lakukan. Kamu bisa ke Museum Batak Tomok ini yang berlokasi di Desa Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir. Rumah adat-rumah adat di sini dibangun dengan konsep rumah adat Bolon. Bangunan-bangunan di dalamnya memiliki model tanpa sekat, biasanya apabila penghuninya menginginkan tambahan ruangan, bisa menggunakan sekat kain ulos. Unik, ya?

Arsiterktur rumah-rumah di sini juga sangat kental dengan budaya Batak, yaitu berupa bangunan rumah panggung dan diberi beberapa material penyangga yang semuanya dari kayu. Kamu juga bisa melihat ornamen-ornamen khas Batak bernama gorga lho. Nah, di sini kamu nggak hanya akan melihat-lihat rumah adat, tapi juga barang-barang koleksi Museum Batak Tomok yang pastinya unik-unik dan memiliki nilai historikal.

3. Menyeberang ke Pulau Samosir dan menyaksikan Batu Gantung

Pulau Samosir

Pulau Samosir – Photo via pegipegi.com

Batu Gantung

Batu Gantung – Photo via pariwisatasumut.net, goodnewsfromindonesia.id

Ada lagi nih aktivitas menarik di Danau Toba yang nggak boleh kamu lewatkan. Pulau Samosir, adalah pulau yang dihuni mayoritas Batak Toba dan menyimpan legenda, kesenian, serta budaya yang menarik untuk ditelusuri. Kamu harus ke sini dengan menyeberang menggunakan kapal yang biasanya digunakan oleh masyarakat yang ada di pelabuhan Tiga Ras atau Ajibata.

Nah, setelah menyeberang, kamu akan mengunjungi Batu Gantung. Batu yang menghadap ke bawah sehingga seperti menggantung ini terletak di Parapat, Sumatera Utara. Bentuk batu ini menyerupai tubuh seseorang yang terbalik dengan posisi lurus ke bawah. Banyak lho legenda yang beredar. Nah, jangan lewatkan untuk mengunjungi batu ini ya kalau ke Danau Toba!

4. Singgah di kawasan Tuk-Tuk Siadong

Desa wisata Tuk-Tuk Siadong

Desa wisata Tuk-Tuk Siadong – Photo via rumahkreatifasm.wordpress.com

Kalau kamu berencana menginap, singgah aja di kawasan Tuk-Tuk. Di sini, kamu bisa menikmati aktivitas menarik di Danau Toba, yaitu melihat pemandangan Danau Toba dengan tenang ala penduduk Tuk-Tuk. Tuk-Tuk Siadong adalah nama sebuah desa wisata yang indah di sebuah tanjung kecil Pulau Samosir. Lokasinya di Desa Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Di sini, kamu nggak hanya akan disuguhkan panorama Danau Toba secara berbeda, tapi kamu juga bisa melakukan aktivitas seru seperti melakukan olahraga air kano, jetski, waterbikes, berenang, atau bahkan memancing. Oh ya, kalau kamu ingin singgah, kamu bisa menginap di hotel dan homestay pinggir danau dengan harga mulai Rp 100.000 – Rp 500.000-an. Hotel-hotel ini dibangun dengan desain berbentuk rumah adat, bisa sekaligus menjadi spot foto menarik deh. Menginap di pinggir Danau Toba pasti seru!

5. Menikmati Kebun Bunga Sapo Juma Tongging

Kebun Bunga Sapo Juma Tongging

Kebun Bunga Sapo Juma Tongging – Photo via Travelingyuk.com

Berlokasi di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, menikmati bunga-bunga indah di Sapo Juma adalah salah satu aktivitas di Danau Toba yang nggak boleh kamu lewatkan. Kamu bisa masuk ke sini dengan tarif Rp 20.000 per orang.

Bunga-bunga cantik di Sapo Juma ini menjadi destinasi romantis yang cocok banget untuk berswafoto. Kamu juga bisa menikmati kesejukan udara sekitar Danau Toba di sini. Oh ya, di sini kamu nggak usah khawatir akan merusak bunga-bunga, karena terdapat jalan setapak yang bisa kamu lalui saat hunting foto.

6. Menikmati keindahan alam Lembah Bakkara

Lembah Bakkara

Lembah Bakkara – Photo via bonapasogitbakkara.blogspot.com

Selain menikmati panorama danau, menikmati keindahan alam di Lembah Bakkara juga menjadi salah satu aktivitas di Danau Toba yang menarik untuk kamu lakukan. Lembah Bakkara ini dipisahkan oleh dua sungai besar yang mengalir deras. Ada sungai besar bernama Aek Silang dan sungai yang lebih kecil bernama Aek Sumangira. Kedua sungai ini mengalir melalui beberapa desa dan bermuara di Danau Toba.

Lembah Bakkara berlokasi di Humbang Hasundutan, Kecamatan Baktiraja, Sumatera Utara. Nama Bakkara dikenal dengan Aek Sioangolu yang berarti ‘air yang menghidupkan’. Mata air ini dibuat Raja Sisimangaraja I. Nggak hanya Aek Sipangolu, kamu juga bisa melihat sejumlah air terjun di sini yang airnya deras dan menciptakan suara gemercik air yang menenangkan. Lembah Bakkara juga menawarkan wisata sejarah yang bisa kamu pelajari lho dengan mengunjungi Istana Raja Sisimangaraja di Dusun Lumban Raja, Desa Simamora, Baktiraja.

7. Berburu kain ulos di Pasar Tobasa Balige

Pasar Tobasa Balige

Pasar Tobasa Balige – Photo via jatengpos.co.id

Aktivitas menarik di Danau Toba yang bisa kamu lakukan lagi adalah berburu kain ulos. Kain tenun ulos merupakan kain khas Batak yang sering digunakan dalam tarian dan ritual adat. Salah satu sentra penjualan kain tenun ulos ini ada di Pasar Balige, Tobasa Sumatera Utara. Di sini kain ulos dijual secara lengkap dengan motif-motif dan warna yang menarik.

Harganya pun bervariasi, mulai Rp 100.000-an sampai Rp 3 juta-an. Kain ulos ini memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri. Selain sebagai pakaian tradisional Batak, juga menyimpan rahasia keterampilan seni dalam proses pembuatannya. Wah, cocok banget nih berburu kain ulos untuk orang-orang tersayang!

8. Menikmati keindahan Danau Sidihoni, “danau di atas danau”

Danau Sidihoni

Danau Sidihoni – Photo via instagram.com/firmaulisihaloho, instagram.com/mahen_ngl

Mau menikmati keindahan pemandangan danau di atas danau? Ini bisa menjadi aktivitas di Danau Toba yang menarik banget untuk kamu lakukan saat liburan. Nggak hanya ada Danau Toba, di lokasi ini juga terdapat danau lagi yaitu Danau Sidihoni. Tepatnya, di bagian tengah Pulau Samosir. Danau ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah karena sekitarnya terdapat tanah lapang hijau dan juga pepohonan yang rimbun.

Nggak hanya menjadi destinasi wisata menarik, Danau Sidihoni juga menjadi sumber mata air yang dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Air di danau Sidihoni bahkan sering berubah-ubah, sehingga oleh penduduk sekitar dikaitkan dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi di Indonesia. Oh ya, untuk menuju ke tempat ini, jalannya kasar dan mendaki jalan setapak. Agak sulit, tapi pemandangannya worth it.

9. Menyambangi desa sakral, Desa Sianjur Mula-Mula

Desa Sianjur Mula-Mula

Desa Sianjur Mula-Mula – Photo via hitabatak.com

Perkampungan yang berada di wilayah Samosir, Sumatera Utara ini diyakini sebagai tempat asal Suku Batak pertama. Nggak hanya punya nilai sejarah dan budaya yang tinggi, desa ini juga memiliki lokasi dengan pemandangan alam yang indah. Menyambangi desa ini akan menjadi aktivitas menarik di Danau Toba yang bisa kamu lakukan agar liburan makin berkesan.

Di sini, terdapat beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Aek Pitu Dai atau air tujuh rasa. Nggak percaya? Cicipi aja deh airnya. Selain itu, kamu bisa mengunjungi Sopo Guru Tatea Bulan yang terletak di kaki Gunung Pusuk Buhit; atau berswafoto di Batu Hobon, tempat suci yang terdapat beragam harta pusaka, alat musik, dan kitab berisi catatan leluhur serta filosofi Suku Batak. Desa yang dikelilingi oleh perbukitan indah dan hamparan lahan hijau ini akan membuat liburanmu di Danau Toba nggak terlupakan deh.

10. Berswafoto di spot unik Puncak Sidiangkat, Sidikalang

Puncak Sidiangkat, Sidikalang

Puncak Sidiangkat, Sidikalang – Photo via baca.co.id

Ketika berlibur, tentunya aktivitas di Danau Toba yang nggak boleh kamu lewatkan adalah berswafoto. Apalagi kalau foto-fotonya di spot yang unik abis, ya nggak? Di Jalan Subussalam – Sidikalang 171, Kabupaten Dairi, terdapat Puncak Sidiangkat yang menawarkan pemandangan alam menarik. Tempat di sekitaran Danau Toba ini menarik banget untuk dikunjungi.

Dengan biaya masuk sekitar Rp 5.000, kamu bisa berfoto di spot unik berupa sarang burung raksasa. Nggak hanya itu, keindahan alam berupa pepohonan hijau yang dinikmati dari sini akan memanjakan matamu banget deh. Suasana di sini juga sejuk dan asri banget lho. Jangan lupa mampir ke sini ya kalau berlibur ke Danau Toba!

11. Menyaksikan tari dan musik tradisional Batak

Tari tradisional Batak (Tari Tor Tor)

Tari tradisional Batak (Tari Tor Tor) – Photo via Travelingyuk.com

Yang nggak kalah seru dan merupakan aktivitas menarik di Danau Toba, menyaksikan tari dan musik tradisional Batak nggak boleh kamu lewatkan. Kamu bisa menyaksikan pertunjukan kebudayaan ini di guesthouse Bagus Bay dan Samosir Cottages. Tarian dan musik tradisional Batak bisa kamu nikmati setiap malam Sabtu dan Rabu.

Uniknya, acara ini akan kamu nikmati sambil makan malam lho. Acara dimulai dengan suasana musik yang santai saat makan malam, kemudian dilanjutkan acara lagu-lagu yang akan menemanimu minum. Ada juga lho pertunjukan animasi dan permainan instrumen. Wah, budaya Batak akan kamu rasakan dengan kental deh, apalagi udara khas Danau Toba yang sejuk makin membuat suasana menjadi syahdu.

12. Mengunjungi Air Terjun Sipiso-Piso

Air Terjun Sipiso Piso

Air Terjun Sipiso Piso – Photo via blog.airpaz.com

Pemandangan alam di sekitar Danau Toba memang nggak habis-habis. Di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, nggak jauh dari pemukiman penduduk Desa Tongging, terdapat air terjun yang berada di perbukitan dengan ketinggian sekitar 800 mdpl dan dikelilingi oleh hutan pinus. Eksotis banget view-nya! Menikmati air terjun ini akan menjadi aktivitas menarik di Danau Toba yang nggak akan membosankan.

Pemandangan alam di Air Terjun Sipiso-Piso ini nggak akan membuatmu berhenti terkagum-kagum. Di sekeliling air terjun, terdapat perbukitan hijau dengan pepohonannya yang rimbun. Suara gemuruh air yang jatuh pun akan semakin menenangkan pikiran. Jangan lupa abadikan keindahan panorama di sini ya!

13. Menyantap ikan mas naniura dan sambal tuk-tuk

Ikan mas naniura dan sambal tuk-tuk

Ikan mas naniura dan sambal tuk-tuk – Photo via wikipedia.org, masakandapurku.com

Kembali lagi ke daerah Tongging, desa di tepi Danau Toba ini. Berlibur seharian pasti lapar dong? Kamu bisa menyantap hidangan lezat di sini lho. Ini nih aktivitas di Danau Toba yang akan memanjakan perutmu. Desa Tongging terkenal dengan sajian menu ikannya yang lezat.

Kamu bisa menyantap aneka ikan bakar, termasuk ikan naniura, makanan tradisional khas Batak. Ikan ini diolah dengan bumbu khas dan disajikan dalam keadaan mentah. Selain itu, kamu juga dapat memanjakan lidahmu dengan sambal tuk-tuk. Sambal ini khas banget karena diolah dengan bumbu andaliman khas Medan. Wah, penasaran kan dengan rasanya?

14. Menaiki kapal wisata Danau Toba yang artistik

Kapal wisata Danau Toba

Kapal wisata Danau Toba – Photo via cometolaketoba.com

Aktivitas di Danau Toba yang nggak kalah menarik adalah menaiki kapal wisata. Kapal wisata yang merupakan milik pemerintah Kabupaten Samosir ini bentuknya menyerupai rumah adat Batak. Strukturnya hampir semuanya menggunakan kayu dan terdapat ornamen khas. Wah, seru pasti!

Di kapal ini, kamu bisa menikmati hembusan angin Danau Toba yang menyejukkan dan hangatnya sinar matahari yang menenangkan. Di bagian depan kapal, terdapat patung laki-laki berpakaian adat yang menarik abis. Pokoknya jangan lewatkan aktivitas yang satu ini deh, karena kamu akan mendapat unique experience yang nggak akan kamu dapatkan di mana pun.

Nah, itu dia aktivitas-aktivitas menarik di Danau Toba yang bisa kamu lakukan. Pemandangan alam di sekitar danau yang satu ini memang nggak habis-habis untuk dinikmati. Selain itu, pengalaman menikmati budaya, musik dan tarian adat juga akan membuat liburanmu makin berkesan. Segera agendakan ke sini bersama orang tersyang deh!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *