18 Tempat Makan di Bogor Dengan Cita Rasa Yang Enak Dan Murah

3 minggu, by idnexplore

Tempat makan di Bogor

Jalan-jalan dan mengunjungi berbagai tempat wisata di Bogor rasanya pasti ada yang kurang jika belum mencoba makanan enak yang ada di sana. Tapi, bagaimana jika budgetmu terbatas, padahal ingin sekali tetap berwisata kuliner? Tenang saja, ada begitu banyak tempat makan enak dan murah di Bogor yang bisa kamu kunjungi dengan menu yang beragam.

Mau tahu temmat makan murah meriah tapi tetap mampu memanjakan lidahmu alias lezat di Bogor? Simak ulasannya berikut ini!

Rekomndasi tempat makan enak dan murah di Bogor

1. Toge Goreng mang Gebro

Tempat makan murah Bogor

Photo via irafaraningsih.blogspot.com

Tempat makanan lezat tapi murah yang pertama harus kamu kunjungi adalah Toge Goreng Mang Gebro. Beralamatkan di Jl. Dewi Sartika Bogor. Sedangkan cabangnya ada di Jl. Pengadilan, Pasar Anyar, Bogor.

Toge Goreng adalah makanan yang terdiri dari potongan lontong, mie telor kuning, irisan tahu goreng, dan toge rebus. Lalu disiram dengan bumbu maknyus dengan campuran dasar tauco dan oncom dan dilengkapi dengan kecap manis plus taburan renyah kerupuk. Meski namanya toge goreng tapi sebenarnya togenya tidak digoreng melainkan direbus.

Embel-embel nama ‘Gebro’ sendiri yang artinya melimpah, berasal dari para pelanggannya karena si penjual selalu memberi porsi yang melimpah tanpa dikurangi untuk takaran pasti sangking panjangnya antrian.

Nah, perkara harga, kamu hanya perlu menyediakan uang 8 ribu rupiah untuk satu porsi tahu goreng mang Gebronya. Murah kan?

2. Sop Buntut Mang Uu

Tempat makan murah Bogor

Photo via sop-buntut-sapi-mang-uu.business.site

Rasa mewah bukan berarti harus dari restoran mewah. Hidangan sederhana dari warung kecil pinggir jalan rasanya juga sudah pasti bisa saja mengalahkan restoran bintang lima. Sop buntut mang Uu bisa dikatakan seperti itu. rasanya yang surga dunia banget membuat warung ini tidak pernah sepi pelanggan. Bahkan kamu harus rela kecewa karena kehabisan kalau kesorean datangnya. Apalagi pas weekend. Bisa- bisa pagi hari sudah ludes saja sangking larisnya.

Sop Buntut Mang Uu terdiri dari potongan daging buntut sapi yang potongannya lumayan besar. Dipadu sayur-sayuran seperti wortel, kol, tomat buncis dan kentang yang kematangannya masih bertekstur lalu diguyur kuah kaldu yang aromanya gak nahan banget untuk segera melahap. Taburan daun bawang dan bawang goreng di atasnya pun semakin menambah sensasi sempurna saat menggigit daging yang empuk dan bumbunya yang meresap banget. Sambil menyeruput kuah kaldu segar dan gurihnya luar biasa nikmat.

Jika kamu sudah tidak sabar mengunjungi dan segera membuktikan kelezatan yang tiada tara itu, datang saja langsung ke jalan Achmad Sobana No. 75C, Tegal Gundil, Bogor Utara, Bogor. Dengan membayar 30 ribu saja per porsi, kamu sudah bisa menikmati surga dunia dari nikmatnya menyantap sop buntut mang Uu yang tiada duanya.

3. Bakso Gulung Bragi

Tempat makan di Bogor

Photo via zomato.com, qraved.com

Tempat makan di Bogor berikutnya terkenal akan bakso gulung nya. Bakso digulung? Iya bener, bakso ini cukup unik dengan penyajian dalam bentuk digulung. Selain enak hargnya juga murah lho. Bakso gulung Bragi sendiri adalah bakso yang dibungkus atau digulung ke dalam lembaran kembang tahu. Kemudian digoreng lalu diguyur air kaldu yang biasa dibuat untuk menu bakso. Untuk tambahan kamu juga bisa memilih ditambah bakso biasa, ampela, mie atau campuran lainnya dengan harga yang berbeda-beda.

Tenang saja, bakso Gulung Bragi ini termasuk harga yang merakyat kok. Karena selain unik dan cita rasanya yang lezat, harga seporsi masih termasuk murah dan terjangkau yaitu sekitar 35 ribuan ke bawah tergantung menu pilihan seperti apa yang kamu ingin dan sudah cukup mengenyangkan. Oh iya, di tempat ini juga tersedia menu lain seperti mie ayam biasa atau bakso gulung, bakso mercon isi cabe rawit dan gulung otak-otak.

Buat kamu yang suka menu bervariasi, tempat ini cocok banget. Segera kunjungi warungnya di Jalan Palayu Raya No. 21, Bogor Utara.

4. Mie Janda

Tempat makan murah di Bogor

Photo via instagram.com/miejanda

Selama ini ‘janda’ adalah sebutan yang sering berkonotasi negatif. Tapi, tidak untuk empat pemuda sang penggagas sekaligus penjual mie janda ini. Selain memang sengaja mencari nama yang unik dan membuat penasaran, ternyata Mie Janda berasal dari singkatan Jajanan Tenda, juga singkatan dari Jawa dan Sunda. Karena ke-4 pemuda ini ada yang bersuku Sunda dan ada yang Jawa.

Terlepas dari namanya yang memiliki latar belakang yang unik, Mie Janda juga memiliki cita rasa yang lezat, unik dan harga terjangkau sesuai menu. Mie-nya dibuat sendiri dan bebas dari pewarna kimia, MSG dan bahan kimia lainnya karena langsung dibuat dari dapur mereka. Begitupun dengan bahan-bahan lainnya karena Mie Janda mengusung panganan enak, sehat dan terjangkau masyarakat.

Harga seporsinya mulai dari 10 ribu rupiah sampai 30 ribu rupiah tergantung menu yang mana kamu pilih. Ada Janda Pedas Mie (Mie Ayam Jamur Bumbu Pedas), Janda BT ( Mie Ayam Jamur Baso Tahu), es Duda (Es Madu dan Kelapa Muda), dan es Jejaka ( Jeruk Jeung Kelapa) dan masih banyak lagi menu unik di sana. Seru deh pokokknya. Hehe.

Terpenting atur sesuai budgetmu dan jangan takut kehilangan sensasi enak dan kenyangnya. Karena porsi tiap menu bernama-nama unik itu cukup membuat kenyang untuk porsi makan siang.

Mie Janda memiliki empat cabang. Tapi kamu bisa kunjungi kedai utama mereka di Jalan Raya Mayor Oking, Jayaatmaja, Cibinong, Bogor.

5. Pepes Sagu

Tempat makan di Bogor

Photo via twitter.com/arieparikesit

Ada pepes tapi pepes kali ini berbahan dasar sagu. Jajanan jalanan dengan harga terjangkau ini memiliki rasa yang gak sesederhana nama dan tempatnya berjualan. Sagu yang lembut dan gula merahnya yang manis, dipadu dengan isian seperti nangka dan lainnya membuat kamu pasti ketagihan.

Penjual bernama pak Daniel itu, berjualan dengan menggunakan gerobak di Jalan Gang Aut, Suryakencana, Bogor. Pepes sagu yang ia jajakan ada 3 jenis rasa. Mulai dari keju, nangka dan pisang. Ya, pepes yang dijual pak Daniel ini, selain memakai bahan dasar sagu dan gula merah, juga memiliki cita rasa yang manis dan lezat. Beda dari pepes yang pada umumnya terasa gurih. Namun, hal itulah yang membuatnya berbeda walau tetap enak dan harganya murah.

Walaupun menu utamanya pepes sagu manis, namun di sana tetap disediakan pepes lainnya seperti pepes ikan, cumi, dan tenggiri sebagai variasi pilihan menu untuk pelanggannya yang lebih suka gurih-gurih. Harga per satu pepes sagunya hanya mulai dari 7.500 rupiah saja. Murah dong.

6. Warunk Tallubi

Tempat makan murah di Bogor

Photo via instagram.com/warunktallubi

Selanjutnya ada tempat makan enak di Bogor bernama Warunk Tallubi. Restoran murah meriah ini, mengusung tema ‘Resep Masakan Oma’. Menu-menu yang tersedia di sana adalah ayam goreng, ayam bakar, nasi pecel dan jeroan. Sedangkan menu andalan mereka adalah ayam bakar dan nasi uduknya.

Ayam bakar di sini lebih spesial karena bahan olesannya memakai bumbu terasi hasil racikan oma. Kamu pasti akan merasakan sensasi baru dalam menyantap ayam bakar. Begitupun dengan nasi uduk yang katanya nasinya tuh pulen dan wangi banget. Ditambah dengan sambal kacang gurih yang menggugah selera.

Untuk menu minumannya ada banyak, beberapa di antaranya es teh, es jeruk, es kelapa dan es kelapa jeruk dan harus kamu pesan juga sebagai pelengkap makananmu.

Kalau masalah harga, kamu jangan khawatir karena harga menu-menu di sini itu hanya berkisar antara 10 ribu sampai 50 ribu saja. Sangat terjangkau apalagi sudah bonus tempat yang nyaman dan menu yang enak. Datang ke jalan Suryakencana nomor 278, seberang gang Aut, Bogor pada pukul 7 pagi hingga 10 malam untuk menikmati makanan lezat dan murah dari waroenk Talubi ya.

7. Surabi Duren Sukasari

Tempat makan di Bogor

Photo via instagram.com/surabidurensukasari

Surabi Duren Sukari merupakan tempat makan di Bogor yang sangat terkenal dan selalu ramai. Meskipun masih kategori jajajan pinggir jalan. Cara memasaknya yang masih sangat tradisional dan masih memakai tungku dan mangkuk tanah liat itu juga menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Hal itu jugalah yang membuat cita rasa surabi di sini lebih enak dan legit. Apalagi surabi dengan vla durian. Mantul banget. Rasanya tak akan mungkin bisa terlupakan dan buat lengket terus di lidah juga ingatan. Terkhusus untuk para pecinta durian.

Tapi jangan khawatir untuk kamu yang tidak suka durian, karena surabi di sini memiliki beragam topping. Bukan hanya durian saja. Ada keju, coklat, pisang dan nangkah. Wah, banyak pilihannya ya. Harganya juga sangat bersahabat dengan kantongmu. Hanya berkisar 5 ribu sampai 15 ribu rupiah saja per buahnya tergantung mau varian apa. Oh ya, kamu bisa kunjungi tempat makan murah ini di Jalan. Sukasari No.1 Bogor.

8. Es Sekoteng Bogor Permai

Siapa yang tidak tahu es sekoteng? Es Sekoteng terdiri dari bubur pacar cina ditambah alpukat, kelapa muda, es serut lalu ditambah susu kental manis yang creamy banget.

Makanan legandaris ini akan lebih terasa mantap lagi jika kamu belinya di tempat es sekoteng Bogor Permai. Sebab es Sekoteng di sini sudah sangat terkenal enaknya.

Kamu dapat menjumpai tempat ini di jalan Sudirman Bogor, Area Jajanan Bogor Permai. Hanya dengan 14 ribu rupiah saja, kamu sudah bisa beli dan menyantapnya dengan bahagia.

9. Soto Mang Bonin

Tempat makan enak dan murah di Bogor

Photo via banyumurti.net

Kalau soto pada umumnya berwarna kuning, mari kita mlipir dulu membicarakan soto bening yang dijual oleh mang Bonin. Makanan legendaris yang sudah berjalan 3 dekade ini sangat terkenal di kawasan Bogor. Rasanya yang lezat dan harganya terjangkau membuat kita semakin tidak ragu untuk segera mendatangi tempat ini dan memesannya.

Ciri khas dari Soto Mang Bonin terdiri dari potongan daging sapi yang besar-besar dan empuk banget, lalu dicampur potongan kroket isi bihun dan diguyur kuah kaldu yang aromanya nendang banget di hidung. Jangan lupa ditambah sambalnya. Kalau mau tambah perkedel lagi supaya semakin komplit dan rasakan kesegaran soto bening yang ditawarkan.

Harga yag hanya berkisar 17 ribuan bahkan sudah memakai nasi. Sungguh sangat terjangkau kan buat kamu? Ayo datang segera ke jalan Semboja, Kota Paris, Bogor Tengah. Buka pukul 7 pagi dan segera pesan soto beningnya karena biasanya siang sudah habis saja sangking larisnya.

10. Nasi Dulang Cianjur Rahmawati

Tempat makan di Bogor

Photo via nasi-dulang-cianjur-rahmawati.business.site

Berikutnya ada tempat makan murah di Bogor dengan citarasa yang lezat bernama Kedai Nasi Dulang Cianjur Rahawati . Di sini kamu akan menemukan banyak sekali menu sambal dan sayur yang lezatnya luar biasa membuat ingin tambah-tambah lagi makannya. Semua menu tersedia di etalase dan pelanggan dapat mengambil sendiri nasi dan lauknya. Untuk pembayaran mbak Rahawati mengandalkan kejujuran dari para pelanggannya. Maka dari itu dia gak khawatir rugi ataupun ditipu walaupun tiap hari kedainya ramai orang yang beli. Karena niat dia sudah seperti itu.

Warung atau kedainya cukup sederhana. Meski sudah ada cabang di berbagai daerah di Bogor. Tapi masakan di sini terkenal enak dan murah. Lauk-lauk yang ada seperti ayam goreng kampung, Ikan mas goreng, ikan lele, jengkol balado, cumi, tumis usus dan ati, daun pepaya, tutun, rempeyek udang dan tumus ebi. Masih banyak lagi sebenarnya. Apalagi sambalnya, cukup beragam jenisnya juga.

Harga sungguh jangan dikhawatirkan. Karena hanya mulai dari 2 ribu sampai 25 ribuan saja. Silakan kunjungi tempat ini tepatnya di Gedung Wisata Kuliner, Jalan Raya Bina Marga No. 1 B, barangsiang, Bogor untuk kedai utamanya.

11. Dapur Nene Gode

Tempat makan murah di Bogor

Photo via instagram.com/dapurnenegode

Masih sama untuk yang setuju dengan istilah gak makan kalau gak makan nasi, sebuah warung bernama Dapur Nene Gode cocok untuk kamu datangi di kala lapar melanda atau sekadar ingin icip-icip kuliner Bogor. Bedanya di warung ini untuk seluruh masakan bebas dari MSG ya. Bumbu yang digunakannya juga semua alami. Jadi bisa lebih sehat namun tetap lezat.

Untuk jenis lauk yang ada seperti buntil, sate telur puyuh, sate ayam, mie kering plus sayuran, tumis bunga pepaya, bihun goreng, nasi tutug, sambal goreng dan lainnya. Kalau untuk minum, kamu bisa mencoba es kelapa ijonya yang menjadi salah satu menu andalan di sana. Dengan harga di bawah 20 ribu untuk seluruh menu.

Warungnya berada di jalan Malabar, Bogor tepatnya di belakang Rumah sakit PMI. Buka mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam. Ayok buruan, Hehe.

12. Laksa Gang Aut Mang Wahyu

Tempat makan murah di Bogor

Photo via instagram.com/laksa_gang_aut_mang_wahyu

Laksa Bogor adalah lontong atau ketupat yang dicampur bihun lalu dilengkapi toge, daun kemangi dan kelapa parut. Kemudian diguyur kuah santan yang gurih. Tekstur kuanya jadi sedikit kasar berkat kelapa parut yang dicampurkan. Jangan lupa, supaya lebih komplit lezatnya, sajikan dengan telur rebus dan taburan serundeng di sentuhan akhirnya.

Harga sangat bisa disesuaikan dengan kantongmu yang sedang irit. Karena satu porsi laksa bogor, hanya 7 ribu rupiah saja.

Temuin dan segera santap laksa bogor in di Jalan Surya kencana, Gang Aut, Bogor pada pukul 06.30 pagi sampai habis. Biasanya sih habisnya siang hari sekitar pukul 2 siang. Wah, hati-hati kehabisan ya.

13. Bubur Ayam Spesial Bahari

Berikutnya ada tempat makan di Bogor dengan menu andalan bubur ayam. Namanya Bubur Ayam Spesial Bahari yang ada di jalan Raya KS Tubun. Bubur ayam di sini agak sedikit berbeda dari biasanya karena bukan disiram kaldu melainkan kua soto kuning yang segar dan lezatnya lebih mantap. Ditambah suwiran ayam, taburan lada, bawang goreng dan seledri juga kacang goreng di atasnya semakin melengkapi kenikmatan bubur ayam ini.

Untuk tambahan menu, kamu bisa pilih sate jeroan ati, telur puyuh dan lainnya biar semakin mantap. Hanya dengan 9 ribu rupiah saja, kamu sudah bisa menyantap seporsi bubur ayam dengan guyuran kuah soto yang segar dan wangi banget. Datang pagi atau sore dan malam ya. Karena jam bukanya sekitar pukul 6 pagi sampai 10 pagi dan pukul 4 sore sampai 12 malam. Jangan sampai salah waktu. Heheh.

14. Mie Ayam Dores

Tempat makan murah di Bogor

Photo via facebook.com/jalan2dibogor

Apakah kamu penggemar mi ayam? Ingin mencari rekomendasi tempat mie ayam yang enak tapi tetap gak buat kantongmu bolong saat jalan-jalan di Bogor? Ke Mie Ayam Dores saja.

Harga seporsinya hanya 10 ribuan sampai 15 ribuan saja. Harga disesuaikan dengan menu tambahan apa yang kamu mau. Misalnya pangsit, ampela, ceker dan lainnya.

Tempat makan Mie Ayam Dores ini ada di jalan Sekolah tepatnya di area parkiran belakang matahari Taman Topi. Katanya, sebaiknya kamu datang sebelum jam makan siang. Biar gak kecewa karena ngantri panjang atau bisa jadi gak kebagian. Waduhh.

15. Cungkring

Cungkring ternyata sejenis makanan dari Bogor yang katanya terkenal dengan kelezatannya. Cungkring terdiri dari potongan kepala sapi dan kikil yang dimasak dengan campuran bumbu kuning seperti sate pada umumnya lalu sebelum disaji, tambahkan lontong di atasnya lalu disiram memakai bumbu kacang.

Kalau kamu mau memakannya dicampur nasi juga bisa loh. Apalagi kalau ditambah kelapa parut dan tempe. Cungkring cocok untuk menu sarapanmu. Karena biasanya mereka buka pukul 7 pagi dan sudah ludes di pukul 9 pagi. Wah mesti gerce nih kamu, Heheh. Berada di Jalan Suryakencana dekat perempatan gang Aut.

16. Pecel Madiun Mbak Niek

Tempat makan enak dan murah di Bogor

Photo via zomato, abillionveg.com/users/kinantitb

Hallo para penikmat pecel. Apalagi kamu yang hidup ala-ala vegetarian. Di tempat ini, kamu bisa temukan pecel terenak sekota Bogor. Namanya Pecel Madiun Mbak Niek. Walau bukan khas makanan Bogor tapi tempat makan ini ada di kota Bogor.

Sayur mayur yang membaur di dalam seporsi pecel ini adalah bahan-bahan pilihan yang sudah terjamin kesegarannya. Kamu bisa buktikan sendiri saat menyantapnya. Apalagi bumbu pecel ini memiliki rasa yang kuat banget.

Bahannya gak pelit namun tetap seimbang. Sensasi manis-manis gurih saat mengunyah sayuran rebus yang sudah diguyur bumbu pecel spesialnya memang buat nagih.

Selain buat ketagihan, kamu juga akan merasa kenyang setelah menyantap seporsi pecel Madiun yang cuma dibadrol seharga 7500 rupiah. Kalau mau pakek nasi jadi 9500 rupiah saja.

Apalagi ditambah dengan beberapa menu pelengkap seperti tempe bacem, paru goreng basah, telor ceplok, ikan goreng dan lainnya, tentu akan sangat menambah kelezatan dari pecel itu sendiri. Dan pastinya harga juga bertambah lagi sesuai pilihan pelengkap.

Warung ini bisa kamu jumpai di jalan Ahmad Adnanwijaya yang buka mulai dari pukul 7 pagi hingga 10 malam.

17. Rumah Makan Padang Piaman Laweh Emi

Tidak heran jika kita bisa menjumpai rumah makan padang di tiap daerah seluruh Indonesia. Karena memang masakan Pedang tidak hanya terkenal di seluruh Indonesia, melainkan sudah ke manca negara. Jadi, wajar meski di Bogor kita tetap membicarakan tempat makan dengan menu nasi padang.

Di tempat ini kamu bisa menyantap langsung beberapa olahan khas kota Padang seperti rendang sampai gulai ayam. Menu andalan mereka adalah gulai cincang dan gulai kikil. Pokoknya surga dunia banget deh.
Apalagi dengan harga menu yang masih terjangkau. Mulai dari 10 ribuan saja.

Rumah makan ini berada di jalan Pandawa Raja, Indra Prasta I, Bogor. Buka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 9 malam.

18. Pecel Lele Bakar Malabar Pak Putri

Kalau mau cari yang murah-murah tapi kelezatannya tetap bisa diadu, ya tempat makan di kaki lima lah jawabannya.

Ini ada pecel lele bakar yang bisa kamu nikmati saat berada di kota Bogor. Selain pecel sebenarnya ada menu lainnya lagi seperti ayam dan bebek bakar.

Tapi primadona di sini tuh lele bakarnya. Dengan sambalnya yang gurih plus seporsi nasi uduk adalah kombinasi kenikmatan yang buat pengen makan terus. Hehe.

Di waktu tertentu kamu bisa saja mengantri karena tempat ini favorit mahasiswa dari kampus yang ada di sekitaran situ. Harganya sangat murah. Hanya 13 ribu rupiah untuk seporsi lele plus nasi uduk. Segera kunjungi tempatnya di jalan Malabar Ujung belakang RS PMI. Buka mulai pukul 5 sore sampai habis. Karena jam habis tidak menentu. Biasanya lebih cepat dari perkiraan.

Akhir Kata

Nah, gimana rekomendasi tempat makan di Bogor diatas? Sudah gak khawatir lagi kan kehabisan budget gara-gara salah mencari tempat makan yang harganya tidak sesuai isi kantongmu? Selamat makan enak tapi tetap murah meriah ya. Enjoy…!

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *