18 Tempat Wisata Kuliner di Surabaya Yang Enak Dan Murah

1 bulan, by idnexplore

Tempat wisata kuliner Surabaya

Jalan-jalan tanpa makan-makan rasanya gak seru banget ya. Tiap destinasi wisata di manapun selalu menawarkan makanan khas mereka kepada para pengunjungnya. Termasuk kota Surabaya yang juga tidak mau kalah. Ada begitu banyak tempat wisata kuliner di Surabaya yang menyajikan berbagai makanan khas mereka mulai dari yang unik sampai yang lezat banget. Sayang sekali untuk kamu lewati begitu saja jika kamu sedang berkunjung ke ibu kota dari provinsi Jawa Timur ini.

Kalau kamu sudah memutuskan untuk berburu tempat kuliner di Surabaya yang gak bakal buat kamu kecewa, langsung saja cek tempat-tempat kuliner di Surabaya yang recommanded banget untuk kamu kunjungi. Cus.

18 Tempat Wisata Kuliner Terbaik di Surabaya

1. Sate Klopo Ondomohen

Tempat wisata kuliner Surabaya

Photo via instagram.com/thefoodgrapher

Kamu sudah mengira klopo itu bahasa jawa dari kelapa bukan? Yups, jawabannya betul sekali. Klopo artinya kelapa. Tapi, kan biasanya sate identik dengan daging sapi, ayam, dan sebagainya. Terus apa jadinya rasa sate kalau bahan utamanya diganti jadi kelapa?

Hehe. Tenang saja. Sate klopo Ondomohen ini tetap berbahan dasar daging sapi atau ayam kok. Lah, jadi kelapanya? Yups, ternyata klopo atau kelapanya diparut terlebih dahulu kemudian disangrai, setelah itu baru deh dibalur ke daging satenya. Hmm, pasti gurih banget kan. Ketemu kelapa kering saat menggigit dagingnya, ditambah bumbu gurih yang berhasil menyempurnakan perpaduan rasa khas dan gurih dari hidangan sate klopo ini. Kamu kudu coba tempat makan di Surabaya yang satu ini.

Alamatnya di Jalan Walikota Mustajab No. 36, Surabaya. Yang terpenting lagi, harganya cuma 20 ribu rupiah aja seporsi, loh. Sudah pasti gak buat kantong boros dong.

2. Rawon Setan Mbak Endang

Tempat wisata kuliner Surabaya

Photo via instagram/narco.santoso25

Sudah tidak asing lagi kan degan kuliner yang satu ini. Yups, ternyata kuliner bernama rawon itu khas kota Surabaya loh. Warna kuahnya yang hitam gimana gitu memang kelihatan seram, tapi rasanya membuat nagih dan jatuh cinta setengah mati. Apalagi rawon yang satu ini.

Tempat wisata kuliner di Surabaya yang IdnExplore.id rekomendasikan kali ini namanya Rawon Setan Mbak Endang. Duh, tampilannya saja sudah cukup seram, ditambah lagi embel-embel kata ‘setan’. Tapi nama itu bukan tanpa alasan. Selain tempat ini yang menyediakan rawon pertama kali di Indonesia, ternyata bukanya juga di waktu jam malam. Sekitar mulai pukul 22.00 WIB, tepatnya d Jalan Embang Malang. Duh, pantes ya dinamai Rawon Setan. Keluarnya malam-malam kayak setan. Hihi.

3. Soto Ayam Lamongan Cak Har

Tempat wisata kuliner Surabaya

Photo via instagram.com/bikinhabis

Soto di mana-mana memang ada. Bahkan hampir tiap kota memiliki soto khasnya sendiri. Tapi kali ini mari kita membicarakan soto yang ada di Surabaya. Namanya soto Ayam Lamongan Cak Har. Soto lamongan memang sudah terkenal enak dan gurih sejak lama dan bukan khas Surabaya. Namun, jika kamu menyantapnya langsung dari warung cak Har, kamu akan lebih merasakan sensasi waw dari cita rasa kuat bumbu dan kentalnya kuah soto ayam lomongan cak Har. Dijamin nagih karena sudah terbukti.

Tempatnya berada di Jl. Dr. Ir. H. Soekarno. Di sana kamu bisa langsung menikmati segarnya kuah soto dengan harga yang masih bersahabat. Hanya 20 ribuan saja.

4. Rujak Cingur Ahmad Jais

Rujak yang ada di Surabaya ini sedikit berbeda karena tidak hanya terdiri dari buah-buahan saja lalu diguyur bumbu. Tapi ada lontong dan berbagai campuran lainnya yang membuat rujak cingur ternyata lebih lezat dari rujak buah pada umumnya.

Apalagi jika kamu memilih untuk membeli rujak cingur di sebuah rumah makan daerah Ahmad Jais ini . Bagi kamu yang belum pernah mencoba, datang saja ke Jl. Ahmad Jais No. 40, Surabaya. Dan selamat mengantri panjang.

5. Bakso Beranak Pak Sarjuk

Tempat wisata kuliner Surabaya

Photo via instagram.com/baksopaksarjuk.surabaya

Buat kamu pecinta bakso, rekomendasi tempat wisata kuliner di Surabaya ini wajib kamu kunjungi. Namanya Bakso Beranak Pak Sarjuk. Lokasinya di daerah Ngagel Jaya Selatan, Surabaya. Pilihan menu baksonya juga sangat beragam, dari bakso beranak, bakso telur asin, bakso urat, bakso udang somplak, bakso keju mozarela dan masih banyak lagi. Untuk masalah harga, kamu tidak perlu kawatir karena harga seporsi bakso disini cukup murah yaitu dikisaran harga 10 ribu hingga 16 ribu.

6. Sate Karak

Mari kita bicara sate lagi. Namun dengan tampilan yang berbeda juga. Masih memiliki perbedaan di tampilan dan cara penyajiannya. Sudah ada sejak tahun 1960-an. Legendaris banget kan? Tampilan dan rasanya so pasti unik juga. Bagaimana tidak, bahan utamanya adalah jeroan sapi. Bahka penyajiannya saja bareng ketan hitam dan kelapa. Wah penasaran dong dengan rasa dari kuliner yang sudah hampir punah ini? Ayo coba deh segera. Kamu bisa menemukan tempat makan ini di jalan Ampel Loceng, Semampir, Surabaya.

7. Sego Sambel Mak Yeye

Tempat wisata kuliner Surabaya

Photo via stardust-express.blogspot.com

Ayo, kamu para penggemar sambal. Yang rela jalan-jalan jauh hanya ingin mencicipi berbagai rasa dari banyaknya jenis sambal di Indonesia. Meski kali ini kamu hanya dihadapkan dengan nasi yang ditemani sambal dengan pilihan berbagai macam lauk, kamu tidak perlu khawatir. Soal rasa, gak akan membuat kecewa. Sego sambel Mak Yeye siap memanjakan lidahmu yang doyan nyambel sampai nambah-nambah. Tapi sebelum memutuskan untuk ke sana di jam makan siang, relakan hatimu jika nanti harus antri panjang ya.

8. Sari Laut Kapasan

Kamu suka kepiting? Suka dengan keseruan mengoyak-ngoyak tubuh kepiting dengan lelehan bumbu lezat yang melumurinya? Kepiting Kapasan Surabaya recomandated banget untuk kamu coba. Segera masukan ke daftar list tempat kuliner yang wajib kamu kunjungi ya. Alamatnya ada di Jl. Kapasan, No. 27, Kec. Simokerto, Surabaya.

9. Sate Ayam Lisidu

Tempat wisata kuliner Surabaya

Photo via instagram.com/lisidu.jr

Surabaya adalah gudangnya sate. Tidak habis-abis bicara tentang sate lengkap dengan keunikannya masing-masing. Kali ini kita bicara sate yang katanya khas Surabaya banget, bahkan sudah cukup populer yaitu Sate Ayam Lisidu. Cara mengolahnya yang spesial serta rasa bumbu kacangnya yang membuat ketagihan bakal buat kamu pengen makan lebih dari seporsi.

Selain itu, disini kamu juga bisa memesan menu lainnya seperti ayam goreng dan nasi goreng. Dan untuk masalah kebersihan tidak perlu diragukan lagi karena Sate Ayam Lisidu terjamin kebersihannya. Kalau tidak sabar, segera saja kunjungi warungnya di Ruko San Antonio Blok N1/07, Surabaya.

10. Mie Pecun

Tempat makan di surabaya

Photo via ksmtour.com

Nah, pasti kamu yang suka dengan kuliner-kuliner pedas akan segera tersenyum ketika membaca deskrisi dari kuliner yang satu ini. Tentu saja. Sebab mie pecun adalah makanan yang sangat cocok untuk kamu penikmat makanan pedas yang nampol abis.

Eits, yang tidak suka pedas jangan cemberut dulu. Karena mie pecun juga menyediakan level-leve kepedasannya loh. Jadi, kamu bisa memilih tingkat kepedasannya sesuai dengan selerah dan kemampuan kamu.

Ini ada gambaran untuk paket level pedas mie pecun. Yang pertama ada paket klimaks ( super pedas), yang kedua ada paket galau pedas biasa) dan yang ketiga ada paket culun (tidak pedas). Nah, cocok tuh membawa satu keluarga untuk makan di sana dan sesuaikan paket pedasnya ya. Awas jangan salah pilih. Hehehe.

11. Nasi Empal Pengampon

Tempat wisata kuliner Surabaya

Photo via instagram.com/surabayafoodies, instagram.com/itsme_robinmnugraha

Untuk kamu yang dompetnya tidak terlalu tebal, mari berkunjung ke daerah Pengampon dan temukan nasi empal Pengampon yang selain murah juga menawarkan rasa yang khas dan tak terlupakan.

Untuk menu kamu jangan khawatir. Meski nasi empal terdiri dari nasi putih, lauk empal suwir, kering tempe, tumis kacang, timun, sambal dan daun kemangi, tapi ada lauk lain yang bisa kamu jadikan tambahan menunya. Rasa khas dari nasi empal tidak akan hilang, tapi kamu juga gak bosan dengan menu yang itu-itu saja.

Jangan banyak mikir. Segera kunjungi tempat makan ini di pukul 9 pagi sampai pukul 9 malam. Selamat menikmati.

12. Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Tempat makan di surabaya

Photo via lontongbalap-aslipakgendut.com

Kamu suka dengan kuliner-kuliner legendaris yang cita rasanya pasti tidak diragukan lagi? Datang saja ke tempat makan lontong balap garuda Pak Gendut. Di sana kamu akan disajikan menu legendaris yang disebut lontong balap garuda. Lontong yang terdiri dari lontong, lento, tauge dan bumbu petis ini siap memanjakan lidahmu.

Sudah ada sejak tahun 1956. Jadi, tidak heran jika warung ini sangat ramai pelanggan dan menjadi salah satu ikon kuliner melegenda di Surabaya yang pastinya harus dijaga keaslian rasa dan pesonanya.

13. Bebek Tugu Pahlawan

Tempat wisata kuliner Surabaya

Photo via limakaki.com

Penampilan tempat wisata kuliner di Surabaya ini terbilang biasa saja yaitu di tenda sederhana, namun cita rasanya enak lho. Selain itu harganya juga murah. Makanya tidak salah jika para pembeli rela mengatre untuk bisa mencicipi Bebek Tugu Pahlawan. Bahkan tempat makan ini sudah sangat terkenal khususnya bagi masyarakat di Surabaya.

Kamu yang masih belum percaya dan penasaran ingin mencobanya, silahkan datang langsung ke area Tugu Pahlawan di Jalan Tembaan, Alun-alun Bubutan. Tepatnya di seberang daerah tuguh pahlawan. Dan semoga tidak terlalu lama mengantri.

14. SBS Surabaya

Tempat makan murah di surabaya

Photo via muhdhito.me

SBS singkatan dari Spesial Belut Surabaya. Kamu suka makan belut gak? Kalau iya, ini nih tempat yang recommended banget untukmu kalau lagi di kota Surabaya. Sangking enak dan larisnya, cabang dari SBS ini sampai ada 3 loh. Lokasinya ada di daerah Banyu Uri Kidul IV, Jl. Ngagel Jaya Selatan, dan Jl. H.R Muhamad. Kamu gak perlu khawatir bosan, karena olahan belutnya berbeda-beda. Ada pecel belut elek, belut goreng biasa. Bagi kamu yang gak suka belut juga bisa pesan menu burung dara atau lele. Asyik kan?
Harganya juga sangat terjangkau. Mulai dari 9 ribu sampa 13 ribuan saja. Cobain deh.

15. Warung Bebek Palupi

Setelah ngomongi belut, mari membahas bebek lagi. Kali ini bernama warung bebek Palupi. Berada di Jl. Raya Rungkut Asri Tengah, Surabaya.

Menu di sini terdiri dari bebek goreng dan bebek bakar yang siap menyerang lidahmu dengan kelezatnnya. Daging dengan potongan besar nan empuk dan bumbunya yag meresap sempurna masih bisa kamu dapatkan dengan harga cukup terjangkau di sini.

16. Cafe Ice Cream Amai

Kali ini kita membahas tentang dessert ya. Menu ringan yang lezatnya primadona bisa kamu dapatkan juga di Surabaya. Ini adalah Cafe Ice Cream Amai. Menyediakan berbagai menu ice cream. Uniknya, di sini kamu bisa bereksperimen sendiri dengan berbagai bahan es krim yang sudah disediakan. Ada rasa vanilla, coklat dan semacamnya.

Toppingnya kamu juga bisa kreasi sendiri. Ada banyak jenis seperti honeystar, topping milo, topping pocky, koko crunch dan banyak lagi.

Dan ice cream hasil kreasimu sendiri cuma dibrandol sekitar 15 ribu-an saja. Wah jadi pengen nyoba kan apa rasa icecream hasil eksperimenmu sendiri.

Yuk buruan, kunjungi cafe ini di Jl. Sutarejo Prima Utara II Blok PDD 25. Pasti seru tuh. Hehe.

17. Bakso Abah Killer

Tempat wisata kuliner Surabaya

Photo via instagram.com/baksoabahkiller

Buat kamu penyuka bakso khususnya dengan rasa pedas yang menantang, ada lagi nih tempat makan di Surayaba yang bisa kamu coba. Namanya Bakso Abah Killer yang pedasnya bakal membuat perutmu bergejolak, hehehe. Kebayang kan gimana sensasi pedas yang ditawarkan bakso Abah Killer?

Kalau penasaran, mending datang aja deh langsung ke sana. Tempatnya terletak di daerah Jl. Klampis Semolo , Sukolilo, Surabaya.

Tampilan merah marah dan berani dari hidangan bakso ini sudah bisa membuat kita semakin yakin bahwa kepedasannya gak bakal main-main. Cuma, untuk kamu yang doyannya biasa-biasa saja, bisa pilih sesuai tingkatan pedasnya kok.

18. Es Krim Zangrandi

Tempat wisata kuliner Surabaya

Photo via pegimakan.id

Kalau tadi abis merah merona marah wajahnya karena menyantap bakso Abah kkiller, yuk beralih ke es krim yummy untuk mendinginkan suasana mulut, hati dan kepala kamu.
Ketika kamu berkunjung kesini maka kamu akan merasakan kesan masa tempo doeloe. Konsep vintage yang kalem dan elegan. Tentu saja es krimnya pun sudah ada sejak tahun 1930. Sangat legendaris. Rasanya sudah pasti gak kalah legendarisnya.

Kamu bisa ademi hati kamu di sini sambil bersantai ria menikmai es krim Zangrandi yang siap meleleh nikmat di mulutmu. Yuk, langsung saja merapat ke Jl. Yos Sudarso No.15 Surabaya untuk mencoba es krim Zangrandi yang katanya enak banget itu.

Demikian 18 Tempat Wisata Kuliner di Surabaya yang Recommended untuk Kamu Kunjungi. Buktikan langsung dengan berkunjung ke sana dan dapatkan pengalaman wisata kuliner yang seru dan tak terlupakan. Terima kasih.

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *