1001 Hal Yang perlu Kamu Ketahui Tentang Wisata di Singapura

5 tahun, by idnexplore

Info Terlengkap Singapura - Marina Bay Sands

Siapa yang tidak mengenal negara yang dikenal memiliki ikon Singa ini yaitu Singapura. Singapura sendiri merupakan sebuah negara yang terletak di Asia Tenggara, negara ini bisa dikatakan kecil namun meskipun kecil negara ini termasuk negara maju dan memegang peranan penting dalam perdagangan dan keuangan internasional. Sebagai negara maju, Singapura memiliki pendapatan perkapita yang sangat tinggi sehingga hal ini menjadikan Singapura sebagai salah satu negara terkaya di dunia.

Table of Contents

Sejarah Singapura

Info Terlengkap Singapura - Sejarah Singapura

Photo via globetrender.com

Pada abad ke-3 dari sebuah catatan dari bangsa Tionghoa Singapura disebut sebagai “Pu-luo-chung”, atau “pulau di ujung semenanjung” dan kemudian kota ini disebut sebagai Temasek (Kota Laut).

Pada abad ke-14, pulau kecil ini mendapatkan julukan baru dimana menurut legenda, Sang Nila Utama seorang Pangeran dari Palembang (ibu kota Sriwijaya) sedang berburu ketika ia melihat seekor hewan yang tidak pernah ia lihat sebelumnya. Menganggap ini pertanda yang bagus, beliau kemudian mendirikan kota dimana hewan tersebut ditemukan dan menamai kota tersebut Kota Singa atau Singapura yang diambil dari bagasa Sangsekerta “simha” (singa) dan “pura” (kota).

Kota ini kemudian diperintah oleh lima raja Singapura kuno. Kota ini terletak di ujung Semenanjung Malaysia, dimana titik pertemuan alami rute pelayaran dan kota ini berkembang menjadi pos perdagangan bagi berbagai kapal laut. Pada abad ke-19, Singapura modern pun didirikan berkat politik, perdagangan dan seorang pria yang dikenal sebagai Sir Thomas Stamford Raffles. Pada masa ini, Kerajaan Inggris sedang mengincar pelabuhan singgah di kawasan ini untuk dijadikan pangkalan armada niaganya dan demi mencegah setiap kemajuan yang dibuat Belanda.

Singapura yang saat itu sudah menjadi pos perdagangan baru si sepanjang Selat Malaka tampak sesuai. Raffles yang menjabat sebagai Letnan Gubernur Bencoolen di Sumatera mendarat di Singapura dan ia menyadari besarnya potensi pulau ini dan ia pun membantu untuk melakukan perundingan dengan penguasa setempat dan menjadikan Singapura sebagai pos perdagangan. Tak lama kemudian, kota ini pun berkembang sebagai pusat perdagangan dan tempat penyaluran barang.

Raffles juga merencanakan Raffles Town Plan yang dikenal sebagai Jackson Plan untuk mengatasi masalah ketidakteraturan yang makin parah di koloni. Daerah pemukiman etnis dipisahkan menjadi empat wilayah yaitu Euripean Town dihuni pedagang Eropa, Eurasia dan orang Asia yang kaya raya, Etnis Tionghoa diletakkan di Chinatown, Etnis India di Kampong Chulia di utara Chinatown dan Kampong Glam menampung warga muslimm etnis melay dan arab yang bermigrasi ke Singapura.

 

Lokasi Singapura

Secara Astronomis, Singapura terletak di antara 1°11’ LU – 1°28’ LU dan 103°38’BT – 104°5’ BT. Singapura merupakan negara pulau yang tidak memiliki perbatasan darat dengan negara lainnya. Namun jika dilihat dari perbatasan lautnya, Singapura berbatasan dengan Malaysia disebelah utara yang dipisahkan dengan Selat Johor sedangkan sebelah selatannya berbatasan dengan Indonesia dengan Selat Singapura sebagai batas pemisahnya.

 

Cara Menuju Singapura

Info Terlengkap Singapura - Cara Menuju Singapura

Photo via newsbtc.com

Buat kalian yang berencana mengunjungi Singapura, pastinya hal utama yang kalian pikirkan adalah cara menuju ke Singapura. Untuk menuju ke Singapura ada tiga cara yang bisa kamu lakukan yaitu

1. Melalui Udara

Cara pertama yang bisa kamu gunakan yaitu perjalanan melalui udara, cara ini cenderung lebih praktis dan relatif lebih cepat, namun terkadang biaya yang harus dikeluarkan bisa menjadi lebih besar jika berpergian lebih dari 3 orang. Ada banyak maskapai besar penerbangan dunia singgah di Singapura sebelum meneruskan perjalanan ke negara lain. Ada pula penerbangan regional yang khusus melayani rute Jakarta Singapura secara langsung.

Saat ini penerbangan diramaikan dengan maskapai budget airline atau penerbangan berbiaya rendah. Selain harga yang lebih murah dibandingkan penerbangan biasa, jenis penerbangan ini juga tidak ada layanan-layanan ekstra yang biasa dinikmati seperti pemberian makan atau minum selama penerbangan, pembatasan bagasi, variasi harga tiket untuk setiap seat, penggunaan terminal atau fasilitas yang berbeda sampai pemesanan melalui internet.

2. Melalui Laut

Jika kamu tidak ingin menggunakan jalur udara kamu bisa mencoba melalui jalur laut di pelabuhan ferry Harbourfront yang terhubung ke pelabuhan Batam Center, Sekpuang, Waterfront City dan Harbour Bay di Jodoh. Serta pelabuhan Tanah Merah yang terhubung ke pelabuhan Nongsapura di wilayah utara Batam. Ada beberapa perusahan feru yang beroperasi dari pagi hingga malam dengan jadwal pemberangkatan hampir setiap jam. Waktu yang ditempuh dari Batam Center ke Singapura adalah 1 jam.

Perusahaan ferry yang melayani Batam Singapura melalui pelabuhan Batam Center adalah Penguin dan Batam Fast. Sedangkan melalui pelabuhan Harbourbay dilayani oleh ferry Wave Master, dimana biaya tiketnya pulang pergi antara 32 SGD hingga 34 SGD. Harga ini pun tergantung dari pelabuhan keberangkatan dan belum termasuk pajak pelabuhan. Harga akan lebih murah jika melakukan perjalanan satu kali tapi tarif ini bisa berubah sesuai dengan penyesuaian harga bahan bakar.

Pembelian tiket ferry sebaiknya melalui konter di bandara karena harganya lebih murah dibandingkan di loket pelabuhan. Selain itu, tujuan Singapura dari Batam juga bisa ditempuh dengan tujuan pelabuhan Stulang Laut di Johor Bahruyang berbatasan langsung dengan Singapura. Rute ini bisa menjadi alternatif untuk menghemat biaya perjalanan karena tarif yang ditawarkan ditambah dengan biaya ferry lebih murah dibandingkan penerbangan langsung.

3. Melalui Darat

Buat kalian yang ingin pengalaman baru, kalian bisa mengunjungi Singapura dengan jalur darat. Dimana perjalanan ini ditempuh melalui Johor Bahru Malaysia yang berbatasan langsung dengan Woodlands Singapura, dimana kedua negara ini dihubungkan oleh jembatan Causeway Bridge yang memiliki panjang 1,2 km. Namun perjalanan darat ini akan memakan waktu yang cukup panjang karena harus melewati dua imigrasi di Woodlands dan Johor Bahru dan tentu saja akan terjadi antrian yang cukup panjang apalagi jika akhir pekan atau musim liburan.

Di dekat Johor Bahru juga terdapat bandara yaitu Bandara Sultan Ismail atau Senai. Rute ini bisa dijadikan sebagai alternatif masuk Singapura terutama penerbangan dari Bandung dengan menggunakan maskapai Firefly.

 

Transportasi Di Singapura

Info Terlengkap Singapura - Transportasi Di Singapura

Photo via bombardier.com

Di Singapura ada beberapa transportasi yang bisa kamu gunakan untuk berkeliling dan mengexplore Singapura diantaranya:

1. Taxi

Taxi merupakan salah satu transpirtasi paling umum yang ada di setiap negara. Di Singapura menggunakan taksi sebagai transportasi publik dapat mengantarkan kamu ke destinasi terdekat. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kamu ingin menggunakan taksi di Singapura.

Di Singapura ada 2 jenis taksi yaitu premium dan regular, dimana keduanya bisa kamu bedakan dari warnanya untuk taksi reguler memiliki warna mobil biru dan kuning dengan merk Hyundai sedangkan taksi premium berwarna silver, merah hitam dan merk mobilnya Bently, Mercedes, Toyota Prous/Alpard. Untuk harga tentu dikenakan tarif yang berbeda sejak buka pintu.

Selain itu, taksi disini mengenakan charge 25% pada peak hour (7 – 10 pagi dan midnight surcharge sebesar 50% (9 malam – subuh). Yang perlu kamu ketahui di Singapura tidak boleh sembarangan memberhentikannya karena kamu harus menuju taxi stand karena ada beberapa tempat yang tidak mengizinkan semabarangan stop mobil.

2. Bus

Selain taxi, bus juga bisa kamu jadikan pilihan transportasi publik di Singapura. Tranportasi ini juga memiliki tarif yang lebih murah dan bus di Singapura juga memiliki akses yang lebih banyak ke tempat-tempat yang tidak bisa dijangkau oleh MRT dan LRT.

Bus yang paling mendominasi di Singapura yaitu SMRT dan SBS Transit adan ada beberapa bus kecil. Meskipun bus umum namun tetap nyaman digunakan dan sebelum menggunakan bus lebih baik membaca rute agar tidak salah jalan atau tidak salah naik bus. Perhatikan nomor dan jalur bus jangan lupa untuk membaca peta apakah bus yang kita naiki akan berhenti di halte yang ingin kamu tuju. Untuk pembayaran, disini kamu bisa menggunakan cash atau stored value card.

Untuk kamu yang menggunakan uang cash sebaiknya gunakan uang pas karena kamu harus memasukan uang tersebut ke dalam kotak yang ada disamping pengemudi dan tidak ada kembalian. Sedangkan kamu yang menggunakan card kamu hanya perlu tap di mesin yang tersedia saat naik dan juga saat turun dari bus.

3. MRT (Mass Rapid Transit)

MRT mungkin merupakan cara tercepat untuk berkeliling di Singapura, dengan menggunakan MRT kamu bisa menjangkau lokasi populer. Di Singapura ada 5 jalur yang memiliki warna yang berbeda-beda yang dapat menjangkau tempat-tempat wisata populer di Singapura dan hampir seluruh wilayah di Singapura. Ada 3 jalur yang paling sering digunakan yaitu East West Line (Green Line), North East Line (Purple Line), dan Downtown Line (Blue Line) yang terbaru.

Untuk pembayarannya ada 2 macam yaitu uang tunai/ cash dan stored value card (cashless) yang bisa kamu beli di seluruh stasiun MRT. Untuk pembayaran cash, kamu bisa menggunakan vending machine untuk menentukan pilihan tujuan dan jumlah tiket. Setelah membayar, mesin akan mengeluarkan sebiah single journey ticket berupa kartu yang bisa kamu gunakan. Sedangkan kamu yang memilih menggunakan cashless ada dua tipe kartu yang bisa kamu pilih yaitu EZ-Link dan STP (Singapore Touris Link).

Untuk EZ-Link kamu harus mengisi saldo terlebih dahulu tapi biasanya kartu yang dibeli sudah terisi saldo dan kartu ini berlaku selama 5 tahun. Kalau kamu hanya berada di Singapura selama 3 hari saja kamu bisa memilih STP untuk unlimited amount yang bisa digunakan untuk penggunaan transportasi publik di Singapura. Kartu ini bisa kamu dapatkan di Terminal 2 Changi Airport dan Stasiun MRT tertentu, selain itu kamu juga bisa mengembalikan kartu tersebut dan menukarkannya dengan sisa saldo dan deposit di stasiun manapun.

4. LRT (Light Rapid Transit)

Transportasi satu ini tidak jauh berbeda dengan MRT namun bedanya hanya kapasitasnya lebih kecil dan daerah operasionalnya yang hanya mencakup wilayah pinggiran Singapura, sedangkan yang lainnya sama dengan MRT. Untuk harga yang perlu dikeluarkan saat menggunakan LRT, tergantung dengan jarak tempuh dari tujuan kamu. LRT ini hanya memiliki 1 atau 2 gerbong saja, LRT ini bisa kamu gunakan untuk mendapatkan pemandangan Singapura yang lain seperti pemandangan hijau, sepi dan tenang yang mengitari gedung-gedung apartemen warga lokal.

5. Sky Train

Sky Train adalah monorail yang menghubungkan langsung ke seluruh terminal yang ada di Changi Airport. Kamu yang ingin transit dari satu terminal ke terminal lainnya bisa menggunakan transportasi umum ini dan transportasi ini gratis. Sky Train ini juga memiliki waktu kedatangan yang cepat dari 1 kereta ke kereta lainnya hanya membutuhkan waktu 3 menit saja.

6. Sentosa Express

Kamu yang ingin ke Pulau Sentosa, kamu bisa menggunakan Sentosa Express. Sentosa Express ini adalah transportasi yang menghubungkan Pulau Sentosa dengan daratan utama Singapura. Transportasi ini hanya memiliki 4 stasiun dan harga dari tiket Sentosa Express ini sekitar 4 SGD untuk pulang pergi. Sentosa Express ini hanya memiliki 2 gerbong dan memiliki interval waktu yang cukup lama dari satu kereta dengan kereta berikutnya sehingga terkadang membuat stasiun menjadi sesak dan karena jumlah penumpang yang diangkut sekali perjalanan tidak banyak.

Dan berikut ini adalah map terbaru untuk jalur LRT dan MRT di Singapura yang bisa kamu jadikan panduan jika ingin menggunakan kedua transportasi publik tersebut. Masing-masing memiliki warna dan kode untuk menunjukan jalur yang dilayani.

Map MRT dan LRT di Singapura terbaru

Photo via lta.gov.sg

 

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan di Singapura

Sesampainya di Singapura, ada beberapa aktivitas seru dan wajib kamu lakukan disini. Berikut ini aktivitas di Singapura yang harus kamu lakukan

1. Mengamati Mahakarya Di National Gallery Singapore

 

Berkunjung ke Singapura tak salahnya kamu mengamati mahakarya di National Gallery Singapore. Gallery ini mendatangkan lebih dari 8.000 koleksi Nasional Singapura yang menjadikannya salah satu koleksi publik terakbar dan paling berharga di dunia seni modern Singapura dan Asia Tenggara.

2. Mengunjungi Singapore Botanic Gardens

Info Terlengkap Singapura - Singapore Botanic Gardens

Photo via daaxe.com

Buat kamu yang menyukai kegiatan luar ruangan kamu bisa datang ke Singapore Botanic Gardens. Tempat ini juga telah dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia pertama di negara itu oleh UNESCO. Taman ini didirikan pada tahun 1859dengan luas tanah 60 hektar yang bertransormasi dari bekas perkembunnan ke taman rekreasi yang populer. Tanah yang luas ini bisa kamu jadikan tempat untuk piknik, jogging atau tempat melepas penat dari keramaian kota.

3. Berlayar Menuju Kepulauan Lepas Pantai

Naiklah perahu dan kunjungi laut untuk menjelajahi pantai-pantai yang masih asli dan terjaga disekitar Lazarus, Saint John’s, Kusu dan Sister’s Islands. Kamu bisa menggunakan kapal feri menuju destinasi di selatan Singapura ini dari Marina South Pier.

4. Menjelajahi Kampong Glam

Kamu juga bisa menjelajahi Kampong Glam dimana Kampong Glam ini menjadi pemukiman awal masyarakat Bugis dan Jawa dari Indonesia. Disini terdapat berbagai lokasi menarik seperti Masjid Sultan, Istana Kampung Glam, Taman Warisan Melayu dan perkampungan tradisional Melayu Kampung Glam.

5. Terjun Payung Dalam Ruangan Di iFly Singapore

Info Terlengkap Singapura - iFly Singapore

Photo via mylittleadventure.fr

Ingin merasakan terjun payung indoor? Kmau bisa mengunjungi iFly Singapore. Disini kamu bisa merasakan pengalaman terjun bebas dari ketinggian 3.000 – 12.000 kaki di dalam ruangan. Tempat ini juga menjadi tempat skydiving indoor terbesar di dunia.

6. Mengunjungi State of Fun

Singaparu juga menawarkan wisata yang memacu adrenalin dengan bermain ombak di Siloso Beach, mencoba wahana yang menantang di Universal Studios Singapore, bermain flowboarding di Wave House Sentosa dan memanjakan diri dengan minuman koktail di Tanjong Beach Club.

7. Menggali Kebudayaan Peranakan

Di Singapura kamu juga bisa mengenal kebudayaan imigran Tionghoa Peranakan Singapura yang mempesona dari asal-usul dan bahasa hingga adat dan ritual mereka di Baba House, Katong Antique House serta peranakan museum yang kaya akan warisan budaya.

8. Bersantai Di Quayside Isle

Info Terlengkap Singapura - Quayside Isle

Photo via quaysideisle.com

Ingin bersantai di Singapura? Kamu bisa pergi ke tepi pantai yang terletak di Sentosa Cove. Disini kamu bisa bersantai sejenak dari hiru-pikuk kota dan menikmati santap malam kelas dunia di Blue Lotus dan Sabio By The Sea.

9. Keliling Kafe

Tiong Bahru nan trendi menjadi rumah bagi sejumlah kafe paling bergaya di pulau ini. Jangan lupa sertakan Tiong Bahru Bakery dan PS Cafe Petit dalam rencana perjalananmu.

10. Berbelanja di Orchard Road

Pusat Belanja di Singapura - Orchard Road

Photo via nowtravelasia.com

Sebelum pulang tentunya tidak lengkap rasanya jika kamu belum berbelanja di Orchard Road. Orchard Road adalah surga belanja bagi kamu yang ingin berbelanja. Disini kamu bisa mengunjungi ION Orchard, TANGS, Robinsons The Heeren dan Orchardgateway untuk mendapatkan barang-barang merk kelas atas.

 

Tempat Wisata Menarik dan Populer di Singapura

Meskipun ukuran negara Singapura tergolong kecil dibandingkan dengan negara tetangganya. Namun negara yang memiliki ikon Singa ini memiliki tempat wisata yang menarik untuk di datangi. Berikut ini ada beberapa tempat wisata terpopuler dan terbaik di Singapura

1. Merlion Park

Info Terlengkap Singapura - Merlion Park

Photo via kosublog.com

Merlion Park adalah ikon negara Singapura, dimana patung ini diberi nama Merlion yang merupakan patung singa namun memiliki badan ikan. Taman Merlion Park ini buka 24 jam setiap hari dan tidak ada pungutan biaya bagi siapapun yang ingin berkunjung. Selain kamu bisa berfoto dengan ikon Singapura ini, kamu juga bisa menikmati sungai karena letak Merlion Park ini ada di deoan Singapore River.

2. Universal Studios

Info Terlengkap Singapura - Universal Studios

Photo via goibibo.com

Universal Studios adalah tempat wisata yang paling populer di Singapura, harga tiket masuk ke Universal Studios pada akhir pekan, tanggal merah dan musim liburan cukup mahal karena harganya sekitar Rp. 1 juta untuk orang dewasa. Jika kamu ingin bermain diharapkan datang pada pagi hari karena antrian permainan disini cukup panjang kecuali kamu memiliki tiket prioritas maka tidak perlu mengantri panjang. Namun buat kamu yang ingin berhemat, kamu bisa berfoto di depan bola dunia Universal Studios saja.

3. Gardens by The Bay

Info Terlengkap Singapura - Gardens by The Bay

Photo via matadornetwork.com

Mengunjungi Singapura tidak lengkap rasanya jika belum mengunjungi Gardens by The Bay. Gardens by The Bay adalah sebuah taman yang berada di sekitar Marina Bay, di taman ini ada banyak pohon dan tumbuhan hijau dan yang membuatnya unik adalah disini kamu bisa menemukan beberapa pohon buatan raksasa. Pohon ini terbuat dari baja dimana berfungsi untuk menampung air hujan dan juga menampung energi matahari.

Keindahan akan kamu dapatkan ketika berkunjung pada malam hari karena di pohon ini dipasang lampu dan akan menyala dengan indah. Untuk mengunjungi tempat ini kamu tidak akan dikenakan biata namun bila kamu ingin naik dan berjalan-jalan di jembatan yang menghibingkan pohon-pohon buatan ini kamu harus membeli tiket.

4. Marina Bay Sands

Info Terlengkap Singapura - Marina Bay Sands

Photo via marketing-interactive.com

Marina Bay Sands adalah ikon sekaligus tempat wisata di Singapura, dimana hampir semua wisatawan akan berfoto dengan latar belakang Marina Bay Sands. Marina Bay Sands ini juga sebuah pusat hiburan dan resort yang dibuka sejak tahun 2010. Bangunan Marina Bay Sands ini sangat unik dengan 3 gedung utama yang dihubungkan dengan bangunan yang berbentuk kapal diatasnya. Marina Bay Sands ini memiliki ribuan kamar hotel, kasino, teater, ruang kesenian, restoran, klub malam, taman hingga mall mewah dan lainnya. Pada bagian yang berbentuk perahu terdapat kolam renang yang menjadi kolam renang terpanjang di dunia dengan panjang sekitar 150 meter dan berada diketinggian 200 meter. Dalam satu tempat kamu bisa menikmati berbagai macam fasilitas yang mewah.

5. Orchard Road

Info Terlengkap Singapura - Orchard Road

Photo via mothership.sg

Orchard Road adalah sebuah jalan di Singapura dimana dikenal dengan wisata belanjanya. Tempat ini selain dipenuhi dengan pusat belanja, tempat ini juga dipenuhi dengan restoran, spa dan lainnya. Tempat ini sangat terkenal bagi para wisatwan yang datang ke Singapura. Orchard Road tak hanya dikenal dengan wisata belanjanya saja, namun juga menjadi tempat wisata kuliner di Singapura.

6. Sentosa Island

Info Terlengkap Singapura - Sentosa Island

Photo via 99.co

Sentosa Island adalah tempat wisata yang lengkap di Singapura namun tempat ini tidak menyatu dengan pulau utama. Sentosa Island ini berada terpisah dan jika ingin kesini kamu harus menggunakan kereta gantung. Dengan menggunakan kereta gantung kamu juga bisa menikmati pemandangan kota Singapura dari ketinggian. Di Sentosa Island ini kamu bisa menemukan pantai, hotel, restoran, spa, tempat belanja, tempat bermain golf dan lainnya.

7. Night Safari Singapore

Info Terlengkap Singapura - Night Safari Singapore

Photo via livingnomads.com

Tempat wisata populer lainnya di Singapura yaitu night safari, ketika kamu berkunjung ke Singapura kamu harus mencoba sensasi ke kebun binatang pada malam hari. Kebun binatang ini memang khusus buka pada malam hari dan sudah beroperasi sejak tahun 1994. Di kebun binatang ini terdapat 1.000 satwa dari 120 spesies, 35 persen du antaranya terancam punah. Disini kamu bisa mengelilingi kebun binatang dengan berjalan kaki atau naik trem.

8. Singapore Botanical Gardens

Singapore Botanic Gardens

Photo via findawayphotography.com

Singapore Botanical Gardens adalah taman yang memiliki bermacam-macam tanaman dari berbagai belahan dunia. Tempat ini sangat cocok untuk berjalan-jalan santai dengan gratis. Singapore Botanical Gardens ini memiliki luas sekitar 74 hektar yang di dalamnya terdapat danau angsa dan danau yang memiliki panggung di tengahnya. Selain itum disini juga terdapat National Orchid Garden dengan tiket masuk seharga kurang lebih Rp. 50 ribu.

9. Madame Tussauds Singapore

Info Terlengkap Singapura - Madame Tussauds Singapore

Photo via thrillophilia.com

Buat kamu yang ingin bertemu dengan tokoh terkenal, artis atau model datang saja ke Madame Tussauds Singapore. Disini terdapat replika yang terbuat dari lilin yang rupanya mirip sekali dengan yang asli. Tempat wisata ini menjadi salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi.

10. Singapore Flyer

Info Terlengkap Singapura - Singapore Flyer

Photo via hipwallpaper.com

Singapore Flyer adalah tempat wisata di Singapura yang populer, dimana tempat ini adalah sebuah bianglala yang memiliki ukuran yang sangat besar bahkan bianglala ini yang paling besar di dunia. Bianglala ini memiliki ketinggian 165 meter, memiliki 28 kabin dengan kapasitas untuk 10-15 orang dan sekali putaran memakan waktu sekitar 30 menit. Tentunya dengan waktu 30 menit itu kamu bisa menikmati pemandangan kota Singapura.

11. Henderson Waves Bridge

Info Terlengkap Singapura - Henderson Waves Bridge

Photo via arounddeglobe.com

Henderson Waves Bridge adalah jembatan untuk pejalan kaki yang memiliki ketinggian tertinggi di Singapura, sehingga kamu bisa menikmati pemandangan kota Singapura dari jembatan ini. Jembatan kayu ini didesain secara unik yang menyerupai gelombang ombak dan pada jam 7 malam jembatan ini akan menyalakan lampunya yang sangat indah.

12. Helix Bridge

Info Terlengkap Singapura - Helix Bridge

Photo via holidayiq.com

Helix Bridge adalah sebuah jembatan yang berada di Marina Bay yang memiliki arsitektur yang menawan. Jika dilihat bentuk jembatan ini seperti DNA dan akan menyala pada malam hari. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 280 meter dan menjadi jembatan pejalan kaki yang terpanjang di Singapura.

13. Bugis Street

Bugis Street adalah kawasan yang dikenal dengan wisata belanjanya yang murah meriah. Tempat ini selalu menjadi wisata belanja di Singapura yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Disini para wisatawan bisa berburu oleh-oleh murah dan untuk mencapai daerah ini cukup mudah hanya perlu menaiki MRT dan turun di stasiun Bugis.

14. Chinatown

Info Terlengkap Singapura - Chinatown

Photo via timeout.com

Siapa yang tidak mengenal Chinatown, Chinatown adalah sebuah kawasan yang suasananya seperti di China dan memang mayoritas penduduknya adalah keturunan China. Hal inilah yang membuat kawasan ini sangat terasa kentalnya budaya China seperti bentuk bangunan. hiasan, barang dagangannya dan lainnya. Tempat ini juga menjadi tempat wisata terbaik di Singapura karena merupakan perpaduan menarik antara wisata kuliner, belanja, budaya dan juga sejarah.

15. Little India

Info Terlengkap Singapura - Little India

Photo via telegraph.co.uk

Little India adalah pusatnya komunitas India di Singapura, dimana disini kita bisa merasakan suasana khas India dan dipenuhi dengan orang-orang India. Tempat ini juga menjual berbagai jenis kerajinan khas India, makanan khas India, emas, dupa, minyak pijat, parfum, kain hingga jasa peramal nasib.

16. Arab Street

Info Terlengkap Singapura - Arab Street

Photo via oneweirdglobe.com

Arab Street adalah sebuah kawasan yang kental dengan budaya timur tengah dan disini pusatnya umat Islam di Singapura, sehingga disini kamu bisa menemukan banyak toko yang berbau Islam. Disini kamu bisa menemukan berbagai jenis busana muslim, kelengkapan ibadah, parfum, karpet dan lainnya. Tempat ini biasanya ramai ketika siang hari untuk mereka yang mencari barang-barang sedangkan pada malam harinya banyak yang berjualan makanan khas Arab.

17. Art Science Museum

Info Terlengkap Singapura - Art Science Museum

Photo via livingnomads.com

Art Science Museum adalah sebuah museum yang berlokasi di tepi danau Marina Bay, dimana museum ini memiliki bentuk bangunan seperti bunga teratai. Selain itu, desain teratai ini juga memiliki fungsi untuk mengumpulkan air hujan dan mengalirkannya menjadi sebuah air terjun. Tempat ini juga menjadi tempat pameran seni kelas dunia yang tentunya menarik untuk dikunjungi.

18. Haw Par Villa

Haw Par Villa adalah tempat wisata sejarah budaya China yang memiliki lebih dari 1.000 patung dan lebih dari 150 diorama dengan tema kisah rakyat China dan legenda-legenda China. Tempat ini cukup unik karena ada beberapa dorama yang bertemakan neraka, diorama-diorama ini memberikan gambaran mengenai kengerian neraka. Tempat ini sangat berguna untuk mengajarkan anak-anak berbuat baik dan menjauhi segala bentuk dosa. Tempat ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Singapura yang tidak dipungut biaya.

19. Esplanade

Info Terlengkap Singapura - Esplanade

Photo via dpa.com.sg

Esplanade adalah salah satu pusat seni yang paling aktif dan tersibuk di dunia. Tempat ini memiliki bentuk atap yang unik mirip seperti buah durian. Esplanade ini memiliki banyak fasilitas yang berhubungan dengan seni seperti ruang konser, teater dalam ruangan, teater luar ruangan, perpusatkaan, ruang pameran lukisan hingga food court. Buat yang ingin masuk ke tempat ini tidak dipungut biaya kecuali sedang ada konser yang mengharuskan membeli tiket.

20. Singapore River

Singapore River adalah sebuah sungai di Singapura yang mengalir dari tengah Singapura sampai ke lautan. Tempat wisata ini menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi para wisatawan. Disini kamu bisa menyusuri sungai dengan menggunakan perahu listrik yang canggih sambil menikmati pemandangan Singapura dari sungai. Selain itu, pemandu di perahu akan memberikan penjelasan mengenai Singapore River, gedung-gedung yang dilewati, sejarah Singapura dan lainnya.

21. Singapore Zoo

Info Terlengkap Singapura - Singapore Zoo

Photo via panentour.com

Singapore Zoo merupakan salah satu tempat wisata yang pastinya digemari oleh anak-anak, di kebun binatang ini ada banyak sekali koleksi hewan langka. Singapore Zoo juga memiliki program wisata kebun binatang malam untuk yang ingin merasakan sensasi yang berbeda. Kebun binatang ini juga dilengkapi dengan area bermain anak-anak sehingga cocok sekali mengajak buah hati ke tempat ini.

22. Jurong Bird Park

Jurong Bird Park adalah tempat wisata yang sangat terkenal di dunia karena tempat ini adalah taman burung yang terbesar di dunia. Jurong Bird Park ini memiliki lebih dari 8.000 ekor burung dari sekitar 600 spesies yang berbeda. Menariknya burung ini tidak hanya dari Singapura saja, namun berasal dari seluruh dunia. Di sini kamu bisa mengamati burung dengan menggunakan monorail jika kamu lelah berjalan kaki. Tak hanya mengamati burung saja, kamu juga bisa memberi makan burung dan menonton atraksi burung yang diadakan di Jurong Bird Park setiap harinya.

23. River Safari Wildpark Singapore

Info Terlengkap Singapura - River Safari Wildpark Singapore

Photo via iventurecard.com

Satu lagi tempat wisata menarik yang ada di Singapura yaitu River Safari Wildpark Singapore. Tempat wisata ini akan membuat liburanmu berkesan karena disini kamu akan berpetualang yang menantang. Di River Safari Wildpark Singapore ini kamu akan merasakan sensai mengarungi sungai di dalam taman tematik. Disini kamu akan bertemu berang-berang raksasa, ikan lele raksasa dan tokek raksasa, selain itu terdapat 5000 satwa unik lainnya saat menyusuri sungai.

 

Tempat Makan Di Singapura

Selain mengunjungi tempat wisatanya yang menarik, tentunya tidak lengkap rasanya belum mencicipi kulinernya. Disini ada berbagai macam makanan yang bisa kamu coba mulai dari harga yang murah hingga mahal sekalipun ada. Nah, berikut ini ada beberapa tempat makan di Singapura yang patut kamu kunjungi

1. Ya Kun Kaya Toast

Info Terlengkap Singapura - Ya Kun Kaya Toast

Photo via businesstimes.com.sg

Ya Kun Kaya Toast adalah tempat makanan ringan khas Singapura. dimana makanan ini sangat pas dipadukan dengan secangkir kopi atau teh hangat. Roti ini dibakar dengan arang atau dipanggang lalu dilapisi dengan mentega dan olesan selai kaya yang enak, selai tradisional ini terbuat dari kelapa dan telur. Biasanya makanan ini disajikan bersama dua telur rebus setengah matang atau matang tergantung dari selera.

2. 328 Katong Laksa

Info Terlengkap Singapura - 328 Katong Laksa

Photo via klook.com

328 Katong Laksa adalah salah satu tempat makan enak dan murah yang ada di Singapura, tempat makan ini wajib kamu kunjungi jika berkunjung kesini. 328 Katong Laksa ini menjadi tempat makan laksa yang terkenal karena mampu mengalahkakn chef palling disegani di dunia kuliner. Tempat makan 328 Katong Laksa ini juga terkenal karena termasuk dalam Michelin Guide.

3. Changi Village Food Centre

Info Terlengkap Singapura - Changi Village Food Centre

Photo via thedessertprince.com

Changi Village Food Centre adalah tempat makan dimana kawasan ini ada banyak sekali penjual makanan dengan menu-menu yang beragam. Di tempat ini terdapat menu mulai dari seafood, mie, steak hingga martabak India.

4. Ronin Cafe

Info Terlengkap Singapura - Madame Ronin Cafe

Photo via sgmagazine.com

Kamu ingin ngopi-ngopi dan mencicipi makanan panggang yang enak? Datang saja ke Ronin Cafe dimana cafe ini cukup sederhana dengan interior rustic yang menawan. Disini kamu bisa memesan dirty ronin, prosciutto, roast beef, salada dan fungi.

5. Rider’s Cafe

Rider’s Cafe adalah tempat makan yang berada diatas rumah panggung, dimana tempat ini ditumbuhi dengan tanaman hijau dan dominasi warna putih pada interiornya. Disini kamu bisa mencicipi berbagai hidangan seperti soft shell crab benedict with poached eggs, spinach & tomatoes, blackstone benedict with bacon & tomatoes, poached eggs & hollandaise dan yang lainnya.

6. Bismillah Biryani

Info Terlengkap Singapura - Bismillah Biryani

Photo via danielfooddiary.com

Siapa yang tidak mengenal nasi biryani? Nasi ini berasal dari India dimana nasi ini dimasak dengan rempah-rempah yang ditambahkan dengan sayur-sayuran dan daging. Di Bismillah Biryani ini nasi biryani juga ditambah dengan potongan daging dan ikan. Dengan rasanya yang khas maka Bismillah Biryani merupakan salah satu tempat makan recommended untuk kamu kunjungi.

7. Alliance Seafood Newton Food Centre

Info Terlengkap Singapura - Alliance Seafood Newton Food Centre

Photo via annisapotter.com

Alliance Seafood Newton Food Centre ini merupakan salah satu tempat makan yang seafood yang enak di Singapura. Disini kamu bisa mencicipi berbagai macam makanan seafood dari yang di goreng hingga dibakar. Selain itu, tempat makan ini juga termasuk kedalam Michelin Guide.

8. Tian-Tian Hainannese Chicken Rice

Info Terlengkap Singapura - Tian-Tian Hainannese Chicken Rice

Photo via yeogolf.blogspot.com

Tian-Tian Hainannese Chicken Rice tempat makan enak di Singapura dengan rasa yang enak. Tempat makan ini juga mendapat gelar Michelin Guide karena memang rasa nasi ayamnya sangat enak dan harum. Siapa yang tidak tergoda dengan makanan enak dengan harga yang tidak membuat kantong jebol.

9. Singapore Gourmet Bus

Info Terlengkap Singapura - Singapore Gourmet Bus

Photo via singaporebrides.com

Ingin kuliner dengan suasana yang berbeda? Kamu bisa mencoba Singapore Gourmet Bus. Tempat makan ini adalah sebuah bus yang berjalan keliling kota dimana menu yang ditawarkan tidak main-main. Disini kamu bisa merasakan makanan ala fine dining lengkap dengan masakan gourmet food dan pelayan yang standby melayani kamu layaknya di hotel berbintang.

10. Kampong Glam

Kampong Glam adalah sebuah pemukiman awal masyarakat Bugis dan Jawa dari Indonesia. Kawasan ini masih berada di Arab Street dan tak jauh dari Masjid Sultan Singapura, disini kamu bisa menemukan sebuah restoran yang sangat ramai pengunjungnya sehingga mereka menyediakan kursi pengunjung untuk makan di luar restoran dan jalan. Kamping Glam ini sangat ramai pengunjung karena selain suasanya yang menyenangkan, makanannya juga enak dan harganya juga sangat murah.

11. Hajjah Maimunah

Info Terlengkap Singapura - Hajjah Maimunah

Photo via danielfooddiary.com

Hajjah Maimunah adalah restoran Indonesia yang mendapatkan Mickelin star, dimana restoran ini terletak di kawasan Arab Street. Disini kamu bisa mencicipi makanan dengan cita rasa Indonesia dan juga Melayu. Restoran ini juga sudah mendapatkan jaminan halal sehingga kamu tidak perlu khawatir.

12. Albert Center Bugis

Ketika kamu berjalan ke Bugis street jangan lupa mencicipi kulinernya yang enak. Disini kamu bisa mencicipi beraneka ragam makanan khas Singapura dengan harga yang relatif murah. Karena banyaknya pilihan di Albert Center Bugis ini yang pastinya membuat kamu bingung, sehingga untuk memudahkan kalian memilih menu carilah antrian yang bayak karena sudah pasti makanan itu enak.

13. Lau Pa Sat

Info Terlengkap Singapura - Lau Pa Sat

Photo via tripsavvy.com

Lau Pa Sat adalah tempat makan murah dan enak di Singapura, dimana disini kamu bisa menemukan beragam makanan khas dari beragam negara. Disini kamu bisa menemukan makanan dari India, Vietnam, Turki, China dan makanan khas Singapura pastinya. Tempat ini juga bisa dikatakan surganya makanan dan tempat ini buka 24 jam, sehingga kamu yang merasa lapar di tengah malam bisa berkunjung ke sini.

14. Old Airport Food Center

Tempat ini menjadi salah satu tempat makan murah terbesar di Singapura, tempat ini bernama Old Airport Food Center. Tempat ini berdiri sejak tahun 1975 dimana tempat ini dikenal surga makanan yang sudah terkenal dan menunya juga cukup beragam dan harganya terjangkau. Jika kamu berkunjung kesini kamu bisa mencoba menu populernya yaitu Katong Ah Soon Fried Oyster, Lao Fu Zhi Fried KwayTeow, atau Xin Mei Xiang Lor Mee.

15. Tuckshop Harbourfront Centre

Tuckshop Harbourfront Centre adalah tempat makan di Singapura yang dikenal cukup murah. Tuckshop Harbourfront Centre ini berada bersebelahan dengan Vivo City dimana tempat ini adalah tempat untuk transit menyebrang ke Sentosa Island atau Pulau Batam.

 

Fasilitas dan Akomodasi di Singapura

Info Terlengkap Singapura - Penginapan Di Singapura

Photo via trivago.com

Singapura memang menjadi salah satu tempat wisata favorit untuk menghabiskan waktu liburan. Pada saat liburan ke negeri yang memiiki ikon Singa ini tentunya kamu memerlukan sebuah penginapan. Di Singapura sendiri ada banyak sekali penginapan mulai dari tarif yang terjangkau hingga yang bertarif mahal. Tak hanya itu saja fasilitasnya pun bisa dibilang cukup lengkap.

Selain itu Singapura juga memenuhi kebutuhan bagi berbagai kalangan mulai dari yang lanjut usia, pengguna kursi roda, penyandang tunanetra atau tuna rungu. Karena disetiap MRT dilengkapi dengan fasilitas bebas hambatan seperti jalur lantai, lift, toilet yang dapat diakses kursi roda, orang tua dan penyandang cacat.

Untuk penumpang tunanetra terdapat plat Braille di lift stasiun untuk membimbing mereka masuk ke pintu masuk. Hal ini pun juga terdapat di bus, sebagian besar bus di Singapura dirancang dengan akses bebas hambatan. Untuk mengidentifikasi bus yang dapat diakses kursi roda carilah stiker biru bergambar penumpang dengan kursi roda dibagian depan bus. Dengan kapten bus yang terlatih mereka akan dengan senang hati membantu untuk penumpang naik dan turun.

Untuk penyandang tunanetra juga terdapat sistem penuntun yang dapat diraba di persimpangan bus. Untuk taxi pilihlah London Taxi atau SPACE taxi yang memiliki ruang cukup luas untuk kursi roda atau kursi roda lipat yang bisa disimpan dibagai taksi.

 

Wi-Fi & Konektivitas

Buat kalian yang ingin menggunakan smartphone saat di Singapura kalian bisa membeli kartu SIM prabayar Singapura, dimana Singapura memiliki penyedia telekomunikasi lokal seperti M1, Singtel dan Starhub. Namun sebelum membelinya kamu harus mempertimbangkannya sebelum memiliki paket apa yang dibutuhkan. Kamu bisa memiliki laket untuk panggilan dan SMS Lokal dan internasional atau pilihan data lokal. Untuk kartu SIM prabayar kamu bisa membelinya di toko ritel telekomunikasi dan toko seperti 7 eleven dan Cheers di seluruh Singapura, selain itu di Bandara Changi juga ada. Kamu hanya perlu menunjukkan paspor untuk pendaftaran saat membeli kartu SIM prabayar.

Kamu juga bisa menggunakan Wi-Fi Saku untuk terhubung ke internet, hal ini disarankan untuk kamu yang membawa banyak perangkat. Wi-Fi saku ini bisa kamu sewa di konter Changi Recommends di Bandara Changi dan kamu bisa menaruh perangkat tersebut di konter Changi Recommends sebelum penerbangan pulang. Selain Wi-Fi saku kamu juga bisa menikmati Wi-Fi gratis yang tersedia cukup luas di area publik di Singapura.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.